Daftar Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Bogor

Advertisement
Advertisement

Setelah berkeliling ke kabupaten-kabupaten di Jawa barat dari ujung timur ke ujung barat kini sampailah kita pada tujuan wisata primadona di provinsi ini yaitu Bogor. Kota Hujan ini mempunyai topografi wilayah di dataran tinggi yang membuatnya punya banyak sekali tempat wisata bertema alam dan pegunungan yang menyegarkan mata, seperti Kebun Raya Bogor.

Bogor adalah daerah yang kerap dijadikan tujuan menepi oleh warga DKI di akhir pekan. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, daerah ini memang paling bisa mengakomodasi kebutuhan warga ibu kota yang mendambakan suasana tenang setelah seminggu penuh berjibaku dengan ruwetnya kota Jakarta. Langsung saja, inilah daftar tempat wisata yang wajib traveler kunjungi saat jalan-jalan di Bogor.

1. Air Terjun Bidadari, Destinasi Liburan Kece Baeng Keluarga

Tidak banyak spot air terjun di Indonesia yang ramah untuk kunjungan rekreasi keluarga. Hal tersebut disebabkan lokasi kebanyakan air terjun keren di negeri ini berada di dalam hutan dengan kondisi medan yang sulit dan belum dikembangkan untuk wisata komersil. Begitu pula di Bogor, ada puluhan air terjun keren di kota ini hanya saja yang paling ramah untuk wisata keluarga saat ini barulah Air Terjun Bidadari atau Curug Bidadari.

Air Terjun Bidadari, Destinasi Liburan Kece Baeng Keluarga
Air Terjun Bidadari, Destinasi Liburan Kece Baeng Keluarga

Curug Bidadari terletak di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang atau berada di kawasan Sentul Paradise Park. Curug ini sudah dikelola secara profesional dengan tambahan kolam berenang modern di sekitar air terjun yang nyaman untuk berenang bersama-sama. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.30 ribu untuk menikmati segala fasilitas da keindahan pemandangan di Curug Bidadari.

2. Wisata Edventure di Gunung Pancar

Kini zamannya wisata adventure alias petualangan. Jenis wisata ini sangat disukai banyak traveler muda sebab seringkali mereka menemukan tempat-tempat keren dengan bertualang di alam bebas ketimbang datang ke destinasi wisata yang mainstream. Kalau di Bogor, kamu wajib berkunjung ke Gunung Pancar.

Wisata Edventure di Gunung Pancar
Wisata Edventure di Gunung Pancar

Gunung Pancar yang terletak di kawasan Sentul ini bisa mengakomodir segala kebutuhan petualanganmu mulai dari hiking, berkuda, berendam di air panas hingga kemping. Gunung Pancar di Bogor ini tengah hits di kalangan instagramer sebab banyak objek keren yang bisa mereka abadikan untuk foto alam atau pun background foto pre-wedding.

3. Highland Park Resort, Tempat Liburan Mewah di Bogor

Destinasi berikutnya adalah tujuan wisata mewah yang ada di Bogor. Adalah Highland Par Resort yang merupakan tempat kemping dengan fasilitas kelas wahid di kaki Gunung Salak atau tepatnya berada di alamat Jalan RayaCiapus, Kampung Sinarwangi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Highland Park Resort, Tempat Liburan Mewah di Bogor
Highland Park Resort, Tempat Liburan Mewah di Bogor

Konsep yang diusung oleh resort ini adalah perkemahan ala tenda bangsa Mongol yang berbentuk bulat putih. Walau konsepnya tradisional tapi fasilitas yang ditawarkan jangan ditanya, ada ranjang besar, sofa, TV, kamar mandi, air panas, AC, kulkas hingga WiFi. Tarifnya juga bikin traveler merogoh kocek dalam-dalam, yang paling murah saja biaya menginap di sana dipatok dengan tarif Rp 2 juta per malam.

4. Menikmati Hamparan Perkebunan Teh di Agrowisata Gunung Mas

Jauh-jauh datang ke Bogor rasanya tidak lengkap kalau tidak berkunjung ke perkebunan teh. Salah satu yang paling populer dan direkomendasikan adalah Agrowisata Gunung Mas. Di tempat ini pengunjung akan disuguhi pemandangan perkebunan teh yang sangat luas dengan aneka pepohonan hijau dan kawasan persawahan yang menambah apik suasana sekitar.

