Berkunjung ke Cohunu Park di Australia Barat, Isinya Tidak Hanya Koala

Cohunu Koala Park merupakan suaka marga satwa yang berdiri di atas hutan semak seluas 14 hektar di LOT 103 Nettleton Rd, Byford, Australia Barat. Taman ini didirikan oleh keluarga Sorbello sebagai Cohunu Wildlife Park di situs East Martin pada tahun 1972-1973. 

Sedangkan taman koalanya sendiri baru dibangun pada tahun 1982 di Mills Park Road di Gosnells, dengan empat koala dari Australia Selatan. Kemudian pada tahun 2005, taman ini dipindahkan ke Nettleton Road Byford hingga sekarang dan memiliki 25 koala. Buat ulasan selengkapnya, simak ulasan berikut.

Buka Dari Hari Senin Hingga Minggu

Cohunu Koala Park buka setiap hari mulai jam 10.00 pagi hingga jam 16.00 waktu setempat. Tiket masuk ke taman ini adalah $15 untuk dewasa, $5 untuk anak-anak, dan gratis untuk anak usia di bawah 3 tahun. 

20180508_142025_zgd.jpg
Halaman depan Cohunu Koala Park (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Anda akan disambut dengan halaman luas yang dikelilingi oleh pepohonan saat tiba di wisata Australia Barat ini. Dari luar memang tak tampak seperti sebuah taman suaka margasatwa pada umumnya. Namun, saat anda sudah memarkir kendaraan, anda akan dengan jelas melihat papan petunjuk untuk masuk.

20180508_125051_PQF.jpg
Penunjuk Arah Cohunu Koala Park (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Bisa Melihat Beberapa Macam Hewan

20180508_125916_B7h.jpg
Burung beo di Cohunu Koala Park (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Walaupun nama resminya adalah Cohunu Koala Park, namun tidak hanya koala saja yang bisa anda lihat di sini. Ada beberapa jenis burung menghuni taman ini. Salah satunya adalah seekor burung beo bernama Bill yang akan menyambut anda setelah pintu masuk. 

20180508_130529_qhH.jpg
Kuda poni di Cohunu Koala Park (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Anda juga akan melihat beberapa beo lainnya dalam kandang, burung hantu, burung onta, dan kasuari. Beberapa unggas yang sering kita lihat seperti bebek dan angsa putih juga dipelihara di sini.

Anda juga akan menemukan jenis angsa hitam dan pelikan. Hewan-hewan lainnya yang menghuni Cohunu Koala Park adalah buaya, echidna, hamster,  kanguru dan kuda poni.

cohunu koala park australia barat
Dingo di Cohunu Koala Park (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Namun selain itu, terdapat hewan khas Australia yang berspesies unik yaitu dingo. Sebelumnya dingo disebut sebagai sejenis anjing liar atau serigala. Ternyata sebuah penelitian mengklarifikasi bahwa dingo sebagai predator daratan terbesar di Australia. Dingo memainkan peran penting untuk mengatur populasi kanguru, wallaby, dan juga rubah merah. 

Bisa Masuk ke Dalam Kandang

20180508_132354_lUw.jpg
Peringatan di pintu kandang (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Anda bisa masuk ke dalam kandang kuda poni maupun kanguru untuk melihat lebih dekat. Pastikan setelah anda masuk ataupun keluar, pintu kandang tetap dalam keadaan tertutup agar tidak ada kuda poni maupun kanguru yang ikut keluar setelah anda.

cohunu koala park australia barat
Kanguru yang sedang diberi popcorn (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Selain melihat lebih dekat, anda juga bisa memberi popcorn yang dapat dibeli setelah pintu masuk dengan harga $4. Hewan-hewan itu akan sangat menikmati saat diberi makan. 

Tidak Semua Hewan Ada di Dalam Kandang

cohunu koala park australia barat
Pengunjung berswafoto bersama kasuari di Cohunu Koala Park (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Beberapa hewan tidak dimasukkan ke dalam kandang, sehingga membuat mereka seperti hidup di alam bebas. Tapi tentu saja hal ini berlaku bagi hewan yang tidak berbahaya bagi para pengunjung, seperti berbagai macam unggas dan kasuari. Ada kalanya mereka akan mendekat pada pengunjung yang membawa popcorn. Di waktu yang bersamaan bisa berselfie bersama mereka.

20180508_135440_sFq.jpg
Tempat istirahat di Cohunu Koala Park (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Tidak semua hewan ada di dalam kandang, Cohunu Koala Park pun menyediakan tempat beristirahat di sebuah bangunan yang sekelilingnya diberi pagar. Anda bisa bersantai atau menyantap bekal makan anda di sini. Bangku dan kursi telah disiapkan di bawah pepohonan rindang sehingga membuat suasana nyaman. 

Berfoto Bersama Koala

cohunu koala park australia barat
Berfoto bersama koala di Cohunu Koala Park (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Sesudah mengelilingi taman, pengunjung bisa berfoto bersama koala dengan handphone atau kamera sendiri. Biaya tambahannya $25. Ketentuan untuk berfoto bersama koala adalah tinggi badan pengunjung minimal 140 cm.

Staf dari taman ini akan memberikan alas di dada agar bulu koala tidak menempel langsung pada baju. Kemudian mereka akan memilih salah satu dari koala yang ada untuk diajak berfoto. Sambil menggendong koala seberat kurang lebih 30 kilogram ini, jangan lupa sambil memegang daun eucalyptus, agar hewan ini tetap anteng mengunyah saat digendong. 

Berinteraksi dengan koala dan hewan lainnya di Cohunu Park memang jadi pengalaman menyenangkan saat berada di Australia Barat. Sempatkan mampir bila berwisata di Australia, ya.

Tags
Australia cohunu koala park australia barat kontributor Luar negeri Travelingyuk Wisata wisata australia
Share