Curug Cipendok, Pesona Alam di Lereng Slamet

Kabupaten Banyumas merupakan salah satu tujuan wisata populer di Jawa Tengah. Kawasan ini menawarkan banyak pesona alam memikat, seperti di Baturaden. Namun selain itu, masih banyak tempat lain yang daya tariknya juga tak kalah menarik. Salah satunya adalah air terjun alias Curug Cipendok.

Tempat ini tawarkan pesona alami dengan panorama yang sungguh memanjakan mata. Letaknya yang berada di lereng Gunung Slamet membuat udara di sini terasa sangat segar. Yuk, simak ulasan selengkapnya soal Curug Cipendok berikut ini.

Pesona Alam di Lereng Slamet

img_20190330_091354_385.jpg
Pemandangan curug (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Curug Cipendok berada tepat di lereng Slamet, gunung dengan tinggi 3.428 mdpl dan kerap disebut-sebut sebagai atap Jawa Tengah. Secara administratif, bentang alam ini masuk dalam wilayah Kabupaten Brebes, Purbalingga, Tegal, Pemalang, serta Banyumas.

Lantaran berada di lereng gunung, air terjun ini tampak begitu asri. Suasana yang ditawarkan cukup tenang, sangat jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor. Lingkungan sekitarnya didominasi pepohonan besar menjulang tinggi.

Curug Alami Mempesona

img_20190330_094227_vGo.jpg
Curug Cipendok dari bawah (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Memasuki area curug, telinga Teman Traveler bakal langsung dimanja irama deburan air. Namun sebelum sampai di tujuan utama, kalian masih harus melewati jalan setapak. Tenang saja, jaraknya tidak terlalu jauh kok. Apalagi lingkungan sekitarnya cukup rindang, dihiasi banyak pepohonan besar menjulang.

Beberapa meter mendekati curug, Teman Traveler bakal mendapat suguhan pemandangan menakjubkan. Kalian dijamin akan terpikat usai melihat air terjun setinggi 92 meter ini dari kejauhan. Derasnya aliran air membuat kawasan sekitar sini terasa begitu sejuk. Gugusan bebatuan di bawah air terjun juga makin menambah daya tarik destinasi ini.

Cocok untuk Liburan Keluarga

img_20190330_092241_gFk.jpg
Lokasi yang masih asri (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Meski berada jauh dari pemukiman, Curug Cipendok sangat direkomendasikan sebagai tempat liburan keluarga. Udara sekitarnya terasa begitu segar, berpadu apik dengan pemandangan hijau. Dijamin bakal membuat Teman Traveler betah berlama-lama di lokasi.

Pengelola juga sudah menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Buat Teman Traveler yang membawa Si Buah Hati, tersedia area khusus dengan permainan anak agar mereka tak bosan. Terdapat sejumlah wahana seru seperti jungkat-jungkit, perosotan, serta ayunan. Selain itu, sudah tersedia pula kamar mandi dan warung-warung sederhana.

Akses Menuju Curug

img_20190330_090244_jcX.jpg
Perjalanan menuju lokasi (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Untuk menyambangi Curug Cipendok, Teman Traveler bisa langsung arahkan kendaraan menuju Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok. Air terjun ini masuk dalam kawasan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, sehingga sepanjang perjalanan kalian bakal disuguhi pemandangan alam luar biasa. Jaraknya juga tak terlalu jauh dari pusat
kota, hanya sekitar 15 kilometer.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di Curug Cipendok. Bagaimana Teman Traveler, sudah punya rencana untuk mampir ke sini? Jangan lupa datang jika sedang menjelajah wisata Banyumas ya.

Tags
Banyumas kontributor Travelingyuk wisata banyumas
Share