Coban Siuk, Pemandangan Alami dengan Bonus Air Terjun Mini di Dalamnya

Advertisement
Advertisement

Air terjun memang menjadi destinasi wisata yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Mengunjungi Kabupaten Malang kita bisa menemukan banyak sekali air terjun indah dan masih sangat alami. Salah satu air terjun itu bernama Coban Siuk. Kalau ada yang berencana berwisata ke air terjun indah ini, simak informasi penting berikut.

1. Jalanan Mulus Menuju Lokasi Coban Siuk

coban siuk
Jalanan menuju coban (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kondisi medan jalanan menuju coban bisa dibilang sangat bagus dengan aspal yang mulus. Walaupun begitu bukan berarti jalanannya tidak menantang. Lokasi wisata yang harus ditempuh dengan melewati jalur lereng pegunungan membuat jalannya naik turun dengan beberapa kelokan tajam. Hal ini menjadi keseruan tersendiri dalam perjalanan.

2. Lokasi Coban Siuk

coban siuk
Bagian depan Coban Siuk (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Air terjun ini berlokasi di Dusun Krajan, Desa Taji Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Coban ini bisa kita tempuh dari Kota Malang maksimal dalam waktu sekitar 1,5 jam. Rute yang kita tempuh adalah melewati Jl. LA. Sucipto mengarah ke Tumpang. Tepat setelah gerbang masuk Kecamatan Tumpang, kita cukup berbelok ke kiri di sebuah pertigaan. Setelah itu kita cukup mengikuti petunjuk yang sudah tertulis jelas di jalanan, sampai kita menemukan sebuah gerbang masuk lokasi wisata Coban Siuk yang ada di sebuah tikungan jalan.

coban siuk
Jembatan menuju coban (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasi wisata yang masuk ke dalam tepian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, membuat suasananya sangat asri layaknya sebuah hutan yang sangat alami dan hijau. Masuk ke area parkir pun kita disambut dengan pemandangan indah pepohonan dengan sebuah jembatan bambu yang menyatu dengan alam. Untuk mendapatkan semua kealamian objek wisata ini kita cukup membayar Rp5.000.

3. Suasana yang Masih Terjaga Keasriannya

coban siuk
Salah satu sudut coban (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Memang benar objek wisata ini sudah dikelola dengan baik, terlihat dengan adanya jembatan bambu yang menghubungkan kita ke area parkir.  Selain itu kebersihan tempat ini sangat terjaga, begitu juga dengan kealamia serta keasriannya.

coban siuk
Jalan setapak menuju coban (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Keasrian objek wisata makin kita rasakan saat berjalan menuju arah lokasi air terjun berada. Di kanan-kiri jalan setapak kalian masih akan mendapati rerumputan liar dengan tanaman yang menghijau. Selain itu pengelola menambah indah suasana dengan menanam beberapa tanaman hias, ada juga fasilitas untuk istirahat berupa gubuk bambu.

Air terjun dari kejauhan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Semakin berjalan jauh ke arah lokasi air terjun, kita akan mendapati tanaman hijau dan juga pepohonan yang rimbun. Memang tidak semua tumbuh alami, tapi justru tanaman-tanaman tersebut semakin memperindah pemandangan. Dari kejauhan di antara celah-celah pepohonan kita juga bisa melihat indahnya Coban Siuk.

4. Aliran Sungai yang Indah

Aliran sungai (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sebelum menikmati keindahan air terjun, di perjalanan kita akan disuguhi indahnya aliran air sungai yang sangat segar dan jernih. Memandang ke arah sungai ini sangat menyenangkan, karena perpaduan bebatuan yang ada di sungai dengan pepohonan yang menghijau di tepian sungai membuat suasana semakin syahdu.

5. Menikmati Indahnya Air Terjun

Air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan mendekat ke arah air terjun kita akan mendengar suara gemuruh dari derasnya air Coban Siuk. Dari kejauhan pun kita bisa melihat aliran deras air terjun yang sangat indah berpadu dengan tanaman-tanaman indah yang tumbuh di depan air terjun.

Air terjun dari jarak dekat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan mendekat ke air terjun kita akan semakin merasa kalau air terjun ini selain lumayan tinggi, airnya deras, tapi juga sangat indah untuk dipandang berlama-lama. Duduk berlama-lama menikmati pemandangan air terjun ini tentu tidak akan bosan, ap lagi di depannya ada bunga-bunga mungil berwarna merah jambu yang tumbuh lebat. Tentunya jangan cuma dipandang saja, keindahan ini siap kita abadikan ke dalam jepretan kamera.

6. Mampir ke Coban Sisir

Coban Sisir (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Satu hal menyenangkan kalau kita berkunjung ke Coban Siuk yaitu mendapat bonus berupa air terjun lain bernama Coban Sisir. Walaupun tidak terlalu tinggi dan deras, tapi keunikan air terjun yang tampak seperti sisir dengan aliran air yang sangat lembut menjadi pesona tersendiri dari Coban Sisir.

Untuk kalian yang ingin destinasi wisata air terjun yang alami, bersih, terawat, dan juga sangat murah, Coban Siuk ini adalah pilihan yang tepat. Apalagi ditambah bonus sebuah air terjun lain yang sangat indah dan menyenangkan. Jadi, jangan lupa dimasukkan daftar destinasi jalan-jalan selanjutnya ya.

Advertisement
Tags
coban siuk Indonesia Jawa Timur Kabupaten Malang kontributor Wisata
Share