Curug Gending Asmoro Semarang, Saat Mistis dan Eksotis Berdampingan

Advertisement

Semarang saat ini memiliki lokasi wisata baru yang bisa dikunjungi saat sedang berjelajah ke sana. Destinasi wisata baru ini merupakan air terjun yang sangat cantik. Panorama yang ditawarkan sungguh ciamik, perpaduan hijaunya alam dan guyuran air terjun yang bikin tertegun. Nama wisata baru di Semarang ini adalah Curug Gending Asmoro Semarang. .

Wisata di Tengah Hutan Bambu

Keindahan Curug Gending Asmoro, Via Instagram mohammadtoib

Lokasi Curug Gending Asmoro ini berada di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Lokasinya ini cukup tersembunyi karena berada di tengah hutan bambu. Keberadaan dari air terjun ini sebenarnya bisa dibilang cukup mengejutkan karena memang biasanya air terjun di Semarang berkumpul di kawasan Ungaran Barat. Sementara itu di Ungaran Timur selama ini identik dengan perumahan dan industri.

Jembatan bambu, Via Instagram mohammadtoib

Nah, untuk memudahkan para pengunjung untuk menjelajah di sekitaran Curug Gending Asmoro, pengelola membuat jembatan bambu di sepanjang sungai. Dan jembatan bambu inilah yang juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Banyak wisatawan yang berfoto di atas jembatan dengan latar belakang air terjun yang cantik.

Legenda Gamelan Gaib

Saat mistis dan eksotis bersatu, Via Instagram sahlulkhuluk

Tak hanya menyuguhkan pesona alam yang cantik, Curug Gending Asmoro ini juga bertabur dengan cerita mistis. Penamaan dari Curug Gending Asmoro itu ternyata ada cerita yang sangat klenik di belakangnya. Gending Asmoro ternyata berkaitan erat dengan legenda gamelan gaib di sekitaran air terjun itu.

Panorama yang sangat elok, Via Instagram dolankekinian

Konon, dahulu kala setiap warga akan mengadakan pertunjukan wayang kulit, akan meminjam gamelan gaib tersebut. Caranya adalah dengan menjalani ritual tertentu sebelumnya. Mereka yang menggelar hajatan wayang akan ke curug tersebut dan meminjam gamelan gaib itu. Dan ajaibnya, menurut warga setempat, keesokan harinya akan ada seperangkat gamelan di lokasi tersebut. Tak hanya itu saja, ada kisah mistis lainnya, dahulu kerap terdengar suara gamelan ditabuh saat waktu-waktu tertentu. Cerita tersebut diceritakan turun temurun sehingga masyarakat setempat meyakini kisah yang beredar itu.

Wisata Alam Baru yang Hits

Salah satu spot di Curug Gending Asmoro, Via Instagram indahfirdanaa

Supaya bisa masuk ke area area terjun, para pengunjung yang datang akan dimintai uang retribusi sebesar Rp 5.000. Sebagai informasi, Curug Gending Asmoro ini merupakan destinasi wisata baru yang memang dibuka untuk umum pada bulan Februari 2018 yang lalu. Meskipun begitu, lokasinya bisa dibilang langsung hits dan banyak dikunjungi para wisatawan. Harga tiket masuknya murah meriah sehingga bisa untuk alternatif wisata terjangkau untuk keluarga.

Selain air terjun itu, ada pula beberapa destinasi wisata lainnya yang bisa untuk dikunjungi. Misalnya saja Curug Tedja Asmara, Hutan Karet Dusun Mendiro, dan beberapa lainnya. Tapi, untuk datang ke sini kamu harus mempersiapkan stamina terlebih dahulu karena harus berjalan menaiki anak tangga yang cukup menantang.

Advertisement
Tags
Curug Gending Asmoro Indonesia Jawa Tengah semarang
Share