Menikmati Hamparan Perkebunan Teh di Agrowisata Gunung Mas
Menikmati Hamparan Perkebunan Teh di Agrowisata Gunung Mas

Untuk menikmati segala keindahan yang ada di Ahrowisata Gunung Mas traveler diberikan beberapa pilihan. Cara standar dan murah meriah adalah dengan hiking alias jalan kaki mengelilingi kebun atau kalau tidak mau capek tinggal menyewa kuda, kamu akan dipandu dengan joki profesional berkeliling area perkebunan yang asri.

5. Pemandian Air Panas Ciparay, Tempat Asyik Untuk Rekreasi dan Relaksasi

Sebagian besar destinasi wisata di Bogor itu berada di pegunungan jadi mau tidak mau aktivitas fisik pasti dijalani siapa saja yang liburan ke kota ini. Stamina akan terkuras dan otot-otot tubuh akan tegang karena kelelahan, salah satu menyiasati untuk kembali bugar adalah dengan berkunjung ke Pemandian Air Panas Ciparay.

Pemandian Air Panas Ciparay, Tempat Asyik Untuk Rekreasi dan Relaksasi
Pemandian Air Panas Ciparay, Tempat Asyik Untuk Rekreasi dan Relaksasi

Pemandian Air Panas Ciparay terletak di desa Gunung Sari, kecamatan Pamijah, Bogor. Lokasinya berada di kaki Gunung Salak jadi masalah view tentu saja sangat asri dan udara di sana sangat sejuk. Menariknya lagi tarif berkunjung ke objek wisata ini cukup murah di bawah Rp. 10 ribu. Traveler sudah bisa berendam di air panas yang berkhasiat menyembuhkan pegal-pegal, rematik dan penyakit kulit.

6. Kunjungi Kebun Raya Bogor Sekalian Mampir ke Istana Bogor Untuk Memberi Makan Rusa-Rusa Liar

Tempat berikutnya ini adalah jujugan warga Bogor hingga Jakarta untuk berakhir pekan. Adalah Kebun Raya Bogor yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda merupakan salah satu kebun raya paling keren yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bogor menempati lahan seluas 87 hektar dimana di dalamnya terdapat sekitar 650 jenis mamalia, 600 jenis reptil, 1000 jenis burung, hingga 10.000 jenis serangga.

Kunjungi Kebun Raya Bogor Sekalian Mampir ke Istana Bogor Untuk Memberi Makan Rusa-Rusa Liar
Kunjungi Kebun Raya Bogor Sekalian Mampir ke Istana Bogor Untuk Memberi Makan Rusa-Rusa Liar

Dulu Kebun Raya Bogor berada di dalam naungan Istana Bogor, jadi jangan heran jika di kawasan ini terdapat Istana Kepresidenan tersebut. Pengunjung pun bisa datang ke Istana Bogor dengan kegiatan utamanya adalah memberi makan rusa-rusa yang dilepas liar di halaman istana. Asal kalian tahu rusa-rusa itu didatangkan dari Nepal lho.

7. Tak Jauh dari Istana Bogor Terdapat Monumen dan Museum PETA yang Penuh Sejarah

Sebelum pergi ke tempat lain, setelah puas di Kebun Raya dan Istana Bogor singgah dulu ke Monumen dan Museum PETA yang jaraknya hanya 500 meter dari Istana Bogor atau tepatnya berada di dua buah ruangan di sebuah gedung dan halaman di Kompleks Pusdikzi TNI Angkatan Darat.

Museum PETA yang Penuh Sejarah
Museum PETA yang Penuh Sejarah

Traveler bisa menjangkau tempat ini dengan mengambil Jalan Jenderal Sudirman, Monumen dan Museum PETA berada tepat di sisi kiri dari arah Istana Bogor. Bagi yang lupa apa itu PETA, secara singkat Travelingyuk menjelaskannya. PETA adalah pasukan pembela tanah air yang beranggotakan masyarakat pribumi. Monumen dan Museum PETA ini dulunya adalah pusat tempat latihan pasukan PETA. Pasti banyak sejarah yang bisa kamu gali saat berkunjung ke sana.

