Bekas Tambang Ini Indahnya Bikin Ternganga

Advertisement

Hampir setiap titik di Indonesia indah dan bisa menjadi lokasi wisata. Lupakan tentang pantai dan gunung yang sudah indah dari sananya. Di tanah air kita tercinta ini, bekas tambang pun bisa jadi permata. Madura punya Bukit Jaddih dan Arosbaya, lokasi tambang kapur yang kini alih fungsi menjadi destinasi liburan. Tak disangka, Bangka ternyata juga punya yang indahnya juga bikin menganga. Di mana, sih?

Bukit-bukit Merah yang Indah

Indahnya Redhill atau Danau Ampar
Indahnya Redhill atau Danau Ampar [image source]
Jika biasanya bukit-bukit memesona dengan warna hijaunya, kali ini Bangka mempersembahkan yang lain namun tetap indah. Gundukan-gundukan yang terbentuk secara alami berwarna merah ini dikenal dengan nama Redhill atau Danau Ampar yang berlokasi di daerah Riding Panjang, Kabupaten Bangka. Selain itu, tanah-tanahnya yang tandus hingga pecah-pecah justru semakin menambah keeksotisan dari lokasi yang satu ini.

Red Hill atau Danau Ampar
Red Hill atau Danau Ampar [image source]

Perairan yang Biru Sempurna

Keindahan Redhill
Keindahan Redhill [image source]
Bukit-bukit yang berwarna merah ternyata bukanlah satu-satunya pesona dari Redhill. Di tengahnya terdapat danau dengan airnya yang berwarna biru sempurna. Apalagi jika kamu datang di pagi hari, di mana sinar matahari sedang cantik-cantiknya. Kamu akan melihat kecantikan air dari danau ini yang mengundangmu untuk berenang. Namun, ada baiknya kamu menahan keinginan tersebut karena air di sini belum tentu aman untuk kulitmu. Tenang saja, keindahan sekitarnya yang luar biasa akan memuaskan hobi fotografimu, lho.

Air biru di Redhill
Air biru di Redhill [image source]

Terbentuk dari Tambang Timah

Wisata Bangka, Red Hill
Wisata Bangka, Red Hill [image source]
Serupa dengan Jaddih dan Arosbaya, Danau Ampar atau Redhill ini juga terbentuk dari pertambangan yang terbengkalai. Bangka dikenal sebagau pulau yang kaya akan timah. Danau Ampar merupakan salah satu lubang besar yang diakibatkan oleh maraknya penambangan timah di Bangka. Dulunya airnya berwarna kecoklatan, namun seiring dengan berjalannya waktu danau ini semakin cantik dengan warnanya yang biru kehijauan. Untuk bisa sampai di lokasi ini dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit dari pusat kota. Jalanannya pun sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Segera ajak sahabat-sahabatmu untuk bisa menikmati keindahan ini bersama-sama.

Danau Ampar, tak kalah indah dengan luar negeri
Danau Ampar, tak kalah indah dengan luar negeri [image source]

Wisata Lain di Sekitarnya

Pantai Tikus Emas
Pantai Tikus Emas [image source]
Tak perlu bingung mau kemana saat berlibur ke Bangka. Berjarak 30 menit dari Danau Ampar, kamu sudah bisa berjumpa dengan Pantai Tikus yang baru dibuka. Bisa dibayangkan kealamiannya dan kecantikannya, bukan? Namun wisata yang satu ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas berupa kamar mandi dan juga persewaan ARV. Masih di garis yang sama, wisata lainnya adalah Pantai Parai Tenggiri. Cukup ditempuh dengan berkendara selamam 30 menitan saja. Judulnya jelajah laut demi laut, nih. Keren!

Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri [image source]

Akomodasi Keren di Bangka

Novilla Boutique Resort
Novilla Boutique Resort [image source]
Tak kalah dengan akomdasi di Gunung Kidul, Jogja, traveling ke Bangka juga tak perlu risau masalah istirahat. Ada banyak pilihan dengan berbagai harga, kok. Di antaranya adalah Novilla Boutique Resort yang hanya dengan tarif tak sampai 500 ribu rupiah, kamu bisa bersantai di kolam renangnya. Pilihan lain ada Puri Ansel di mana kamar-kamarnya terapung. Keduanya hanya berjarak hitungan menit berkendara dari Pantai Tikus dan juga Parai Tenggiri. Seru banget, kan?

Puri Ansell
Puri Ansell [image source]
Red Hill atau Danau Ampar

Lokasi: Riding Panjang, Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33172

Wah, kalau begini Bangka harus masuk daftar destinasi liburanmu selanjutnya, ya. Eksplor lebih luas, Indonesia tak hanya Bali dan Lombok, lho. Setuju, kan?

Advertisement
Tags
Bangka bangka belitung danau ampar Indonesia redhill
Share