Wajib Kunjungi! Deretan Curug di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Bikin Melongo

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Curug di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango bisa bikin Teman Travaler dan pengunjung yang lain melongo. Namanya, bisa jadi tak terlalu akrab di telinga, tetapi sejuk dan asrinya tidak kalah banding dengan curug di kawasan lain. Penasaran seperti apa daya magis yang dimiliki curug-curug di TNGGP ini? Lanjutkan membaca untuk tahu lebih banyak ya!

1. Curug Sawer

Kesegaran Curug Sawer di Sukabumi
Kesegaran Curug Sawer di Sukabumi via Instagram/tyoadje

Curug di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini terletak di Kabupaten Sukabumi. Akses untuk menuju air terjun yang satu ini dipermudah dengan suspension bridge yang ikonik. Curug Sawer tidak terlalu tinggi, tetapi kecantikannya mampu memikat banyak orang. Saat berada di kawasan ini, jangan terlalu takut dengan ketiadaan fasilitas ya. Karena, di sini sudah disediakan fasilitas yang memadai, seperti toilet, mushola sampai kantin.

2. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum yang Taklagi Beureum
Curug Cibeureum yang Taklagi Beureum via Instagram/sanusi_uchiha

Terbentuk secara alami, Curug Cibeureum yang menjadi bagian dari Hutan Gunung Gede Pangrango terletak di jalur pendakian. Sehingga, tidak heran jika namanya cukup dikenali oleh beberapa pendaki. Keunikan yang dimiliki air terjun ini adalah tumbuhnya lumut merah endemik di bagian dinding-dinding tebing air terjun. Istilah ilmiahnya adalah Sphagnum gedeanum. Lumut-lumut berwarna merah tersebut memberikan warna yang menarik. Sehingga, kawasan ini diberi nama Beureum yang berarti merah.

3. Curug Cipadaranten

Curug Cipadaranten Siap Jadi Primadona Baru
Curug Cipadaranten Siap Jadi Primadona Baru via Instagram/ariansyah_alvian

Curug Cipadaranten terletak di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Sukabumi. Air terjun ini ada di dalam kawasan konservasi alam Bodogol, TNGGP. Di sekitar Curug Cipadaranten, terdapat beberapa curug lain yang tidak kalah cantik. Berkunjung ke sini, udara yang sejuk jadi suguhan utama.

4. Curug Ciwalen

Curug Ciwalen
Curug Ciwalen via Instagram/ini_vq

Letak Curug Ciwalen yang tersembunyi, tidak menghalangi banyak mata untuk mengaguminya. Air terjun ini punya ketinggian sekitar 12 meter. Tidak terlalu tinggi, tetapi tetap saja terlihat luar biasa. Ditambah perjalanan menuju curug yang masih asri. Lengkap sudah jelajah curug kali ini.

5. Curug Cikaracak

Ke Bogor Ada Curug Cikaracak
Ke Bogor Ada Curug Cikaracak via Instagram/travelingkemana

Curug di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di Bogor. Kawasan TNGGP memang luas, mencakup Sukabumi, Bogor dan Cianjur. Untuk menuju Curug Cikaracak, Teman Traveler bisa menggunakan kendaraan menuju Dusun Cibeling. Selanjutnya, trekking sejauh 2.5 Km. Curug Cikaracak diapit oleh dua tebing, sawah, sungai, hutan dan kebun. Unik dan jarang ditemui.

Menjelajah curug di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, memberikan pengalaman tersendiri. Demi menjaga kesegaran pikiran dan suasana hati, tempat-tempat yang memberi ketenangan ini bisa menjadi solusi. Jadi kapan nih jelajah Taman Nasional? Jangan lupa ceritakan apa yang Teman Traveler temukan selama di perjalanan ya!