Curug Nangka, Kecantikan Alam di Kaki Gunung Salak

Dinginnya hawa Bogor sering membuat kota satu ini dijadikan destinasi liburan favorit. Apalagi di Kota Hujan memang ada begitu banyak potensi wisata dan alam yang memukau. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah Curug Nangka.

Selain namanya yang unik, Curug Nangka juga menyimpan pesona kecantikan yang tiada duanya. Suasana begitu asri lantaran terletak di kaki Gunung Salak. Pas sekali dijadikan arena melepas kepenatan dan menenangkan diri. Berikut adalah sedikit gambaran soal keindahannya dari kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Sejarah Penamaan Unik

Pemandangan Curug Nangka via Instagram calvinfa
Pemandangan Curug Nangka via Instagram calvinfa

Secara geografis Bogor berada di area perbukitan. Tak heran jika Kota Hujan punya kekayaan berupa obyek wisata alam. Salah destinasi yang sangat layak dikunjungi yaitu Curug Nangka. Lokasinya tepat berada di kaki Gunung Salak.

Warga setempat menamakannya Curug Nangka karena dulu di sekitarnya terdapat banyak pohon nangka. Namun karena berbagai sebab, tumbuhan khas tersebut kini sudah tidak ditemukan lagi. Meski demikian, banyak orang tetap menyebut air terjun dengan nama Nangka.

Arena Para Petualang

Alam yang masih asri via Instagram ocepic_life
Alam yang masih asri via Instagram ocepic_life

Curug Nangka memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan curah air yang tidak terlalu deras. Di bawahnya terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk bermain air. Pemandangan di sekitar pun tak kalah indahnya. Pepohonan hijau yang lebat menambah kesejukan.

Destinasi ini sangat cocok untuk para sobat traveler yang hobi bertualang. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, pengunjung wajib berjalan kaki alias melakukan trekking melewati hutan dan perbukitan. Asyiknya tak jauh dari Curug Nangka, terdapat dua curug lain yang tak kalah mempesona yaitu Curug Kawung dan Daun.

Panduan Rute Menuju Air Terjun

Curug Nangka terletak di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Sobat traveler yang membawa kendaraan pribadi cukup mengikuti jalan menuju Ciapus.

Bagi yang memilih menumpang kendaraan umum, tinggal pilih angkot Nomor 03 jurusan Ramayana – Ciapus. Turun di pertigaan sebelum pintu gerbang Ciapus dan lanjut perjalanan dengan jalan kaki kurang lebih 500 meter.

Wisata Asyik dan Murah

Sobat traveler yang berkunjung ke Curug Nangka hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah. Jika membawa kendaraan pribadi, wajib membayar biaya parkir lima ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil.

Fasilitas Pendukung

Pepohonan lebat disekitar Curug Nangka via Instagram daffadara_
Pepohonan lebat disekitar Curug Nangka via Instagram daffadara_

Pengelola Curug Nangka menyediakan sejumlah fasilitas seperti area parkir, toilet, musholla, dan warung dengan berbagai jenis masakan. Sebelum pulang, sobat traveler bisa membeli beberapa suvenir untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya cukup bersaing, bergantung kepiawaian dalam tawar-menawar.

Tertarik datang ke Curug Nangka? Langsung saja ajak teman dan keluarga berkunjung ke wisata alam memikat ini. Namun jangan lupa jaga kebersihan di sekitar tempat wisata yang sobat traveler datangi.

Tags
Bogor Jawa Barat Wisata
Share