5 Cuaca Paling Ekstrem yang Pernah Terjadi di Dunia, Ada yang Tewaskan Ratusan Jiwa

Advertisement

Meskipun setiap hari kita selalu bisa membaca prakiraan cuaca melalui stasiun televisi dan mencari di mesin pencarian online, cuaca tetap saja susah diprediksi. Tak jarang, ramalan cuaca meleset dari apa yang sudah diperkirakan oleh para ahli.

Bahkan, ada beberapa kejadian di mana bencana terjadi disebabkan oleh cuaca yang tak bersahabat. Bencana ini tak hanya membuat takut, tetapi juga menelan korban jiwa. Berikut ini, cuaca ekstrem yang terjadi di seluruh dunia.

Bom hujan yang sering terjadi di Midwestern Amerika Serikat

Salah satu tragedi bom hujan atau microburst ekstrem terjadi pada tahun 2016 lalu. Jenis cuaca ekstrem satu ini memang sering melanda daerah Amerika Serikat. Badai hujan yang terjadi di 2016 tersebut terekam dalam video milik Bryan Snyder, menjadi rekaman mengerikan sekaligus langka.

Bom Hujan via washingtonpost.com

Snyder menceritakan bahwa dikatakan bom hujan karena massa air raksasa jatuh ke tanah sekaligus dalam waktu yang sangat singkat. Saat bom hujan terjadi, kecepatan angin akan mencapai 150 mil per jam, sehingga bisa menumbangkan pepohonan di sekitar kejadian. Bom hujan juga hanya akan bertahan selama kurang lebih 10 menit saja.

Badai Ian yang tewaskan ratusan orang

Badai Ian merupakan salah satu badai yang paling dahsyat. Cuaca ekstrem ini menghempas beberapa wilayah di Amerika (di antaranya Florida, North Carolina, dan kawasan lain) pada awal Oktober 2022 lalu. Ada banyak sekali kerugian yang diakibatkan oleh Badai Ian ini.

Badai Ian [sumber gambar]

Kerusakan properti, rumah dan bangunan yang hancur, listrik yang tidak berfungsi, serta ratusan nyawa yang melayang. Berdasarkan laporan dari pihak berwajib, badai ini masuk kategori 4, dengan kecepatan angin maksimum 240 km per jam. Dari kejadian ini, kurang lebih ada 103 korban jiwa yang meninggal dunia.

Hujan es raksasa di Libya

Libya terkenal sebagai salah satu wilayah di Afrika Utara, yang umumnya didominasi oleh gurun. Intensitas hujan juga hanya beberapa tahun dalam setahun. Namun, pada 2020 lalu, wilayah ini mengalami sebuah cuaca aneh, di mana berakhir dengan hujan es raksasa.

Hujan es di Libya via BBC.com

Hujan ini bahkan masuk dalam rekor hujan es dengan butiran es paling besar sepanjang sejarah yang terjadi di Afrika. Foto-foto mengerikan kejadian ini juga mirip dengan film-film bencana yang mirip Geostorm (2017). Duh, mengerikan banget kan?

Penampakan awan setan di Australia

Kita pasti pernah melihat awan dengan berbagai macam bentuk bukan? Namun, pernahkah kamu menemukan awan yang berputar-putar dan membentuk wajah yang seram? Fenomena ini pernah terjadi di Australia pada tahun 2021 lalu –diabadikan oleh seorang fotographer remaja di Australia.

Evil clouds [sumber gambar]

Dalam potret tersebut, terlihat awan yang berputar-putar dan membentuk wajah yang menyeramkan atau disebut juga dengan evil clouds. Uniknya lagi, di balik awan dengan wajah menyeramkan tersebut menyembul pelangi. Foto ini kemudian sempat viaral dan dibagikan oleh ABC South West kepada netizen.

Black Sunday yang menyelimuti Texas

Black Sunday merupakan peristiwa debu hitam tebal yang tiba-tiba menyerang wilayah dataran tengah, Texas. Peristiwa ini terjadi pada April 1935. Debu ini berkecepatan 96 KM per jam, dan menutupi kurang lebih 1000 mil wilayah Texas dan sekitarnya. Akibatnya, ada kurang lebih lima hektar kebun gandum yang hancur.

Black Sunday [sumber gambar]

Ada banyak hewan-hewan yang mati. Kurang lebih 17 korban meninggal akibat pneumonia debu akut dan sesak napas. Selain itu, setengah masyarakat harus rela kehilangan tempat tinggal mereka (yang disapu bersih oleh debu tersebut).

Itulah lima cuaca unik –namun membahayakan yang pernah terjadi di beberapa wilayah di dunia. Cuaca memang tak bisa diramal, oleh karena itu harus tetap hati-hati ya. Saat cuaca buruk, usahakan mencari tempat berlindung yang cukup aman dan jangan berada di luar ruangan.

Advertisement
Tags
awan setan badai Ian black sunday bom hujan cuaca ekstrem di dunia evil clouds Hujan es raksasa
Share