Danau Baikal Membeku, Pemandangannya Bak di Planet Krypton

Alfri

Alfri

On Alam

Ingin melihat penampakan langka danau terdalam dan tertua di dunia? Datanglah ke Danau Baikal di awal tahun saat kawasan Rusia memasuki musim dingin. Danau yang menampung air tawar terbesar di dunia ini membeku dan bisa dilewati traveler dengan berjalan kaki. Traveler yang berkunjung dibuat kagum dengan lanskap danau yang begitu berkilau.

Antara bulan Desember hingga April adalah periode terbaik untuk berkunjung ke Siberia di Rusia dimana danau terdalam di dunia berada. Adalah Danau Baikal yang menampakkan pesonanya yang jarang dilihat traveler pada hari biasa. Pada bulan ini danau tersebut membeku menghasilkan lapisan es di permukaannya yang memungkinkan traveler untuk berjalan di atasnya sambil melihat ikan yang berenang lalu lalang di bawah kaki.

Danau Baikal saat membeku, via instagram
Danau Baikal saat membeku, via instagram

Setengah bagian dari danau air tawar terbesar yang berada di ketinggian 445 mdpl itu selama musim dingin berubah menjadi danau es yang sangat cantik. Kamu bisa membayangkan danau yang berisi air jernih kemudian membeku menjadi es. Es yang dihasilkan tentu saja sangat keren dan berkilau. Pada beberapa bagian es dapat terbentuk setebal 2 meter yang berarti cukup aman untuk menjadi pijakan traveler.

Retakan di lapisan es danau Baikal, via instagram
Retakan di lapisan es danau Baikal, via instagram

Salah satu fenomena alam yang paling ditunggu traveler pada periode ini adalah fenomena hummocks, suatu tumpukan es yang didorong keluar permukaan menjadikannya seperti karang es di tengah lautan. Hummocks ini terbentuk selama proses pembekuan dimana air yang belum sepenuhnya membeku terdorong arus dan angin hingga terhempas keluar.

Hummocks biasanya akan terbentuk sepanjang retakan yang bisa mencapai 10-12 meter. Pada siang hari hummocks yang terkena sinar matahari akan menampilkan warna hijau terang yang sangat cantik seperti batu zamrud. Mau lebih asyik menjelajahi Danau Baikal yang membeku? Kamu bisa ikut tur keliling danau menggunakan mobil offroad atau bersepeda di atasnya.

Fenomena Hummocks di danau Baikal, via instagram
Fenomena Hummocks di danau Baikal, via instagram

Beberapa operator tur yang menawarkan kegiatan ini adalah Baikal Trekking, Baikal Adventure dan Baikal Complex. Biaya petualangan di Danau Es Baikal ini paling murah dibanderol dengan tarif 365 Euro atau sekitar Rp 5,5 juta. Sebelum bertualang di sana sebaiknya kamu siapkan dulu fisikmu sebab suhu rata-rata di danau ini adalah minus 30 derajat Celcius. Berani liburan ke sana?