Coban Talun, Yuk Puaskan Hasrat Berfoto di Pesona Alam Batu Ini

Sebagai kota wisata favorit di sekitar Malang, Batu miliki beragam destinasi menarik untuk disambangi. Coban Talun termasuk salah satu yang cukup populer. Tak hanya bertualang di air terjun, di sini Teman Traveler bisa puas berfoto-foto ria di berbagai spot menarik yang ada. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Coban Talun

dsc01443_01_wWq.jpeg
Banyak spot foto unik di sini (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Tak heran jika Coban Talun menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan. Di sekitarnya terdapat banyak fasilitas dan wahana menarik yang bisa dinikmati semua usia. Pengunjungnya pun selalu ramai, terutama di akhir pekan.

Namun tahukah Teman Traveler, destinasi ini ternyata juga punya sejarah dan mitos menarik untuk dikulik lho. Salah satunya adalah soal Jembatan Asmara, yang menghubungkan check point dengan air terjun. Diyakini bahwa jika ada sepasang kekasih melintas di sini, hubungan mereka bakal langgeng sampai maut memisahkan.

dsc01269_01_nLK.jpeg
Salah satu spot foto di Coban Talun (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Lain lagi menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat sekitar. Disebutkan bahwa tempat ini merupakan saksi bisu pertemuan Jaya Nalendra, Pangeran Kerajaan Kediri, dengan Dewi Seruni. Ia dulunya dipercaya sedang bertapa di Bukit Kalindra dekat air terjun untuk mencari jodoh. Setelah itu ia lantas bertemu Seruni, yang tak lain adalah putri Ki Ageng Tritih.

Cerita lain yang tak kalah menarik datang dari seputar kawasan camping ground. Banyak yang meyakini bahwa lahan ini merupakan kerajaan jin dan dulunya jadi lokasi pembuangan mayat korban tragedi G30S/PKI. Konon di sekitar sini sering terjadi penampakan makhluk halus dan para pengunjung kerap mengalami kesurupan.

Lokasi

dsc01461_01_uE4.jpeg
Berfoto dengan latar belakang tanaman warna-warni (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Coban Talun berada di kaki Gunung Arjuno, tepatnya di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Batu. Jika Teman Traveler berangkat dari Malang, butuh waktu kurang lebih satu hingga satu setengah jam untuk menuju sini. Buat kalian yang berdomisili di sekitar Batu, hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di sini.

Lokasi air terjun sendiri cukup dekat dengan Taman Rekreasi Selecta, hanya berjarak sekitar tiga kilometer. Bisa jadi solusi pas untuk berakhir pekan bersama teman maupun keluarga.

Hamparan Bunga Cantik

img_9374_01_mtO.jpeg
Banyak spot Instagramable (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Coban Talun berada di ketinggian sehingga udara di sekitarnya terasa begitu sejuk. Datang sekitar sore hari, Teman Traveler akan disambut selimut kabut tipis. Selain itu, tanah di sekitar sini sangat subur. Warga sekitar lantas memanfaatkannya untuk menanam beragam bunga cantik, yang kemudian kerap dimanfaatkan pengunjung sebagai spot foto.

Buat Teman Traveler yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, bisa coba bermalam di Apache Camp. Sesuai namanya, penginapan unik ini dirancang dengan bentuk menyerupai tenda-tenda ala Suku Indian.

Selain itu masih ada Pagupon Camp, yang juga bisa disewa untuk kebutuhan menginap Teman Traveler. Dalam Bahasa Jawa, pagupon sendiri memiliki makna sangkar burung merpati.

Pengelola Coban Talun juga sediakan beberapa fasilitas menarik di sini, seperti penyewaan ATV, kafe, dan juga toko suvenir. Dijamin Teman Traveler bakal puas menghabiskan waktu liburan di sini.

Tiket Masuk

img_9392_01_dwo.jpeg
Dam di sekitar coban (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Selain beberapa keseruan yang sudah disebutkan sebelumnya, pengelola Coban Talun juga sudah menghadirkan beberapa fasilitas seperti toilet umum, musholla, deretan warung makan, toko suvenir, serta penginapan. Sementara untuk tiket masuknya, per orang hanya perlu membayar Rp10.000. Untuk biaya parkir, akses masuk taman bunga, Camp Apache, dan Pagupon, masing-masing dibanderol Rp5.000.

Itulah sekilas mengenai Coban Talun, sebuah destinasi bernuansa alam dengan sederet keseruan dan fasilitas lengkap di sekitar Malang. Buat Teman Traveler yang sedang menjelajah wisata di Kota Bunga, jangan lupa mampir ke sini ya.

Tags
kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share