Coto Makassar di Malang Raya, Obat Rindu Perantau

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Coto Makassar di Malang Raya via Instagram @e.sidabalok Coto Makassar di Malang Raya via Instagram @e.sidabalok

Coto Makassar merupakan salah satu varian soto di Indonesia yang memiliki beragam keunikan. Seperti kuahnya yang pekat berkat campuran sekitar 40 rempah-rempah, isian daging sapi plus jeroan, dan disajikan dengan ketupat atau burasa. Bagi perantau di Malang Raya yang kangen penganan ini, bisa cobain di warung Coto Makassar berikut.

Coto Makassar Galunggung

Coto Makassar Galunggung via Instagram @ngalamkuliner
Coto Makassar Galunggung via Instagram @ngalamkuliner

Coto Makassar Galunggung merupakan salah satu tempat kuliner khas Makassar yang sudah cukup populer di Kota Malang. Ia berlokasi tidak jauh dengan universitas, sehingga banyak perantau yang ngekos di kawasan tersebut. Tepatnya berada di Jalan Galunggung Nomor 68, Gading Kasri, Klojen.

Sebenarnya nama dari warung ini adalah Coto Makassar Daeng Rudi, namun memang lebih dikenal dengan sebutan demikian karena terletak di jalan tersebut. Teman Traveler yang kelaparan tengah malam, bisa banget melipir ke sini karena buka selama 24 jam. Harga untuk satu porsinya adalah sekitar Rp25 ribuan.

Coto Makassar Widodaren

Coto Makassar di Malang Raya via Instagram @e.sidabalok
Coto Makassar Widodaren via Instagram @e.sidabalok

Warung lain yang menyediakan Coto Makassar di Kota Malang berada di Jalan Widodaren Nomor 9, Kauman, Klojen. Kalau Teman Traveler tahu gerai Ayam Bakar Wong Solo, nah tempat makan khas Makassar tersebut terletak tepat di belakangnya.

Teman Traveler dapat memesan Coto Makassar isi daging sapi maupun dicampur dengan jeroan. Disediakan juga kuliner lainnya seperti pallu basa dan sop saudara.

Makanan di Coto Makassar Widodaren seharga Rp20 ribuan. Tersedia juga makanan penutup seperti es pisang ijo dan es pallu butung, dengan harga kurang lebih Rp10 ribuan.

Coto Makassar Widodaren ini berlokasi di tengah kota. Jaraknya tidak jauh dari alun-alun Kota Malang dan pusat perbelanjaan kawasan Pasar Besar. Cukup jalan kaki selama 10 menitan.

Coto Makassar Daeng Rudi

Coto Makassar Daeng Rudi via Instagram @kulinerhunter.id
Coto Makassar Daeng Rudi via Instagram @kulinerhunter.id

Selain di Jalan Galunggung, Coto Makassar Daeng Rudi juga buka di Jalan Trunojoyo Nomor 20, Kidul Dalem, Klojen. Warung Coto Makakssar di Malang Raya ini dapat mengobati kangen akan kuliner khas Kota Angin Mamiri.

Tak hanya sajian seperti coto, sop konro, dan pallu basa, Teman Traveler juga bisa menjajal menu ikan bakar yang tidak kalah lezat. Jangan lupa siapkan budget kurang lebih Rp30 ribuan untuk seporsi coto Makassar plus buras.

Coto Makassar Thomaru

Coto Makassar Thomaru via Instagram @annienathali21
Coto Makassar Thomaru via Instagram @annienathali21

Ada lagi warung coto Makassar di Malang Raya tepatnya Jalan Raya Ir. Soekarno Nomor 409, Beji, Junrejo, Kota Batu. Ia berada di rute poros menuju kota wisata tersebut, sehingga mudah ditemukan. Tempat makan ini cukup luas jadi bisa banget sekalian ajakin keluarga buat kulineran.

Teman Traveler dapat menyantap beragam kuliner ala Makassar, di antaranya tentunya coto, konro bakar, dan sop saudara. Sebagai makanan penutup, Teman Traveler cobain saja pisang epe’.

Budget yang harus dikeluarkan tidak mahal, kok. Tidak lebih dari Rp30 ribuan untuk satu mangkok coto dan buras. Pisang epe’nya sendiri dihargai Rp10 ribuan.

Itulah empat warung coto Makassar di Malang Raya yang dapat dijadikan alternatif kalau Teman Traveler rindu kuliner kampung halaman. Siapa, nih, yang anak rantau dari Makassar?