Curug Goa Lumut, Menunggang ‘Hiu’ di Air Terjun!

Hai Teman Traveler, adakah di antara kalian yang tengah rencanakan untuk berlibur di sekitar Bogor? Buat yang punya minat besar terhadap destinasi bernuansa alam, bisa coba mampir ke Curug Goa Lumut di Gunung Bunder, Bogor.

Pesona alam yang ditawarkan sungguh menarik. Saya sendiri sempat merasakan sendiri betapa segarnya air di sekitar Curug Goa Lumut, bahkan sampai bermain-main dengan menunggang balon hiu. Yuk, simak serunya pengalaman liburan saya di wisata Bogor serba hijau ini.

Mudah Diakses

screenshot_2019_08_27_13_55_02_074_com_Gdi.png
Jalanannya relatif mudah diakses (c) Trustyour Journey/Travelingyuk

Curug Goa Lumut berada di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan. Akses menuju sini cukup mudah, apalagi jika Teman Traveler menggunakan kendaraan pribadi. Langsung saja menuju Jalan Raya Jakarta Bogor, lanjutkan memilih rute menuju Yasmin dan teruskan ke IPB Dramaga.

Begitu sampai di IPB Dramaga, kurang lebih 3-5 kilometer berikutnya kalian akan menemukan pertigaan Cibatok dan plang khusus. Dari sini Teman Traveler tinggal ambil arah kiri untuk menuju kawasan Gunung Bunder.

Tiket Murah Meriah

20190827_153943_224_6qE.jpg
Pintu gerbang taman nasional (c) Trustyour Journey/Travelingyuk

Teman Traveler tidak butuh biaya mahal untuk berwisata di Curug Goa Lumut. Tiket dan biaya parkirnya cukup terjangkau. Dijamin takkan membikin kantong kalian bolong.

Begitu sampai gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Teman Traveler tinggal rogoh kocek Rp10 ribuan per orang untuk tiket masuk. Sementara untuk parkirnya dipatok Rp5 ribuan untuk motor dan Rp10 ribuan buat mobil.

Melewati Banyak Curug

screenshot_2019_08_27_13_54_28_692_com_4nc.png
Melewati hutan pinus (c) Trusyour Journey/Travelingyuk

Dalam perjalanan menuju Curug Goa Lumut, Teman Traveler akan menjumpai beberapa air terjun lain di sekitaran Gunung Salak Endah. Beberapa di antaranya adalah Curug Cadas Ngampar yang ada deretan hutan pinus. Ada juga Curug Cihurang dan Ngumpet. Begitu melewati semua tempat tersebut, kalian akhirnya bakal tiba di Curug Goa Lumut.

screenshot_2019_08_27_13_56_28_264_com_F0g.png
Menikmati indahnya vegetasi sekitar (c) Trustyour Journey/Travelingyuk

Teman Traveler juga bakal dimanjakan pemandangan indah hutan pinus dan pepohonan hijau di sekitar lokasi. Kalian bisa berhenti sejenak untuk menikmati panoramanya atau bahkan mengabadikan momen dengan berfoto-foto. Kurang lebih 10 menit berjalan kaki, kalian bakal sampai di Goa Lumut, air terjun yang punya ketinggian sekitar delapan meter, dengan kedalaman empat meter.

Menikmati Kesegaran Air Terjun

curug goa lumut
Jernihnya air terjun (c) Trustyour Journey/Travelingyuk

Setelah melewati beberapa anak tangga, saya dan teman-teman akhirnya sampai di tujuan utama. Tanpa menunggu lama, kami lantas larut dalam keceriaan. Berbasah-basah ria sambil menikmati kesegaran sumber air di sekitar curug. Lingkungan sekitar sini juga sangat asri dan terasa syahdu, bikin makin betah berlama-lama.

screenshot_2019_08_27_13_57_02_110_com_3zC.png
Menunggang hiu! (c) Trustyour Journey/Travelingyuk

Oh ya, karena ingin mendapatkan foto Instagenic yang beda, saya dan teman-teman membawa properti balon berbentuk hiu. Saya pun sukses mengabadikan momen menunggang ‘hiu’ dengan latar belakang air terjun. Puas banget rasanya, Teman Traveler!

Fasilitas dan Tips

curug goa lumut
Menyelam juga bisa (c) Trustyour Journey/Travelingyuk

Fasilitas di Curug Goa Lumut Bogor sudah cukup lengkap, Teman Traveler. Kalian bisa temukan kamar bilas untuk bersih diri, serta pondokan untuk beristirahat, dan menyantap bekal. Jangan khawatir jika tak membawa makanan sendiri. Di sekitar sini ada warung makan, kok.

Sedikit tips buat Teman Traveler yang ingin mampir ke Curug Goa Lumut. Pertama, perhatikan kondisi kendaraan karena jalan yang dilalui sedikit berlubang, terjal, dan menanjak. Jangan lupa isi penuh bensin karena di sekitar sini tidak ada pom atau penjual bahan bakar motor.

Buat yang mudah lapar, bawa bekal sebanyak mungkin jika tak ingin repot menunggu tiba di warung. Terakhir, siapkan kamera terbaik untuk abadikan tiap momen yang dijalani.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke Curug Goa Lumut? Kalian bisa langsung meluncur ke Jalan Raya Pasir Reungit, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan. Jika sedang menjelajah wisata Bogor dan sekitarnya, serta mendamba pesona alam cantik, agendakan datang kemari, ya.

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat kontributor Travelingyuk Wisata Wisata Bogor
Share