Atur Jatah Cuti, Baca 5 Tips ini Agar Berfungsi Secara Maksimal

Setiap orang pasti ada kalanya merasa suntuk dan jenuh dengan apa yang dikerjakan sehari-hari, karena itulah jatah cuti diberikan, agar karyawan dapat melepas penat dan kembali bekerja dengan performa maksimal. Di tahun 2018 ini terdapat banyak tanggal merah dan cuti bersama. Artinya adalah jatah cuti tahunanmu kepotong! Karena itu Travelingyuk akan berbagi tips agar jatah cuti tahunan kamu yang semakin menipis dapat berguna secara maksimal.

Jangan Mengambil Cuti saat Tidak Ada Rencana Liburan

Jangan gunakan jika tidak ada agenda apapun via pexels.com
Jangan gunakan jika tidak ada agenda apapun via pexels.com

Terkadang berangkat ke kantor membutuhkan usaha yang besar. Bahkan sedari beranjak berdiri dari kasur. Tapi jangan biarkan godaan ini membuatmu tiba-tiba mengambil jatah cuti untuk alasan malas berangkat ke kantor.

Hindari Mengambil Cuti Banyak saat Libur Perayaan Tertentu

Jangan ambil cuti tambahan saat hari besar via pexels.com
Jangan ambil cuti tambahan saat hari besar via pexels.com

Saat perayaan hari besar, ada baiknya jangan ambil jatah cutimu. Selain hari besar sudah mendapatkan tanggal merah, cuti yang kamu ambil akan sia-sia. Karena banyak kegiatan yang tetap akan kamu lakukan. Jadi, di saat seperti ini, meskipun bisa mendapatkan libur long weekend, lebih baik hindari mengambil cuti. Kecuali jika kamu tidak merayakan hari besar.

Gunakan Sekaligus Jika Memang Bisa

Jika bisa, langsung habiskan via pexels.com
Jika bisa, langsung habiskan via pexels.com

Jarang ada perusahaan yang memperbolehkan karyawannya mengambil semua jatah cuti sebanyak 12 hari berturut-turut. Namun, jika hal tersebut tidak menjadi masalah untuk kantormu, kamu bisa memanfaatkannya. Apalagi di tahun 2018 ini kamu kebanjiran long weekend.

Lihat Jadwal Acara Kantor

Sesuaikan dengan agenda perusahaan via pexels.com
Sesuaikan dengan agenda perusahaan via pexels.com

Biasanya, karyawan memiliki jadwal aktivitas di kantor selama setahun. walaupun jadwal tersebut masih bisa berubah. Berdasarkan kalender kegiatan tersebut, kamu bisa mulai mengatur jadwal dan memilih waktu yang tepat. Dengan begitu kamu bisa mengambil long weekend serta jatah cuti dengan aman

Berunding Dulu dengan Partner Kerja

Rundingkan dengan partner via pexels.com
Rundingkan dengan partner via pexels.com

Ini adalah hal yang terpenting dan tidak boleh terlewatkan. Agar tidak tumbuh rasa iri hati satu, terutama di hari-hari besar tertentu, lebih baik kamu berunding terlebih dahulu dengan teman kantor. Sehingga bisa tahu jadwal cuti masing-masing dan meminimalisir terjadinya salah paham.

Jika jatah cuti tahunanmu belum pernah dipakai, setelah Hari Raya Idul Fitri bisa menjadi waktu yang tepat untuk menggunakannya. Ada rencana liburan ke mana setelah Lebaran?

.

Tags
Share