Banten Diguncang Gempa, Ini Daerah yang Pernah Gempa di Atas 7 SR

Bumi pertiwi lagi-lagi diguncang gempa yang membuat seluruh warga Indonesia cemas. Bagaimana tidak, di tanggal 2 Agustus 2019 kemarin, Banten terkena gempa besar yang gawatnya berpotensi tsunami. Seluruh warga Indonesia pun berbondong-bondong mengucap doa untuk semua masyarakat Banten dan sekitarnya. Masih berhubungan dengan bencana alam ini, Traveling Yuk akan sedikit membahas, daerah mana saja yang pernah terkena gempa di atas 7 SR. Berikut ulasannya. 

Gempa 9,3 SR yang Menimpa Aceh 

daerah gempa 7 SR
Gempa Aceh via instagram/abisyah.me

Masih lekat di ingatan kita semua tentang peristiwa Aceh yang terjadi beberapa tahun silam. Tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004. Ketika itu Indonesia benar-benar dibuat menangis lantaran Aceh diserbu gempa dengan kekuatan mencapai 9,3 SR. Hal ini pun menyebabkan tsunami dengan ketinggian maksimal 25 meter yang ternyata dalam waktu beberapa jam saja, gelombang tersebut mencapai daratan Afrika saking parahnya. 

daerah gempa 7 SR
Gempa Aceh 2004 via instagram/pondoksedekah

Akibatnya, Aceh dan sekitarnya mengalami kerusakan yang cukup parah. Ribuan korban pun ditemukan di beberapa sudut setelah tsunami selesai menggulung Serambi Mekah tersebut. Namun, ada beberapa kejadian unik di balik bencana alam besar ini. Salah satunya adalah banyaknya masjid yang masih berdiri tegak meskipun gelombang tsunami menghantamnya. 

Nias Dihempas Gempa dengan Kekuatan 8,7 SR

daerah gempa 7 SR
Gempa Nias via youtube/Berkat Harefa

Beberapa bulan setelah tsunami Aceh, gempa menerjang Nias dengan kekuatan 8,7 SR. Di tanggal 28 Maret 2005, gempa tersebut menyerang Nias di malam hari saat orang-orang sedang beristirahat. Oleh karenanya, gempa tersebut memakan korban, sekitar 1000 orang lebih meninggal dunia dan 2391 orang luka-luka. 

daerah gempa 7 SR
Gempa Nias 2005 via youtube/Berkat Harefa

Gempa ini ternyata berdampak ke daerah-daerah lainnya. Terutama Pulau Simeuleu yang mengakibatkan 18 orang meninggal. Kemudian terjadi tsunami di Pantai Lagundri, Sirombu dan Lahewa dengan ketinggian mencapai 170 cm. 

Gempa Guncang Bengkulu dengan Magnitudo 7,9 SR

Gempa Bengkulu via youtube/M Ghufron Arifudin

Pada 12 September 2007, gempa kembali mengguncang Pulau Sumatera tepatnya di Bengkulu. Dengan kekuatan 7,9 SR mampu memunculkan tsunami berketinggian satu hingga empat meter, dilansir dari detik. Hal ini membuat beberapa orang meninggal dunia dan bangunan-bangunan yang ada di Bengkulu hancur dalam waktu sekejap. 

Gempa Bengkulu 2007 via youtube/M Ghufron Arifudin

Berdasarkan data terakhir yang tercatat di Posko Satkorlak Provinsi Bengkulu, sebanyak 14 orang meninggal dunia, 12 orang luka berat dan 38 orang mengalami luka ringan. Sedangkan bangunan yang rusak mencapai 20 ribu lebih, sehingga kerugian yang dialami oleh Bengkulu pada saat itu adalah sekitar 3,5 triliun. 

Banten yang Dihujam Gempa 7,4 SR

Gempa Banten via instagram/kabar.terkini_

Di tanggal 2 Agustus 2019 lalu, Banten diserang gempa dengan kekuatan 7,4 SR dan tiba-tiba diralat menjadi 6,9 SR. Parahnya, gempa tersebut dikabarkan berpotensi tsunami oleh pihak BMKG, sehingga warga Banten dan sekitarnya mengungsi pada saat itu juga. Tapi, tsunami tidak terjadi sampai peringatan ditutup oleh BMKG pada pukul 21.39 waktu setempat. 

Gempa Banten 2 Agustus via instagram/kabar.terkini_

Meskipun begitu, gempa Banten ini mengakibatkan dampak yang sangat besar. Antara lain satu orang meninggal dunia, empat orang mengalami luka-luka dan sekitar 1050 warga mengungsi. Ditambah lagi dengan 127 bangunan rusak akibat gempa besar tersebut. Kemudian, gempa ini ternyata juga dirasakan di beberapa daerah. Mulai dari Bandar Lampung sampai dengan Sumbawa Barat. 

Itulah daerah-daerah yang pernah diguncang gempa di atas 7 SR. Ada yang menimbulkan gelombang tsunami dan ada juga yang tidak. Semoga tidak ada gempa parah lagi yang menimpa Indonesia. Lalu untuk Teman Traveler semua diharuskan selalu waspada di mana pun berada. 

Tags
daerah gempa 7 SR gempa banten gempa banten 2 agustus 2019 gempa banten 2019 news
Share