Colok Gembrung, Kuliner Legendaris Warisan Budaya Khas Tatar Galuh

Tidak hanya tradisi saja yang kaya, Indonesia juga memiliki ragam kuliner yang bisa dibilang tidak ada habisnya. Ada saja kuliner-kuliner unik dari penjuru negeri yang patut untuk diulik. Misalnya saja ada colok gembrung yang berasal dari Tatar Galuh atau Ciamis. Ini merupakan kuliner yang sangat unik khas Ciamis. Banyak orang berburu colok gembrung dan digunakan sebagai kudapan.

Asal Usul Namanya

Penampakan colok gembrung, Via Instagram ciamis.info
Penampakan colok gembrung, Via Instagram ciamis.info

Colok gembrung ini konon merupakan kata dari bahasa Sunda dari ‘colok’ yang memiliki arti tusuk dan ‘gembrung’ yang merujuk pada bunyi alat musik tabuh yang terbuat dari kulit sapi, semisal beduk. Nama tersebut memang berkaitan dengan bahan pembuatannya, yakni kulit sapi yang dicolok. Selain disebut sebagai colok gembrung, kuliner khas Ciamis ini juga dipanggil dengan sebutan sate jepret ataupun sate kikil.

Bahan Pembuatan

Memiliki tekstur yang kenyal, Via Instagram dezychezy
Memiliki tekstur yang kenyal, Via Instagram dezychezy

Colok gembrung atau yang juga disebut sebagai sate kikil ini merupakan kuliner unik yang terbuat dari bahan dasar dari kulit sapi. Bahan kulit sapi dibakar sebentar kemudian direbus kemudian dipotong-potong lalu ditusuk dengan memafaatkan lidi kelapa. Bentuknya memang mirip dengan sate. Kemudian dilumuri dengan bumbu dari berbagai bahan sehingga rasanya gurih. Teksturnya sedikit kenyal tapi rasanya sangat nikmat. Maka dari itulah banyak digemari.

Lokasi untuk Mencoba Kuliner Ini

Dijual di pinggir-pinggir jalan, Via Instagram indriry
Dijual di pinggir-pinggir jalan, Via Instagram indriry

Colok gembrung merupakan salah satu kuliner tradisional dari Ciamis yang cukup mudah untuk didapatkan. Meskipun cukup mudah didapatkan, kuliner ini tidak selalu di ada di semua tempat. Adanya di pedagang kaki lima. Contohnya saja di pasar-pasar, penjual sayur, warung-warung kecil, sampai dengan kantin sekolah. Tapi, untuk restoran-restoran besar, colok gembrung ini cukup sulit untuk didapatkan.

Harga Colok Gembrung Murah Meriah

Kuliner penuh bumbu, Via Instagram uyung_aria
Kuliner penuh bumbu, Via Instagram uyung_aria

Buat Teman Traveler yang ingin mencicipi kuliner tradisional satu ini, harganya sangat murah. Biasanya, untuk 10 tusuk camilan ini akan dihargai Rp5,000 saja. Harga yang terbilang murah meriah untuk jenis kuliner yang khas dan sudah lama ada di Ciamis. Jika sedang berjelajah ke berbagai tempat wisata di Ciamis, makanan ini bisa menjadi salah satu kuliner yang dicicipi kenikmatannya.

Ditambah kelapa yang bikin rasanya gurih, Via Instagram yuliadeniyomi
Ditambah kelapa yang bikin rasanya gurih, Via Instagram yuliadeniyomi

Gimana, apakah Teman Traveler berminat untuk mencicipi kuliner yang cukup unik satu ini? Terbuat dari kulit sapi, kuliner satu ini tidak terlau ekstrim ya. Maka dari itulah, jangan segan untuk mencoba colok gembrung ini.

Tags
colok gembrung Indonesia Jawa Barat kuliner ciamis
Share