Danau di Pulau Jawa yang Berada di Ketinggian, Anti Gerah!

Advertisement

Pulau Jawa adalaah dataran di Indonesia yang juga memiliki banyak pegunungan. Lebih dari 50 gunung terdaftar keberadaannya di pulau ini. Beberapa gunung atau bukit juga dikenal dengan danau yang berada di wilayahnya. Letak danau yang berada di ketinggian juga merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan. Pemandangan yang magis dapat ditemukan pada empat danau di gunung ini.

Taman Hidup, Probolinggo

Pemandangan di Danau Taman Hidup Argopuro via instagram
Pemandangan di Danau Taman Hidup Argopuro via instagram/@linda_oktavianti

Danau Taman Hidup berlokasi di lembah Gunung Argopuro, Probolinggo. Panoramanya indah dengan didukung ilalang-ilalang yang tumbuh di tepi danau. Namun di balik keindahannya, tempat ini juga dikenal dengan cerita mistisnya di kalangan pendaki. Nama Taman Hidup berasal dari mitos tentang datangnya kabut dan hujan sebagai tanda kemarahan Dewi Rengganis, Dewi yang dulu sering mandi di tempat ini bersama para dayangnya.

Telaga Warna Dieng, Wonosobo

Pemandangan Telaga Warna dari Ketinggian via instagram
Pemandangan Telaga Warna dari Ketinggian via instagram/@dejamarina1012

Telaga Warna berada di kawasan Dieng Plateau dan ketinggiannya mencapai 2000 mdpl. Nama Telaga Warna digunakan karena air di danau ini memang dapat berubah-ubah. Fenomena tersebut disebabkan karena kandungan sulfur yang tinggi pada airnya. Sehingga ketika terkena pancaran matahari, warna air di Telaga Warna akan berubah.

Situ Cileunca, Kab. Bandung

Situ Cileunca saat matahari terbenam via instagram
Situ Cileunca saat matahari terbenam via instagram/@mirnaphoto

Situ Cileunca adalah danau yang berada di Kabupaten Bandung Selatan dan terletak pada ketinggian 1550 mdpl. Pemandangan hijau dapat ditemukan dengan mudah di sekeliling lokasi. Karena tempat ini dikelilingi oleh dua kebun teh yang dikelola oleh PTPN VIII. Selain menjadi destinasi wisata, danau dengan luas 1.400 hektar tersebut juga berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Ranu Kumbolo, TNBTS

Posisi sunrise yang berada tepat di tengah dua bukit via instagram
Posisi sunrise yang berada tepat di tengah dua bukit via instagram/@angguntivienti

Jauh sebelum film 5 cm yang disutradarai oleh Rizal Mantovani melejit, Ranu Kumbolo memang telah populer di kalangan pendaki. Danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl ini memang menyajikan pemandangan yang memukau. Luas danau sebesar 24 hektar dengan latar belakang dua bukit yang terbelah adalah salah satu daya tariknya. Selain itu, Ranu Kumbolo juga sering menjadi checkpoint sebelum pendaki melanjutkan perjalanan ke Pos Kalimati, pos terakhir sebelum Puncak Mahameru.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Wisata
Share