Pesona Kuncung Mas, Curug Cantik di Kulon Progo

Advertisement

Jogja merupakan salah satu Provinsi di Jawa yang tak hanya punya deretan kuliner lezat tapi juga destinasi wisata jempolan. Selain landscape gunung dengan gardu pandangnya yang menawan, daerah istimewa ini juga memiliki banyak air terjun cantik nan memesona. Salah satunya yang ada di Kabupaten Kulon Progo berikut.

Si Cantik Tetangga Curug Sigembor

Air gunung yang menyegarkan
Air gunung yang menyegarkan [image source]
Kulon Progo menjadi salah satu tujuan wisatawan selain mampir ke pusat kota Jogja. Kabupaten ini memiliki banyak objek wisata eksotis, termasuk Curug Kuncung Mas. Destinasi wisata ini berada di Jl. Sermo, Desa Banyunganti, Sokomoyo, Gunung Kelir, Kecamatan Jatimulyo. Letaknya tidak jauh dari Curug Sigembor. Masih satu tempat dan jatuh di sungai yang sama.

Curug Kuncung Mas yang Menakjubkan
Curug Kuncung Mas yang Menakjubkan [image source]

Kolam Alami Berwarna Biru Tosca

Kolam alami berwarna biru tosca
Kolam alami berwarna biru tosca [image source]
Nama Kuncung Mas sendiri memiliki asal usul yang menarik. Menurut warga sekitar, ada ikan kuncung mas yang hidup di sungai tersebut. Sayang ikan ini telah tiada. Tak hanya cerita kuncung mas, warna air di sini juga menakjubkan. Di kolam alami yang berada di bawah tebing, airnya terlihat berwarna biru tosca. Sangat cantik dipadukan dengan pepohonan hijau di sekitar.

Kolam biru berwarna tosca
Kolam biru berwarna tosca [image source]

Spot Asyik untuk Menenangkan Diri

Kolam cantik di Curug Kuncung Mas
Kolam cantik di Curug Kuncung Mas [image source]
Rutinitas yang tanpa batas kadang membuat jenuh. Apalagi ketika melihat kemacetan jalan raya. Namun, kamu bakalan lupa ketika melihat keindahan curug di Kulon Progo ini. Membentuk air terjun bertingkat, Kuncung Mas makin memesona dengan pepohonan rindang di setiap sudutnya. Udara sejuk pun turut membuat tempatnya ini menjadi spot terbaik untuk refleksi diri.

Curug cantik dengan pepohonan hijau
Curug cantik dengan pepohonan hijau [image source]

Akses Jalan yang Memukau Mata

Grojokan memesona di Kulon Progo
Grojokan memesona di Kulon Progo [image source]
Untuk sampai di curug dengan keindahan luar biasa ini terbilang sangat mudah. Hal ini tidak lain karena letaknya yang tak jauh dari jalan raya serta pemukiman warga. Meski demikian, kamu wajib hati-hati karena jalan menuju lokasi masih belum sepenuhnya sempurna. Bahkan ada anak tangga yang licin dan terjal. Pun demikian, kamu bakalan terpesona melihat pemandangan di kiri kanan jalan.

Pesona Curug di Kulon Progo
Pesona Curug di Kulon Progo [image source]
Bagaimana? Tertarik untuk meng-explore alam Kulon Progo. Bisa mulai dari Curug Kuncung Mas ini.

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja Kulon Progo Yogyakarta
Share