8. Taman Buah Mekarsari, Rekreasi ke Taman Buah Tropis Terbesar di Dunia

Destinasi yang jangan sampai terlewatkan kalau berlibur di Bogor adalah Taman Buah Mekarsari. Tempat ini merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar didunia. Dengan menempati lahan seluas 264 hektar ini wisatawan akan menjumpai 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon.

Taman Buah Mekarsari, Rekreasi ke Taman Buah Tropis Terbesar di Dunia
Taman Buah Mekarsari, Rekreasi ke Taman Buah Tropis Terbesar di Dunia

Taman Buah Mekarsari digagas oleh mendiang Ibu Tien Soeharto yang dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan pada tahun 1995. Tempat rekreasi ini buka setiap hari dengan tiket masuk sebesar Rp. 25 ribu per orang. Bagi yang tertarik langsung saja meluncur ke alamat Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Cileungsi, Bogor. Lokasinya mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi mau pun kendaraan umum.

9. Taman Safari, Meski Termasuk Destinasi Mainstream Tapi Nggak Bosenin

Nama Taman Safari di jajaran destinasi wisata Indonesia sudah terkenal sejak zaman dahulu. Tapi meski termasuk tujuan yang mainstream tempat ini tidak pernah membosankan untuk dikunjungi lagi dan lagi oleh wisatawan dari dalam dan luar kota Bogor.

Taman Safari, Meski Termasuk Destinasi Mainstream Tapi Nggak Bosenin
Taman Safari, Meski Termasuk Destinasi Mainstream Tapi Nggak Bosenin

Tentu saja tidak pernah bosan sebab wisatawan yang berkunjung ke Taman Safari Cisarua Bogor ini akan diajak berinteraksi dengan aneka jenis hewan yang dilepas secara liar. Pengunjung akan merasakan sensasi berada sangat dekat dengan hewan buas dari dalam mobil Sekarang Taman Safari Cisarua bahkan membuka program safari malam yang begitu menegangkan dan bikin ketagihan.

10. Saat Ini Lagi Musim Durian, Warso Farm Wajib Traveler Sambangi

Selain Gunung Mas wisata agro yang paling menarik di Kota Hujan ada di Warso Farm yang berada di desa Cihideung. Dari depan sudah jelas jenis wisata agro apa yang ditawarkan tempat ini. Yap, Warso Farm menawarkan pengunjung untuk berwisata di kebun buah dengan kebun buah durian sebagai primadonanya.

Warso Farm, Wisata Agro di Bogor
Warso Farm, Wisata Agro di Bogor

Warso Farm sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 10 km saja dari pusat kota. Tempat ini punya lahan perkebunan seluas 23 hektar yang ditanami aneka jenis buah-buahan mulai dari buah nangka, buah naga hingga buah durian. Kebetulan saat ini lagi musim durian, jadi stok durian di Warso Farm pasti melimpah. Bukan tidak mungkin harganya pun lebih terjangkau. Ayo datang ke Warso Farm!

11. Suasana Situ Gede yang Tenang Cukup Ampuh Menenangkan Pengunjung

Daftar terakhir adalah Situ Gede. Meski namanya Situ Gede ukuran situ atau danau ini tidak terlalu besar hanya sekitar 6 hektar saja. Traveler bisa menemukan danau ini di kelurahan Situgede, Bogor Barat yang berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota.

Suasana Situ Gede yang Tenang Cukup Ampuh Menenangkan Pengunjung
Suasana Situ Gede yang Tenang Cukup Ampuh Menenangkan Pengunjung

Situ Gede dikelilingi oleh Hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan. Melihat foto Situ Gede pasti sangat familiar bukan? Tentu saja sebab danau ini sering digunakan untuk lokasi syuting film dan sinetron. Kawasan wisata yang satu ini memang pas untuk relaksasi di akhir pekan.

Bogor sebagai salah satu tujuan wisata populer di provinsi Jawa Barat memang menawarkan banyak sekali tempat wisata keren yang bikin traveler cinta dengan kota ini. Daftar yang Travelingyuk buat di atas pasti baru mencangkup sekelumit potensi yang dimiliki Bogor. Ayo bantu traveler lain menemukan tempat-tempat wisata kece lainnya di kotamu dengan menuliskannya di kolom komentar.

Advertisement
Tags
Air Terjun Bogor Gunung Indonesia Jawa Barat kebun teh Pemandian Air Panas Wahana Wisata
Share