Curug Cigentis, Pesona Alam di Tengah Hiruk Pikuk Tangerang

Karawang sering disebut sebagai salah kota industri terbesar Indonesia. Begitu banyak pabrik berdiri di kota Jawa Barat ini. Namun bukan berarti Karawang tak punya kawasan alami nan mempesona, buktinya adalah Curug Cigentis.

Curug Cigentis ada di kawasan Gunung Sangga Buana. Bagi warga Jabar atau ibu kota yang punya rencana liburan, tempat wisata ini bisa jadi salah satu alternatif. Lantas seperti apa istimewanya air terjun ini? Simak penjelasan kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia, berikut ini.

Keindahan Curug Cigentis

Curug Cigentis Rekomendasi Tempat Wisata di Karawang via Instagram luthfinotabi
Curug Cigentis Rekomendasi Tempat Wisata di Karawang via Instagram luthfinotabi

Curug Cigentis menjulang di ketinggian 25 meter dan membentang selebar tiga meter dengan debit air lumayan deras. Pesona keindahannya kian menarik dengan adanya tumbuh-tumbuhan hijau di sekitar tebing. Ada juga kolam-kolam yang bisa digunakan berenang maupun bermain air.

Namun pengunjung tetap harus memperhatikan petunjuk serta area-area yang dianggap berbahaya. Selebihnya, pemandangan alam yang masih asri menjadikan Curug Cigentis pas untuk menghilangkan penat setelah lelah bekerja.

Lokasi dan Rute Menuju Curug

Kolam alami yang ada di Curug Cigentis via Instagram enjoykarawang
Kolam alami yang ada di Curug Cigentis via Instagram enjoykarawang

Curug Cigentis berada di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru. Akses menuju lokasi wisata ini cukup mudah. Pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi ataupun naik kendaraan umum.

Papan petunjuk arah bertebaran di mana-mana. Para pelancong tinggal mengikutinya untuk bisa sampai di Curug Cigentis. Namun jika takut tersesat, bisa langsung menggunakan aplikasi Maps sembari meminta petunjuk arah pada penduduk setempat.

Harga Tiket

Alam yang masih alami di sekitar Curug Cigentis via Instagram curugmania
Alam yang masih alami di sekitar Curug Cigentis via Instagram curugmania

Tiket masuk ke Curug Cigenting relatif murah, 15 ribu rupiah. Namun pengunjung masih harus membayar biaya parkir lima ribu (motor) atau tujuh ribu (mobil). Dari pintu masuk para wisatawan masih harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit sebelum sampai di depan air terjun.

Fasilitas di Curug

Rute bersepeda di Curug Cigentis via Instagram fathul_ain
Rute bersepeda di Curug Cigentis via Instagram fathul_ain

Fasilitas yang disediakan pengelola sudah lengkap, mulai dari toilet bersih hingga area parkir luas. Bagi yang ingin menginap, tersedia beragam tipe penginapan seperti hotel, villa maupun resort Harganya bervariasi tergantung fasilitas.

Jika lebih ingin menyatu dengan alam, di sekitar curug terdapat camping ground yang telah disediakan pengelola. Silahkan mendirikan tenda dan bermalam sembari ditemani merdunya suara aliran air di sekitar air terjun.

Curug Cigentis masih berada dalam kawasan hutan lindung. Di sekitarnya masih ada beberapa air terjun lain yang tak kalah indah. Jika masih penasaran, bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Bandung, Curug Cipanundaan, Curug Cikoleangkak maupun Curug Cikarapyak.

Pengunjung yang membawa anak bisa mengajak sang buah hati bermain di waterboom mini. Lokasi ini juga sering dikunjungi para pecinta mountain bike dan juga menyediakan fasilitas outbond.

Tertarik mengunjungi Curug Cigentis? Langsung saja agendakan liburan bersama pacar, sahabat maupun keluarga. Jangan lupa jaga kebersihan tempat wisata yang disambangi dengan membuang sampah pada tempatnya.

Tags
Jawa Barat Karawang Wisata
Share