Curug Sawer Sukabumi, Nuansa Alam Eksotis Bikin Tenang dan Damai

Bicara tentang wisata alam Sukabumi, Teman Traveler mungkin lebih familiar dengan Jembatan Situ Gunung yang diklaim terpanjang di Indonesia. Tak jauh dari situ, tepatnya sebelum jembatan sepanjang 240 meter itu naik daun, ada destinasi lain bernuansa alam yang sudah lebih dulu eksis di kawasan sekitar. Destinasi yang dimaksud adalah Curug Sawer.

Melepas penat (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Air terjun ini berada di wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kerap dianggap sebagai tempat eksotis, Curug Sawer menyuguhkan gemericik air yang bikin tenang dan damai. Penasaran akan serunya melepas penat di curug yang ada di selatan Gunung Gede Pangrango ini? Yuk, simak ulasan berikut.

Dua Pilihan Jalur Menuju Curug

Suspension bridge dari kejauhan via instagram.com/ribkags

Keberadaan Situ Gunung Suspension Bridge membuat Curug Sawer semakin mudah dijangkau. Begitu keluar dari ujung jembatan di sisi timur, Teman Traveler cukup berjalan kaki selama 10-15 menit untuk tiba di lokasi wisata.

Jalur lama menuju curug (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Namun, jika Teman Traveler menginginkan rute lebih panjang dan menantang, bisa coba berjalan kaki melewati jalur lama. Kalian bakal membutuhkan waktu kurang lebih satu setengah jam. Menyusuri jalur dari gerbang masuk kawasan wisata Situ Gunung, dengan trek sepanjang 1,7 kilometer.

Tanjakan dan turunan yang menantang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski lebih jauh, Teman Traveler bakal merasakan sensasi berbeda. Kalian akan menghadapi tanjakan, turunan, jalan menikung, serta melewati lebatnya hutan hujan tropis. Jika beruntung, Teman Traveler bisa berjumpa beberapa penghuni hutan seperti burung dan monyet. Jalur lama ini cocok untuk warming up sebelum mendaki gunung.

Air Terjun Eksotis

Panorama air terjun eksotis via instagram.com/irfan.022

Begitu sampai di lokasi, Teman Traveler akan langsung disambut aliran deras air dari ketinggian 35 meter. Di sekitarnya terdapat sebuah jembatan yang belum lama dibangun. Bisa kalian naiki untuk berswafoto maupun mengagumi keindahan air terjun dari dekat.

Namun ingat Teman Traveler, tetap waspada dan berhati-hati saat melangkahkan kaki di jembatan. Cipratan air terjun yang membasahi jembatan membuat permukaannya licin dan rentan membuat kalian terpeleset.

Airnya dingin dan segar (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bebatuan yang berserakan di bawah Curug Sawer dan sepanjang sungai Cigunung menambah kesan eksotis destinasi satu ini. Terlebih lagi sumber air di sekitar sini terasa begitu dingin dan segar. Semua penat dan lelah dijamin langsung terobati begitu merasakan langsung kesegarannya.

Fasilitas Kebersihan Lengkap

Kebersihan curug sangat terjaga via instagram.com/uzee2611

Berada di ketinggian 1.025 meter di atas permukaan laut, Curug Sawer patut mendapat dua jempol karena kebersihannya sangat terjaga. Hampir tak terlihat satu pun sampah berserakan. Menemukan tempat pembuangan sampah menjadi bukan hal sulit di sekitar wisata Sukabumi satu ini.

Suasananya bikin betah via instagram.com/wanda.ekaa

Pengelola juga menyediakan toilet dengan kondisi baik. Beberapa bulan lalu, bahkan membangun sebuah paviliun permanen di depan curug. Pengunjung serasa makin dimanjakan, mereka bisa duduk santai sembari menikmati eksotisnya alam sekitar.

Tiket Masuk Terjangkau

Papan petunjuk menuju curug Sawer (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Lantaran masuk dalam wilayah Wisata Situ Gunung, tiket yang Teman Traveler bayar sudah termasuk akses ke seluruh kawasan. Artinya, selain Curug Sawer, kalian juga bebas menjelajah hingga ke Danau Situ Gunung dan sekitarnya.

Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp15.000 untuk tiket masuk saat weekday dan Rp18.500 saat weekend serta Hari Libur Nasional. Namun patut diingat bahwa tarif tersebut belum termasuk akses menuju Suspension Bridge Situ Gunung.

Serunya Berlibur di Sekitar Curug

Sekalian kemping juga boleh (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Agar liburan Teman Traveler makin lengkap, kalian juga bisa lho, sekalian kemping di sekitar air terjun. Cukup sediakan biaya Rp10.000 per orang untuk mendirikan tenda. Ingat, kalian tak boleh sembarangan mendirikan tenda karena sudah ada camping ground khusus yang disediakan pihak pengelola.

Suspension bridge menuju air terjun via instagram.com/hildazein

Bagi yang penasaran dengan sensasi melewati jembatan gantung Situ Gunung, wajib membeli tiket tambahan Rp50.000 per orang. Pacu adrenalin Teman Traveler dengan melintas di jembatan gantung terpanjang di Nusantara. Teman Traveler berani?

Bagaimana Teman Traveler, tertarik menyambangi Curug Sawer? Yuk, segera agendakan berlibur ke sana akhir pekan ini.

Tags
curug sawer kontributor Sukabumi Travelingyuk wisata sukabumi
Share