Cukang Taneuh, Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat

Advertisement
Advertisement

Pesisir selatan Jawa memang tidak pernah kehilangan pesona-nya. Mulai dari ujung barat hingga ke ujung timur, terdapat objek wisata eksotis yang khas Indonesia. Di wilayah selatan Jawa Barat terdapat satu kota yang menjadi kebanggaan pariwisata bumi pasundan, yakni Pangandaran. ‘Kota asal-nya’ ibu Susi Pudjiatuti ini selalu menjadi pilihan utama bagi warga Bandung dan sekitarnya untuk liburan.

Cukang Taneuh (c) Arief/Travelingyuk

Selain deretan pantai-pantai cantik-nya yang tidak perlu diragukan lagi, Pangandaran juga menawarkan wisata. Salah satu yang terkenal adalah Cukang Taneuh, atau dikenal dengan nama lain Green Canyon.

Cukang Taneuh berasal dari Bahasa Sunda yang berarti Ngarai Hijau. Cukang Taneuh atau Green Canyon yang ada di Jawa Barat ini dianggap duplikat dari The Original Green Canyon di California, Amerika Serikat. Lokasi Cukang Taneuh sekitar 25 km dari pusat Kota Pangandaran, tepatnya di Desa Kertajaya, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Cukang Taneuh (c) Arief/Travelingyuk

Rute Menuju Green Canyon Menggunakan Kendaraan Pribadi (Dari Bandung)

Akses jalan menuju Green Canyon ini sudah sangat baik. Dari Bandung
ke Pangandaran ataupun Green Canyon membutuhkan waktu 5 hingga 6 jam perjalanan jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Rute terbaik untuk mengakses kawasan wisata ini adalah melalui jalur lintas selatan Jawa. Dari kota Bandung anda berkendara menuju ke arah selatan melewati daerah Rancaekek, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar hingga sampai ke Pangandaran.

Cukang Taneuh (c) Arief/Travelingyuk

Ketika Teman Traveler sudah sampai di Pangandaran, masih membutuhkan waktu sekitar 30 menit lagi untuk sampai ke Kecamatan Cijulang di mana Green Canyon tersebut terletak. Karena kawasan
ini sendiri masih berjarak sekitar 25 kmdari pusat kota Pangandaran.

Cara Ke Green Canyon Dengan
Angkutan Umum (Dari Bandung)

Bagi teman-teman yang tidak memiliki kendaraan pribadi ataupun ingin merasakan sensasi menggunakan angkutan umum, cukup banyak opsi yang dapat dipilih untuk mencapai Cukang Taneuh ini. Bagi teman-teman yang berangkat dari Bandung, opsi terbaik adalah menggunakan jasa angkutan Bus AKDP. Operator yang melayani rute menuju Pangandaran dari kota Bandung adalah PO Budiman. Bus tersebut berangkat setiap hari dari Terminal Cicaheum, Bandung.

Green Canyon Pangandaran
Green Canyon Pangandaran via IG @kelanadmc

Sesampainya di Terminal Pangandaran, anda masih harus melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Cijulang menggunakan angkutan pedesaan. Dan dari Terminal Cijulang teman-teman dapat mencapai lokasi Cukang Taneuh dengan jasa ojek. Cukup ribet, sih. Namun jelas opsi ini menawarkan sensasi perjalanan yang berbeda dibanding berkendaraan pribadi.

Pilihan Untuk Menginap di Sekitar Green Canyon/Pangandaran

Untuk urusan akomodasi penginapan, saya menyarankan teman-teman untuk mencari penginapan di sekitar Pantai Barat Pangandaran saja. Karena selain banyak pilihan penginapan dibanding di daerah Cijulang, kawasan ini cukup ramai sehingga tidak ada kesulitan untuk anda menemukan warung makan, dll. Penginapan di Pangandaran rata-rata belum masuk ke aplikasi travel agent online, oleh karena itu anda
dapat mendatangi satu per satu hotel/wisma yang ada dan nego harga secara langsung dengan staff disana.

Sewa Perahu

Untuk berkeliling seluruh kawasan Green Canyon anda harus menyewa
perahu yang banyak terdapat di pintu masuk tempat ini. Sistem penyewaan perahu di sini adalah sistem borongan dengan maksimal 6 penumpang. Jadi anda harus menyewa satu perahu selama perjalanan tersebut dan tidak dapat membayar orang per orang. Maka itu sangat dianjurkan untuk datang kesini secara berkelompok bersama keluarga, teman-teman ataupun kerabat lainnya.

Cukang Taneuh (c) Arief/Travelingyuk

Selama perjalanan menggunakan perahu anda akan ditemani seorang warga lokal yang merangkap operator perahu sekaligus tour guide. Jangan lupa menyisihkan sedikit uang untuk memberi tip kepada guide tersebut. Sangat disarankan untuk membawa pakaian ganti ketika berkunjung kesini karena anda akan sangat tergoda turun langsung untuk berenang. Merekapun menyediakan semua peralatan untuk berenang seperti pelampung, dll.

Cukang Taneuh (c) Arief/Travelingyuk

Waktu Terbaik Berkunjung ke Green
Canyon

Saat musim kemarau menjadi saat yang paling tepat untuk berkunjung ke Cukang Taneuh alias Green Canyon ini. Karena waktu musim kemarau arus sungai disini cenderung lebih tenang dan juga warna airnya sangat jernih. Anda dapat merasakan sensasi berada ditengah-tengah dua tebing yang menjulang dan air sungai yang terlihat hingga ke dasarnya.

Cukang Taneuh (c) Arief/Travelingyuk

Ketika musim hujan tidak jarang kawasan ini ditutup karena debit air yang tinggi sehingga sangat berbahaya bagi pengunjung untuk melakukan aktivitas wisata disini.

Advertisement
Tags
wisata pangandaran
Share