Air Terjun Bertingkat Super Keren di Banyumas, Curug Nangga!

Warga Banyumas boleh bangga karena memiliki destinasi wisata alam yang tengah eksis sepanjang tahun 2015 hingga saat ini, yaitu Curug Nangga. Bukan air terjun biasa, namun ini adalah air terjun tujuh tingkat yang mempesona. Jarang sekali ada air terjun dengan karakteristik seperti ini.

Lagi, media sosial membuktikan bahwa keberadaannya sangat penting dalam memperkenalkan tempat-tempat baru yang keren. Traveler petualang pun sekali lagi juga menunjukkan, jika mereka berada di baris terdepan dalam mempromosikan potensi wisata yang ada di wilayahnya yang selama ini belum tereksplorasi.

Curug Nangga di Banyumas, via instagram
Curug Nangga di Banyumas, via instagram

Adalah Curug Nangga di desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun ini lima tahun lalu mungkin bukan apa-apa, keberadaannya pun tak banyak yang tahu namun sejak kemunculannya di media sosial diketahui publik kawasan yang semula bak tersembunyi kini jadi tempat yang ramai dipenuhi pengunjung.

Traveler datang dengan berbekal rasa penasaran dan kekaguman dari foto-foto yang sudah tersebar di medsos. Air terjun ini memang unik, sebab terdiri dari tujuh tingkat. Dari sana pula pemberian nama Curug Nangga berasal. Nangga diambil dari kata tangga, yang mencerminkan penampakan fisik air terjun tujuh tingkat yang dilihat dari jauh seperti tangga. Kemudian, warga menyebutnya dengan nangga, alasannya adalah demi kemudahan penyebutan nama.

Curug Nangga memiliki tujuh tingkat terjunan, via instagram
Curug Nangga memiliki tujuh tingkat terjunan, via instagram

Mengetahui potensi besar yang dimiliki Curug Nangga, warga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata bersama-sama dengan Pemerintah Desa Petahunan pun bergerak cepat membangun akses menuju ke lokasi. Meski jalan-jalan belum sepenuhnya mulus, namun ada jejak pembangunan yang dilakukan demi menciptakan akses yang mudah bagi traveler.

Curug Nangga, Destinasi Hits di Banyumas, via instagram
Curug Nangga, Destinasi Hits di Banyumas, via instagram

Kita berharap saja dengan dibukanya Curug Nangga sebagai salah satu destinasi wisata di Banyumas, semoga kelestariannya tidak rusak. Seperti pengalaman tempat wisata lain, ketika datang pengunjung dalam jumlah besar, tempat-tempat yang tadinya keren jadi rusak, baik karena ulah nakal para traveler atau pengelolaan yang salah kaprah. Lepas dari itu semua, Curug Nangga memang juara!

Tags
Banyumas Curug Nangga Jawa Tengah Pekuncen Wonderful Indonesia
Share