Curug Jeglong, Tawarkam Alam Asri Serta Sejuk

Hai Teman Traveler, pada tulisan kali ini aku akan mendeskripsikan sebuah wisata alam potensial untuk dikunjungi dan dikembangkan. Bisa jadi salah satu opsi tempat berlibur bagi kamu yang sedang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan. Terlebih bagi yang suka berfoto ria atau hanya sekadar ingin menikmati keindahan alam Indonesia tercinta, yaitu Curug Jeglong.

Destinasi ini terletak di salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Kendal. Barangkali ada yang sedang berkunjung atau menetap di sini, tidak ada salahnya mencoba mengunjunginya. Wisata Kendal ini memang belum terlalu dikenal oleh kebanyakan orang, namun sangat layak disambangi. Yuk, lihat apa istimewanya.

Akses Cukup Mudah

Jurug Jeglong berlokasi di kecamatan Plantungan, Desa Bendosari, Dusun Jeplak. Uniknya, secara lokasi air terjun ini lebih dekat dengan desa tetangga, Desa Jati.

Jika berangkat dari arah Kecamatan Plantungan, kamu akan melewati Desa Jati terlebih dahulu. Beberapa meter kemudian, kamu akan menemukan Curug Jeglong. Curug ini posisinya juga berada tepat di perbatasan Kendal dan Batang. Kedua wilayah itu hanya dipisahkan sungai dan jembatan melintang.

Akses masuk menuju loket pembayaran terbilang mudah. Kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua dan langsung menuju area parkir. Namun sebelumnya, kamu harus membayar tiket masuk terlebih dulu. Berikutnya, petugas akan mengarahkan ke tempat parkir yang cukup luas.

Panorama Memikat Sejak Area Parkir

Sumber foto : Dokumentasi Pribadi
Panorama cukup memikat (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Dari tempat parkir, kamu akan menemukan toilet, mushola, serta warung yang menyediakan berbagai jajanan. Jadi jangan khawatir jika lupa membawa bekal dari rumah.

Pemandangan di sini cukup mengesankan, berupa barisan pohon pinus yang terlihat sangat alami. Kamu dapat bersantai ria sembari mengagumi panorama tersebut. Ada banyak kursi yang sudah disediakan pihak pengelola.

Jika mempunyai hammock, kamu bisa memasangnya di sini. Kadang ada juga staff pengelola yang bersedia membantu memasangkan hammock agar pengunjung bisa bersantai ria.

Spot Foto Instagenic

Sumber foto : Dokumentasi Pribadi
Spot foto keren (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Pengunjung juga akan dimanjakan sederet spot swafoto untuk hasilkan konten keren. Tentunya ini bagaikan surga bagi para fotografer. Banyak karya menarik bisa muncul di sini.

Spot foto yang disediakan pun beragam. Ada ornamen berbentuk lambang cinta, jembatan dengan menyajikan pemandangan memikat, plus spot foto kayu dengan lambang cinta di pohon. 

Trekking Menuju Air Terjun

Sumber foto : Dokumentasi Pribadi
Pemandangan di sekitar air terjun (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Kamu bisa melihat banyak pemandangan alam luar biasa di sini. Tapi potensi pesona Curug Legong tak sampai di situ saja. Jika ingin menikmati sejuknya air terjun, wajib melakukan trekking ke bawah dengan jalur lumayan enak – tidak terlalu berat.

Asyiknya lagi, sepanjang jalur kamu akan disuguhi hijaunya hutan di sekeliling. Perjalanan tentunya akan terasa semakin menyenangkan. Setelah berjalan sekitar 15 menit, kamu akan sampai di Curug Jonggrang, yaitu air terjun pertama dalam perjalanan kali ini. Curug ini terbilang kecil, dengan kedalamannya sekitar 7 meter.

Mata bakal dipuaskan dengan semua pemandangan yang tersaji di sini. Tapi tentu belum lengkap rasanya jika mengunjungi wisata alam Jeglong tanpa sampai spot utama, sungai pembatas antara Kendal dan Batang.

Sumber foto : Dokumentasi Pribadi
Jembatan dekat sungai (c) Maulana Adieb/Travelingyuk

Jangan khawatir, hanya dengan sedikit trekking dari Air Terjun Jonggrang kamu sudah bisa melihat dan merasakan sejuk serta derasnya aliran sungai tersebut. Ada jembatan melintang yang bisa jadi jalan menyebrang ke Batang. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan alam seperti tubing. 

Pemandangan di sekitar Curug Jeglong memang sangat mengagumkan. Wisata alam ini bisa jadi destinasi tepat untuk menikmati hari libur. Lantaran masih dalam pengembangan, ke depannya tentu bakal semakin baik. Tidak ada salahnya membantu proses tersebut dengan ikut menjaga kelestarian alamnya. 

Teman Traveler cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 ditambah biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor. Murah meriah dan dijamin menyenangkan. Bagaimana, tertarik berkunjung ke Curug Jenglong?

Tags
Indonesia Kendal kontributor Travelingyuk wisata kendal
Share