Asrinya Coban Siuk Malang Cocok untuk Piknik!

Wawa Yasaruna

Wawa Yasaruna

On Indonesia
Aliran air di Coban Siuk Aliran air di Coban Siuk

Bicara soal destinasi Malang, seolah tak ada habisnya. Pilihannya beragam, mulai dari pantai, wisata, hingga kuliner. Namun jika Teman Traveler sedang cari panorama eksotis, saya rekomendasikan mampir ke Coban Siuk.

Air terjun di kawasan Tumpang, Kabupaten Malang ini tawarkan panorama luar biasa indah. Posisinya sangat strategis, berdekatan dengan Coban Jahe, Sari, Jodo, Cinde, dan Pitu. Namun kali ini saya akan membahas soal Coban Siuk saja. Yuk, simak pengalaman saya selama berada di sana.

Relatif Sepi

img_3495_2Eq.JPG
Masih relatif sepi (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Coban Siuk masih jarang diketahui. Jaraknya kurang lebih sekitar 13 kilometer dari jalan raya. Suasananya relatif sepi. Jalan-jalan ke sini, Teman Traveler kemungkinan besar hanya akan bertemu warga setempat yang tengah sibuk mencari kayu.

Air Terjun Siuk bisa dibilang masih ‘virgin’. Lingkungan sekitarnya sangat bersih dan terjaga. Benar-benar tawarkan pesona alam yang menarik. Jarang ada manusia sehingga Teman Traveler bisa rasakan ketenangan alamnya. Tapi tenang, tetap ada petugas yang menjaga kok. Tarif masuknya cukup murah. Saya hanya perlu bayar Rp10.000 untuk dua orang plus satu sepeda motor.

Aliran Sungai Bening

img_3678_Y9A.JPG
Aliran airnya menyegarkan (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu berjalan terlalu jauh dari parkiran untuk mencapai air terjun ini. Sembari mengayun langkah, kalian bakal disuguhi pemandangan indah sungai kecil bening nan asri. Buat kalian yang suka main air, bisa sekalian nyebur di sini.

Cocok untuk Piknik

img_3674_VnS.JPG
Jalan menuju air terjun (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Fasilitas yang tersedia di Coban Siuk cukup mendukung untuk berpiknik
ria. Ada banyak gazebo untuk beristirahat. Pemandangan yang disuguhkan berupa panorama alam asri.

Selain itu masih ada area camping. Buat yang ingin berlama-lama, jangan lupa bawa bekal beragam ya. Tapi jika lupa membawa, jangan khawatir. Di sini ada warung makan buat kalian ingin kongkow dengan nuansa alam sejuk.

Terdapat Dua Air Terjun

img_3672_0lb.JPG
Menikmati segarnya air terjun (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Selain air terjun utama Coban Siuk, Teman Traveler juga bisa menyambangi air terjun mini bernama Coban Sisir. Asyik kan, kalian jadi bisa dapat dapat dua panorama air terjun sekaligus!

Meski jalan dari area gerbang menuju tempat wisata cukup terjal, masih bisa bisa dilewati sepeda motor kok. Namun jika Teman Traveler merasa kurang aman, langsung saja parkir kendaraan di gapura dan lanjutkan dengan berjalan kaki ke Coban Siuk. Jika ingin, kalian juga bisa mampir ke Coban Jidor. Selamat mencoba!