Birunya Danau Ini Bikin Kepala Segar dan Memanjakan Mata

Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang terbentuk dari fenomena alam. Seperti Ranu Kumbolo di Gunung Semeru atau Kawah Ijen di Banyuwangi. Begitu pula dengan sederet danau dengan air berwarna biru yang tersebar di Indonesia. Beberapa terbentuk dari bekas tambang yang tak lagi beroperasi dan yang lain adalah fenomena alami yang menakjubkan. Di mana saja ya?

Danau Pengaron, Kalimantan Selatan

Pengunjung di tepi danau pengaron
Pengunjung di tepi danau pengaron [images source]
Terletak di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, danau ini merupakan air hujan yang tertampung di ceruk tambang dan terus terisi. Genangan ini mengeluarkan warna biru tosca dan dikelilingi oleh tebing dan bukit yang eksotis. Tak hanya berfoto, di tempat ini pengunjung juga dapat berenang. Namun tetap berhati-hati ya, karena danau ini cukup dalam.

Danau Pengaron dari atas bukit
Danau Pengaron dari atas bukit [image source]

Tebing Makariki, Pulau Seram, Maluku

Danau Makariki
Danau Makariki [image source]
Tebing Makariki adalah sebuah keindahan yang masih tersembunyi. Karena terletak jauh di balik hutan. Untuk dapat sampai di tempat indah ini, stamina yang kuat harus dipersiapkan guna melewati tebing dan medan yang terjal. Namun setelah sampai di lokasi, semuanya lelah terbayar. Tempat ini berada di Pulau Seram, tepatnya Desa Yaputih, Kecamatan Tehoru.

Tebing Makariki
Tebing Makariki [image source]

Danau Biru Walasiho

Pengunjung di Danau Biru Walasiho
Pengunjung di Danau Biru Walasiho [image source]
Danau Biru berada di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Tempat yang memiliki air berwarna biru ini memiliki kedalaman 7 meter dan berjarak tak jauh dari bibir pantai. Dengan banyaknya tanaman yang tumbuh di tebing, melahirkan udara yang sejuk di sekitar lokasi.

Birunya air Danau Walasiho
Birunya air Danau Walasiho [image source]

Bukit Jadih Madura

Danau Bukit Jeddih
Danau Bukit Jeddih [image source]
Pulau Madura juga memiliki tempat ajaib berupa danau dengan air yang biru. Berada di Kabupaten Bangkalan, Bukit Jeddih adalah sebuah tempat bekas tambang kapur yang tak lagi beroperasi. Bahkan, beberapa batuan kapur yang ada di tempat ini juga telah mendapatkan sentuhan dekorasi. Salah satunya adalah yang berbentuk dermaga di tengah danau.

Danau di Bukit Jeddih dari atas
Danau di Bukit Jeddih dari atas [image source]

Danau Kaolin, Bangka

Panorama Danau Kaolin
Panorama Danau Kaolin [image source]
Nama Danau kaolin naik daun sekitar akhir tahun 2015. Memang panorama air biru pada danau ini didukung dengan perbukitan yang berwarna putih, menyerupai salju. Tempat indah ini juga bermula dari bekas ceruk tambang yang tak lagi beroperasi dan menjadi tampungan air.

Danau Kaolin
Danau Kaolin [image source]
Melihat warna biru yang tampak pada airnya membuat mata kembali segar. Apalagi jika berada dalam lokasi perbukitan yang sejuk. Di daerahmu ada danau yang memiliki warna serupa?

Tags
Danau Biru Indonesia Pulau Bangka Pulau Jawa Pulau Kalimantan Pulau Seram
Share