Serba Cumi di Surabaya, Meski Hitam Tetap Menggugah Selera

Cumi merupakan salah satu seafood yang memiliki banyak penggemar. Meskipun kerap kali memberikan warna hitam saat diolah, cumi tetap jadi idola. Jika kamu jalan-jalan ke Surabaya ada ragam kuliner yang terbuat dari cumi yang bisa banget untuk dijajal kenikmatannya. Yuk kita intip apa saja cumi di Surabaya.

Nasi Cumi Pasar Atom

Nasi cumi pasar atom, via Instagram/less_tari
Nasi cumi pasar atom, via Instagram/less_tari

Tempat pertama yang bisa kamu coba adalah nasi cumi di Pasar Atom. Lokasi tepatnya berada di Jl. Waspada No. 2-4 Nongkaran, Pabean Cantian. Lokasinya memang sangat sederhana, namun pelanggannya datang seperti tak ada hentinya.

Tak bisa dipungkiri jika pengalaman juga membuat warung ini tetap eksis. Bagaimana tidak, tempat makan ini telah berdiri sejak tahun 1917, dan sekarang telah dijalankan generasi keempat. Untuk menu unggulannya adalah nasi atom dengan rasa yang bikin ketagihan.

Nasi Goreng Cumi BBM Pak Gatot

Nasi cumi pasar atom, via Instagram/surabayafoodies
Nasi cumi pasar atom, via Instagram/surabayafoodies

Alamatnya berada di Blok A1, Jl. Rungkut Mejoyo Utara, No. 19, Kalirungkut, Surabaya. Nasi goreng yang terdapat di tempat ini memiliki kandungan cumi di dalamnya. Karena itulah, warnanya kehitaman. Meskipun begitu, banyak sekali orang-orang yang datang ke sini. Buat kamu yang ingin mencoba nasi goreng cumi di sini, siap-siap antre ya. Meskipun lokasinya sederhana namun pelanggannya berdatangan.

Nasi Cuhima Bu Evy

Nasi cuhima, via Instagram/nasicuhimabuevie
Nasi cuhima, via Instagram/nasicuhimabuevie

Tidak kalah kondang dari yang sebelumnya ada Nasi Cuhima Bu Evy. Pusatnya berada di Bangkalan, cabangnya sudah ada 3. Tempat makan ini sudah legendaris, berdiri 1986 dan menawarkan nasi campur Madura dengan tambahan cumi hitam di dalamnya. Biasanya plating menggunakan daun pisang, membuat rasanya makin nendang.

Rawon Cumi

Rawon cumi, via Instagram/alexanderappi
Rawon cumi, via Instagram/alexanderappi

Satu lagi olahannya yang perlu kamu coba, yakni rawon cumi. Kuliner kuah warna hitam yang biasanya berisi daging sapi ditambah dengan cumi-cumi. Lokasi menjualnya adalah Warung Nasi Cumi-cumi yang terletak di Kawasan Pasar Atom, Surabaya. Kombinasi rawon dan cumi memang akan unik sekali, maka dari itulah jika jalan-jalan ke Suarabay jangan lupa untuk mencobanya.

Cumi memang merupakan seafood yang enak untuk disantap. Jangan lewatkan mencoba tempat makan dengan menu-menu cumi di dalamnya ya.

Tags
cumi di Surabaya Indonesia Jawa Timur kuliner Surabaya
Share