Curug Putri Kencana, Destinasi Memikat untuk Liburan Singkat

Bogor bisa jadi salah tempat pas melepas lelah saat liburan tiba. Ada begitu banyak potensi wisata alam yang sayang dilewatkan. Curug Putri Kencana merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata alam di Kota Hujan, terutama bagi yang tak punya banyak waktu liburan.

Para wisatawan bakal disuguhi pemandangan air terjun yang memukau. Curug Putri Kencana juga punya kolam air berhiaskan batu-batu besar dengan warna air hijau tosca. Berikut adalah sedikit gambaran keseruan dan keindahannya oleh kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Punya Kesan Angker

Curug Putri Kencana via Instagram tyo_soetyo
Curug Putri Kencana via Instagram tyo_soetyo

Masyarakat sekitar menamakan curug ini Putri Kencana karena konon setiap malam jumat, terdengar suara wanita di sekitar curug. Bahkan tak jarang ada yang melihat sosok perempuan mengenakan baju kerajaan lengkap dengan perhiasannya.

Karena kisah yang beredar tersebut, Curug Putri Kencana terkesan angker. Namun sepertinya justru cocok untuk sobat traveler yang suka tantangan. Sebaiknya datang saat pagi hari dan kembali sebelum gelap karena lokasinya belum dilengkapi penerangan.

Beragam Rute Menuju Curug

Kolam air berwarna hijau tosca via Instagram tyo_soetyo
Kolam air berwarna hijau tosca via Instagram tyo_soetyo

Curug Putri Kencana berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Bagi sobat traveler yang meluncur dari arah Jakarta, ada dua rute yang bisa dipilih.

Rute pertama via Citeureup, pemandangan dan jalannya bagus, wisatawan akan melewati Curug Leuwi Hejo sebelum sampai di Curug Putri Kencana. Sementara rute kedua memanfaatkan jalur Sentul, walaupun jalannya agak sempit dan berlubang.

Murah Meriah

Sobat traveler hanya perlu membayar tiket sebesar 15 ribu rupiah untuk masuk ke area Curug Putri Kencana. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, wajib membayar biaya parkir sebesar lima ribu (motor) dan 10 ribu (mobil). Cukup berjalan kaki sekitar 500 meter dari loket masuk untuk bisa sampai di lokasi air terjun.

Oke untuk Berkemah

Berenang di Curug Putri Kencana via Instagram dennyirawanphotos
Berenang di Curug Putri Kencana via Instagram dennyirawanphotos

Curug Putri Kencana ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti area parkir, toilet, musholla. Ada pula warung yang menjual aneka jajan dan makanan. Pengunjung juga bisa mendirikan tenda di area camping ground, namun akan dikenakan biaya tambahan sebesar 25 ribu rupiah per tenda.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai pesona keindahan dan daya tarik Curug Putri Kencana? Tunggu apalagi, langsung ajak sahabat dan keluarga untuk berlibur ke destinasi indah ini. Jangan lupa selalu jaga kebersihan tempat wisata yang sobat traveler sambangi.

Tags
Jawa Barat Wisata
Share