Creative Zone-Riverview, Fasilitas Ruang Publik Baru di Jakarta Pusat

Advertisement

Mau ada rencana ke mana nih buat akhir pekan ini? Buat warga Jakarta yang masih bingung mau ke mana, bisa mengunjungi Creative Zone-Riverview. Fasilitas ruang terbuka yang baru saja diluncurkan ini, cocok untuk kamu yang suka nongkrong sambil ngobrol, kulineran, atau sekedar berjalan-jalan.

Creative Zone-Riverview Bisa Dinikmati Gratis

BUMD JXB atau Jakarta Experience Board baru saja meluncurkan sebuah zona kreatif yang bernama Jakarta Creative Zone Edisi Riverview pada Minggu (11/6/2023) lalu. Fasilitas ruang publik yang juga disebut Creative Zone-Riverview ini merupakan proyek zona kreatif yang pertama kali berada di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Tepatnya berada di antara Banjir Kanal Barat dan Stasiun BNI City.

Fasilitas Ruang Publik di Jakarta Pusat
Foto via Antaranews

Fasilitas ruang publik yang berada di pusat ibu kota ini ditujukan untuk menjadi wadah kreatif bagi masyarakat. Selain itu, juga bisa menjadi tempat wisata yang bisa diakses dengan gratis.

Fasilitas Ruang Terbuka untuk Umum

Letaknya yang berada di samping Sungai Ciliwung, membuat tempat ini cocok untuk nongkrong sekedar duduk-duduk sembari mengobrol atau menikmati kuliner. Tempat ini ditujukan untuk masyarakat yang berkegiatan di tengah kota Jakarta, khususnya daerah Jalan Sudirman. Untuk para pekerja, bisa beristirahat di sini pasca jam kerja. Bagi para pelancong pun cocok untuk mampir dan menikmati waktu di sini.

Fasilitas Ruang Publik di Jakarta Pusat
Foto via Kompas

Khusus hari Minggu, Teman Traveler bisa mampir setelah berkegiatan di CFD. Area ini ditujukan untuk para pejalan kaki, pengendara sepeda pancal, dan pengguna transportasi umum. Tak heran kalau di tempat ini tidak ada lahan parkir khusus untuk kendaraan bermotor.

Fasilitas di Creative Zone-Riverview

Berbagai fasilitas bisa dinikmati mereka yang berkunjung ke Creative Zone-Riverview. Mulai dari tempat aktivitas kreatif, loker penyimpan barang bawaan, hingga tempat cuci sepeda gratis. Buat kamu yang membawa sepeda pancal, di sini tersedia parkir sepeda yang luas dan tersebar di beberapa titik. Ditambah terdapat tempat cuci sepeda yang bisa dimanfaatkan dengan gratis.

Creative Zone-Riverview
Foto via Antaranews

Ada pula toilet super unik bernama smart glass toilet. Seperti namanya, bilik-bilik toilet menggunakan kaca transparan saat tidak digunakan. Tapi begitu pintu dikunci dari dalam, kaca akan berubah menjadi buram dan tak terlihat dari luar. Untuk bisa menikmati fasilitas toilet canggih ini, kamu akan dikenakan biaya Rp5.000. Fasilitas canggih ini mengingatkan kita pada toilet serupa yang ada di Jepang, ya?

Bisa untuk Kulineran

Di Creative Zone-Riverview menyediakan tenant makanan dan minuman yang bisa Teman Traveler nikmati. Kuliner bisa disantap di tempat-tempat duduk yang disediakan, sembari menikmati pemandangan Sungai Ciliwung atau kegiatan orang lalu-lalang.

Creative Zone-Riverview
Foto via Kompas

Kalau lupa tidak membawa uang tunai, kamu tidak perlu khawatir. Semua bisa dibayar cashless menggunakan pindai kode QR. Bahkan, toilet canggihnya pun bisa dibayar secara cashless.

Jam Operasional Creative Zone-Riverview

Creative Zone-Riverview
Foto via Gayakeren

Fasilitas publik ini buka setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WIB. Sedangkan untuk hari Minggu buka lebih pagi yaitu pukul 06.00 – 22.00 WIB. Untuk bisa ke sini, kamu bisa menggunakan sepeda pancal. Bisa juga menggunakan MRT dan turun di Stasiun Dukuh Atas, kemudian berjalan kaki. Untuk pengguna TransJakarta, bisa turun di Halte Stasiun Sudirman kemudian jalan kaki.

Buat kamu yang ingin menghabiskan waktu luang di Creative Zone-Riverview, sebaiknya tidak datang siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. Mengingat area ini tidak dilengkapi atap.

Advertisement
Tags
Creative Zone-Riverview Jakarta Creative Zone Jakarta Experience Board Ruang Publik Gratis di Jakarta
Share