Curug Sibedil, Air Terjun Cantik di Lembah Gunung Slamet

Bagi yang berencana mudik melewati jalur Pantura, tak ada salahnya singgah di Pemalang. Kota ini mungkin kurang populer sebagai destinasi wisata Jawa Tengah, namun sebenarnya ada potensi besar di dalamnya. Curug Sibedil adalah salah satu lokasi yang pantang dilewatkan.

Curug atau air terjun merupakan destinasi liburan pas mereka yang ingin bersantai dan melepaskan diri sejenak dari penatnya kehidupan kota. Apalagi jika curug tersebut belum terlalu ramai pengunjung, suasana alaminya bakal lebih terasa. Berikut adalah gambaran mengenai pesona dan keindahan Curug Sibedil dari kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Pesona Curug Sibedil

Kolam alami tempat berenang dan bermain air para pengunjung via Instagram jossaphat
Kolam alami tempat berenang dan bermain air para pengunjung via Instagram jossaphat

Ketinggian aliran air di curug ini hanya sekitar 10 meter, sehingga debit airnya tidak terlalu besar. Terdapat kolam kecil jernih yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain air. Destinasi ini sudah lumayan terkenal di Pemalang, tak heran jika kerap ramai pengunjung di masa liburan.

Daya tarik lain Curug Sibedil terletak pada jumlah air terjunnya, yang berjejer rapi dari ukuran kecil hingga besar. Selain itu, penduduk lokal juga terkenal sangat ramah kepada pengunjung yang datang.

Asal Usul Nama Sibedil

Curug cantik dengan banyak air terjun via Instagram walkerian_
Curug cantik dengan banyak air terjun via Instagram walkerian_

Nama Curug Sibedil muncul karena di sekitar sini terdapat batu berbentuk moncong senapan Menurut cerita sesepuh desa, konon setiap malam malam Jumat kliwon selalu terdengar suara tembakan dari batu tersebut. Namun demikian, belakangan suara senapan gaib tersebut sudah tak pernah terdengar lagi.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi

Keindahan alam disekitar curug via Instagram aj_malms
Keindahan alam disekitar curug via Instagram aj_malms

Salah satu wisata andalan Pemalang ini terletak di Jl Kyai Abdurrosyid, Desa Sima, Kecamatan Moga. Curug Sibedil berada di lembah gunung Slamet, hingga bisa makan waktu perjalanan sekitar 35 menit jika berangkat dari kota Pemalang. Sekedar saran, pengunjung bisa menggunakan aplikasi Maps agar tidak tersesat.

Harga Tiket Masuk

Menikmati keindahan alam Curug Sibedil, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar dua hingga tiga ribu rupiah. Murah bukan? Tiket tersebut juga sudah termasuk dengan biaya parkir.

Fasilitas di Curug Sibedil

Kawasan wisata ini memiliki beberapa fasilitas mendasar seperti lahan parkir, toilet umum, dan warung makan. Semua fasilitas tersebut masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat, sehingga dari sisi pengembangan masih terhalang biaya. Jika memang berniat rekreasi ke sini, sebaiknya membawa bekal sendiri dari rumah.

Tertarik menikmati keindahannya? Yuk langsung ajak sahabat, pacar atau keluarga datang ke Curug Sibedil. Tapi jangan lupa tetap jaga kebersihan tempat wisata yang disambangi. Buanglah sampah pada tempatnya.

Tags
Jawa Tengah pemalang Wisata
Share