Curug Benowo Semarang, Eloknya Tempat Persinggahan Pangeran

Selama ini banyak orang lebih mengenal Semarang dengan kekhasan budaya dan kulinernya. Padahal kota di Jawa Tengah tersebut punya banyak potensi alam luar biasa. Salah satunya Curug Benowo, yang konon pernah jadi tempat persinggahan pangeran.

Curug Benowo terletak di lereng Gunung Ungaran. Suasananya masih begitu alami, udara di sekitarnya terasa segar ketika membelai paru-paru. Cocok sekali dijadikan tempat alternatif untuk mengisi kembali energi setelah sepekan penuh tenggelam dalam kesibukan.

Bertetangga dengan Curug Lawe

Keindahan Curug Benowo
Keindahan Curug Benowo via Instagram budirizal74

Curug Benowo terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Lokasi ini sangat familiar di antara warga sekitar, lantaran sudah terlebih dulu populer berkat kehadiran Curug alias air terjun Lawe. Curug ini tidak kalah indahnya dengan Benowo dan juga ramai dikunjungi wisatawan.

Kedua curug tersebut hanya terpisah beberapa ratus meter saja, namun Benowo sempat kurang populer dibanding saudara tuanya. Hal ini karena banyak wisatawan kurang mendapat informasi dan kemudahan akses. Namun perlahan situasi mulai teratasi usai warga sekitar membuat jalur khusus sehingga pelancong bisa mengunjungi kedua air terjun sekaligus tanpa harus memutar.

Tempat Persinggahan Pangeran

Curug konon pernah disinggahi pangeran
Curug konon pernah disinggahi pangeran via Instagram mif_arifin

Sebelum memulai perjalanan ke Curug Benowo, ada baiknya sobat traveler mengetahui kisah menarik di balik destinasi cantik ini. Menurut warga sekitar, air terjun di lereng Gunung Ungaran ini pernah menjadi tempat singgah Benowo. Beliau dikenal sebagai Pangeran Kerajaan Pajang.

Entah benar atau tidak, Pangeran Benowo konon sering berkunjung ke curug ini. Lama-kelamaan, warga pun menyebutnya sebagai petilasan atau tempat singgah. Dari situlah kemudian muncul nama Curug Benowo.

Perjalanan Menantang

Perjalanan menuju curug
Perjalanan menuju curug via Instagram masmuhamadmuhamad

Dibandingkan dengan jalan menuju Curug Lawe, jalur ke arah Curug Benowo jauh lebih sulit. Bergerak ke Lawe, para wisatawan akan dimanjakan dengan jalan mulus dan lumayan datar. Di sisi kanan-kiri terdapat hamparan hutan hijau yang siap memanjakan mata.

Sementara untuk menuju Curug Benowo, sobat traveler wajib menyiapkan tenaga ekstra. Jalan ke arah sana sedikit menanjak. Selain itu ada banyak bebatuan tajam dan licin. Disarankan untuk sangat berhati-hati dan menjaga konsentrasi jika tak ingin terluka selama perjalanan.

Keindahan Sepadan

Jembatan di depan curug
Jembatan di depan curug via Instagram wahidunited

Namun sobat traveler tak perlu khawatir. Semua peluh yang tercucur dan semua tenaga yang dikerahkan takkan sia-sia begitu saja. Begitu sampai di Curug Benowo, panorama keindahan alam yang luar biasa bakal siap memanjakan mata.

Air di Curug Benowo mengalir deras dari ketinggian 70 meter, terpaut sekitar 20 meter dari Curug Lawe yang lebih pendek. Debet airnya sangat deras, menjanjikan gemuruh dan kesegaran luar biasa. Selain itu di sekitar sana juga terdapat jembatan kayu yang bisa dijadikan titik foto menarik.

Well, itulah sedikit gambaran mengenai daya tarik dan keindahan Curug Benowo. Jadi jika lain kali sobat traveler berkesempatan mengunjungi Semarang, jangan lupa sempatkan diri berkunjung ke destinasi cantik yang pernah disambangi seorang pangeran ini.

Tags
semarang Wisata
Share