Daftar Negara Teraman Dikunjungi, Traveler Wajib Tahu

Serangan teror di Indonesia belakangan ini membuat Australia dan Amerika Serikat mengeluarkan travel advice. Jika memang tak mendesak, warga dua negara itu disarankan tak datang ke Surabaya, Lombok, Bali, maupun Jakarta. Terlepas dari itu, para traveler memang wajib tahu info soal negara teraman dikunjungi.

Untungnya, tiap tahun World Economic Forum (WEF) selalu mengeluarkan informasi terkait hal tersebut. Mereka mempertimbangkan beragam faktor, mulai dari sejarah terkait serangan teror dan juga kesiapan tenaga keamanan setempat. Berikut adalah dafar negara teraman dikunjungi versi WEF, yang dikeluarkan pada 15 Mei 2018.

1. Finlandia

Keindahan kawasan Turku di Finlandia
Keindahan kawasan Turku di Finlandia via Instagram love.scandinavia

Dengan skor 6,7 Finlandia menjadi negara teraman untuk dikunjungi saat ini. Negara yang terletak di kawasan utara Eropa tersebut memang terkenal dengan atmosfernya yang tenang. Jarang sekali terjadi gejolak, baik dari sisi ekonomi maupun politik.

Dari sisi wisata, Finlandia juga jadi surganya turis. Beberapa titik yang wajib dikunjungi selama berada di negara Skandinavaia ini antara lain Santa Claus Village, Levi, dan Market Square Helsinki.

2. Uni Emirat Arab

Indahnya pemandangan di kawasan Dubai
Indahnya pemandangan di kawasan Dubai via Instagram burjkhalifa

Uni Emirat Arab menyusul di peringkat dua dengan skor 6,6. Terlepas dari lokasinya di Timur Tengah, zona yang selama ini identik dengan konflik, UEA ternyata relatif aman untuk dikunjungi turis dari seluruh dunia.

Belakangan, negara yang perekonomiannya disetir oleh ekspor minyak tersebut semakin getol mengembangkan sektor pariwisata. Sejumlah lokasi menarik seperti Burj Khalifa, Masjid Sheikh Zayed, dan UAE Cultural Center, siap memanjakan pelancong yang mampir.

3. Islandia

Islandia tawarkan banyak pemandangan indah
Islandia tawarkan banyak pemandangan indah via Instagram weownthemoment

Tak jauh beda dengan tetangganya, Islandia juga masuk dalam lima besar negara teraman dikunjungi. Negara yang dikarunai kekayaan alam berupa gunung api, geyser, dan sumber mata air panas ini mendapat skor 6,6. Wisatawan pun tak perlu takut jika ingin berjalan-jalan ke sekitar ibu kota Reykjavik.

Sejumlah tempat wisata mempesona Islandia juga siap memanjakan para pecinta nuansa alam. Sebut saja Blue Lagoon, Gullfoss, Pingvellir, maupun Golden Circle.

4. Oman

Padang Pasir Wahiba
Padang Pasir Wahiba via Instagram neverendingvoyage

Satu lagi negara Timur Tengah masuk dalam daftar. Oman mendapatkan skor 6,5 dari WEF karena dianggap relatif aman dan jarang mendapat serangan teror maupun menjadi tempat terjadinya konflik. Lokasinya sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan Teluk Persia.

Para pelancong yang memutuskan berkunjung ke Oman dijamin takkan kecewa. Negara yang dulunya merupakan kerajaan besar ini punya banyak objek wisata alam memukau seperti Padang Gurun Salalah, bangunan kuno di Nizwa, dan perbukitan indah di Khasab.

5. Hong Kong

Pemandangan di Pelabuhan Victoria
Pemandangan di Pelabuhan Victoria via Instagram leahcabigas

Satu-satunya lima besar negara teraman dikunjungi yang letaknya paling dekat dengan Indonesia. Hong Kong mendapatkan skor 6,5 atau sama dengan Oman. Bekas wilayah jajahan Inggris ini memang jarang sekali diberitakan menjadi sasaran teror atau daerah konflik.

Ingin berwisata ke Hong Kong? Jangan ragu, karena ada banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi. Mulai dari Victoria Peak, Ocean Park, Lantau Island, hingga Disneyland, semua dijamin bakal memberikan pengalaman tak terlupakan.

Indonesia di Peringkat Berapa?

Pemandangan di Candi Borobudur
Pemandangan di Candi Borobudur via Instagram peterh

Sebagai negara yang mengandalkan pariwisata sebagai salah satu penggerak utama roda perekonomian, Indonesia patut khawatir. Sebab Indeks WEF menunjukkan Nusantara duduk di peringkat 91 dari 136 negara, dengan skor 5,1. Sebenarnya hal ini tak terlalu mengejutkan, jika melongok sejarah serangan teror yang pernah terjadi di negara kita.

Dengan gejolak yang belum lama ini terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, bukan tak mungkin peringkat Indonesia bakal terus merosot di masa mendatang. Namun tentunya kita harus terus berdoa dan mendukung upaya pemerintah menjadikan negara ini sebagai salah satu negara teraman dikunjungi di dunia.

Tags
Indonesia Wisata
Share