Berfoto dengan Cosplay Hantu di Berbagai Daerah, Menambah Daya Tarik Destinasi Pariwisata di Indonesia

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Cosplay hantu di berbagai daerah, kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah destinasi wisata. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang “digentayangi” oleh para hantu tersebut. Bukan seram, mereka tampak menarik perhatian.

Tidak heran jika banyak wisatawan atau pengunjung yang menyempatkan diri untuk berfoto. Di mana sajakah Teman Traveler bisa menemukan hantu-hantu tersebut? Berikut ulasannya!

1. Hantu di Jalanan Bandung

Kapan Lagi Selfie Bareng Pocong via Instagram/ debby_sinka

Cosplay hantu di berbagai daerah yang pertama dan cukup terkenal adalah Comjurig dari Bandung. Di sudut Jalan Asia Afrika dan Alun-alun Kota Bandung, “hantu-hantu” tersebut bergentayangan sudah sejak empat tahun lalu, bersamaan dengan pelaksanaan KAA beberapa tahun lalu.

Heboh Foto dengan Hantu di Bandung via Instagram/ comjurigbandung

Mereka yang berada di belakang kostum menyeramkan itu sebenarnya adalah seniman jalanan yang tergabung dalam Comjurig. Dengan kostum hantu-hantu terkenal, seperti pocong dan kuntilanak, keberadaan mereka bisa ditemui di Jln. Asia Afrika setiap hari dari pukul 15.00 – 22.00 WIB. Teman Traveler bisa berfoto lalu memberikan uang secara sukarela di kotak yang sudah disediakan.

2. Hantu di Alun-alun Batu

Pocong di Alun-alun Batu yang Menarik Perhatian via Instagram/ patiq_tiq_143

Alun-alun Batu sebagai destinasi wisata sudah terkenal di kalangan banyak wisatawan. Kawasan yang sudah ramai ini semakin ramai dengan hadirnya para “hantu” yang menarik perhatian. Hantu di sini berupa pocong dengan riasan yang tebal. Ekpresi wajah yang dingin, selaras dengan suhu udara di Batu.

Berani Berfoto dengan Pocong yang Ini? via Instagram/ ulvaafrd

Teman Traveler bisa bertemu dan berfoto dengan hantu-hantu di sini pada sore hingga malam hari. Biaya fotonya juga sukarela. Tinggal masukkan ke kotak yang sudah disediakan.

3. Hantu di Titik Nol Jogja

Seramnya Cosplay Hantu di Titik Nol Jogja via Instagram/ fery_tr

Cosplay hantu di berbagai daerah selanjutnya yang menambah daya tarik sebuah destinasi wisata adalah para “hantu” yang ada di Titik Nol Jogja. Teman Traveler bisa berfoto bersama pocong dan berbagai hantu lainnya yang tergabung dalam komunitas Hantu Vredeburg Jogja.

Hantu di Titik Nol Jogja dan Wisatawan via Instagram/ hantvuredeburg

Selain hantu, pemain cosplay juga kerap berdandan menggunakan kostum tokoh kartun yang menggemaskan. Jika ingin berfoto, mereka melayani dengan senang hati. Jangan lupa untuk memberi tips ya. Biasanya, para “hantu” ini mulai berkeliaran di sore hingga malam hari.

4. Hantu di Kota Tua Jakarta

Hantu di Kota Tua Jakarta Takkalah Menarik Perhatian via Instagram/ resypur28

Cosplay hantu di berbagai daerah juga bisa Teman Traveler temukan saat jalan-jalan di Kota Tua Jakarta. Kawasan ini memang kerap diramaikan oleh para cosplayer.

Cosplay di Kota Tua Jakarta Tidak Hanya Hantu via Instagram/ ryu.to_

Bukan hanya berkostum hantu, cosplayer di sini juga berdandan ala tokoh wayang, badut, tokoh film terkenal atau ondel-ondel sebagai ikon khas Jakarta. Keberadaannya bahkan menarik perhatian para turis mancanegara yang sedang berlibur ke sini.

5. Hantu di Alun-alun Subang

Cosplay Hantu Valak di Alun-alun Subang via Instagram/ kandiphotoproject

Saat liburan ke Subang dan ingin jalan-jalan di malam hari, sempatkan untuk mampir ke Alun-alun Subang ya! Di sini, ada juga lho cosplayer hantu yang menarik perhatian. Hantu-hantu seperti pocong, nenek lampir, kuntilanak dan Valak jadi andalan.

Berfoto Bersama Hantu di Alun-alun Subang via Instagram/ liapermatasarifarizi

Komunitas cosplay di sini menamakan diri mereka dengan sebutan HAS (Hantu Alun-alun Subang). Ingin berfoto? Bisa banget! Dengan tips sukarela, Teman Traveler bisa berfoto dengan hantu di sini.

Fenomena cosplay hantu di berbagai daerah ini menambah daya tarik sebuah tempat wisata. Kesan makhluk halus yang semula seram, berubah menjadi menarik perhatian. Ingin berfoto dengan mereka? Agendakan untuk mengunjungi tempat-tempat di atas ya!