Coban Rambat Trenggalek, Penggila Wisata Alam Wajib Mampir

Pesona alam Kecamatan Bendungan di Kabupaten Trenggalek memang luar biasa. Daerah yang terkenal dengan nasi gegok dan Kopi Van Dilem-nya ini punya sebuah air terjun indah bernama Coban Rambat. Akses jalan menuju sana bisa dilintasi dengan mudah menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Tawarkan Suasana Asri

Pesona keindahan Coban Rambat (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Destinasi wisata di dataran tinggi Desa Dompyong ini tawarkan pemandangan hijau dengan nuansa alam yang masih sangat asri. Cocok untuk dijadikan tempat alternatif melepas penat di akhir pekan.

Ketika saya datang ke sana, nampak beberapa warga sekitar yang berprofesi sebagai peternak sapi serta berjualan aneka makanan. Dengan ramah saya sempat menyapa mereka.

Gerbang masuk menuju air terjun (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Lantaran letaknya di kawasan pegunungan, perjalanan menuju sini lumayan menyita waktu Teman Traveler. Jika berangkat dari alun-alun Trenggalek, kalian harus menempuh jarak kurang lebih 18 kilometer. Tapi tak perlu risau, begitu sampai kalian akan langsung dimanja panorama indah khas lingkar Pegunungan Wilis.

Dekat Agrowisata Dalem Wilis

Keindahan coban dari atas bukit (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Begitu melewati lereng Kecamatan Bendungan, salah satu pusat penjaja kuliner Nasi Gegok, Teman Traveler tinggal lurus saja. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di kawasan puncak. Tak jauh dari sini, kalian akan menemukan destinasi wisata Air Terjun Rambat.

Jalan setapak menuju air terjun (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Jalan menuju air terjun sebenarnya masih cukup jauh, namun Teman Traveler tak perlu khawatir. Suguhan pemandangan indah di sekitar sini akan jadi hiburan tersendiri. Jika beruntung, kalian bisa melihat para peternak sapi sedang beraktivitas.

Dari segi posisi, Coban Rambat sebenarnya cukup strategis. Lokasinya berdekatan dengan agrowisata Dilem Wilis. Artinya sesudah puas menjelajah air terjun, kalian bisa lanjutkan perjalanan untuk mampir ke destinasi bernuansa edukatif tersebut. Jaraknya kira-kira hanya 15 menit.

Pancarkan Nuansa Romantis

Keindahan yang menghipnotis (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Dengan aliran air jernih dan gugusan batuan hitam nan eksotis, Air Terjun Rambat sangat recommended untuk Teman Traveler kunjungi. Begitu pertama menginjakkan kaki di tempat ini, kalian bakal disambut suara air terjun yang meneduhkan.

Merasa lelah usai perjalanan jauh? Deretan gazebo beratap jerami bisa Teman Traveler singgahi. Di sini kalian bisa melihat indahnya deretan bunga warna-warni yang menyita perhatian. Tampak begitu indah dan pancarkan nuansa romantis, tak heran jika kawasan ini juga jadi pilihan melepas penat bagi mereka yang sudah berpasangan.

Gazebo untuk bersantai (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Coban Rambat bisa jadi alternatif bagi Teman Traveler yang sudah bosan dengan Goa Lawa, pantai, atau wisata lain di sekitar Kota Kripik Tempe. Di sini kalian bisa mampir ke sejumlah gardu pandang yang sajikan pemandangan luar biasa indah, bikin mata susah berpaling. Daerah sekitarnya dikelilingi deretan pohon pinus yang bikin suasana jadi sejuk.

Hadirkan Fasilitas Lengkap

Keindahan tersembunyi di Kecamatan Bendungan (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Destinasi alam satu ini juga sediakan fasilitas lumayan lengkap, semuanya bisa dinikmati pengunjung secara cuma-cuma. Asyiknya lagi, tidak ada tarif atau tiket masuk. Selama berada di dalam, kalian bisa memanfaatkan fasilitas seperti MCK dan gazebo tanpa ada biaya tambahan.

Jika perut sudah mulai keroncongan, mampirlah ke salah satu warung warga sekitar untuk cicipi sejumlah kuliner lokal. Harganya dijamin murah dan cukup memuaskan lidah.

Aneka tanaman cantik di sekitar coban (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan ke Coban Rambat. Jika penasaran dengan keindahan tempat ini, langsung saja meluncur ke Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan. Pesona alamnya yang masih asri dijamin bakal bikin Teman Traveler enggan pulang. Mau ajak siapa nih untuk berpetualang di wisata air terjun ini?

Tags
coban rambat kontributor Travelingyuk Trenggalek wisata trenggalek
Share