Coban Rais Batu, Magisnya Kenangan Manis

Setiap liburan Teman Traveler pasti mengharap bakal bisa membuat banyak kenangan manis tak terlupakan. Agar bisa jadi kenyataan, bergantung pada siapa yang diajak dan juga destinasinya. Nah, buat kalian yang sedang jalan-jalan di Malang, bisa coba mampir ke Coban Rais.

Air terjun yang sejatinya masuk wilayah Batu ini sangat pas dijadikan pilihan destinasi untuk ciptakan berbagai kenangan manis. Di sekitarnya ada segudang spot keren, wahana, dan fasilitas memadai. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap Coban Rais berikut ini.

Air Terjun di Lereng Panderman 

Air Terjun di Lereng Gunung Panderman (C) Willy/Travelingyuk
Air terjun di lereng panderman (c) Willy/Travelingyuk

Lantaran berada di lereng Gunung Panderman, Coban Rais menawarkan udara sejuk. Kawasan sekitarnya dikelilingi pepohonan rindang. Air terjunnya sendiri berada di ketinggian sekitar 1.025 meter di atas permukaan laut, dengan kemiringan hampir 90 derajat tanpa tingkatan.

Coban Rais (c) Willy/travelingyuk
Air terjun nampak dari kejauhan (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Dari jarak kurang dari 20 meter saja, Teman Traveler sudah bisa langsung merasakan segarnya air terjun lewat terpaan angin yang membawa butir-butir air. Sensasinya benar-benar alami khas belantara. Sungguh jadi sebuah pesona yang takkan pernah bisa kalian lupakan.   

Jalur yang Menantang

lrm_export_101602124820147_20190731_112035513_Owy.jpeg
Jalur menuju coban cukup menantang (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Beda dengan Coban Rondo yang letaknya begitu dekat dengan tempat parkir, di sini Teman Traveler masih harus berjalan kurang lebih tiga kilometer sebelum bisa menikmati keindahan air terjun setinggi sekitar 75 meter ini. 

Jalur menuju Coban Rais (c) Willy/travelingyuk
Jalan menuju air terjun (c) Willy Handoko/Travelingyuk

Siapkan tenaga dan bekal yang cukup karena Teman Traveler bakal harus menaklukkan jalur penuh tantangan. Kalian akan menyebrangi aliran sungai, memanjat batu, serta melewati pepohonan besar. Sebaiknya jangan berkunjung saat musim hujan karena arus sungainya bisa semakin deras sewaktu-waktu. Kemungkinan kalian tak bakal bisa menyeberang sama sekali.

Wahana Seru untuk Liburan Keluarga 

Batu Flower Garden Coban Rais (c) Willy/travelingyuk
Batu Flower Garden (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Air terjun ini memang tidak direkomendasikan untuk pengunjung yang membawa keluarga. Selain jauh, aksesnya juga masih berupa jalan setapak. Namun tidak perlu risau, anak-anak bisa habiskan waktu di beragam wahana menarik di sekitar area parkir.

Berbagai wahana di Batu Flower Garden yang bisa di Coba (C) Willy/Travelingyuk
Petunjuk arah di Batu Flower Garden (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Selain taman bermain lengkap dengan arena outbond, ada juga wahana ATV mengelilingi hutan Pinus. Sempatkan juga mampir ke Batu Flower Garden yang terkenal penuh bunga warna-warni. Untuk masuk sini, Teman Traveler cukup bayar tiket tambahan sebesar Rp25.000.  

Rumah Hobbit yang Unik

Rumah Hobbit Coban Rais (c) Willy/travelingyuk
Rumah Hobbit Coban Rais/Willy Singgih/Travelingyuk

Selain Batu Flower Garden yang begitu keren, spot foto kekinian lain yang tak kalah menarik di sini adalah Rumah Hobbit. Lereng bukit hijau di kawasan air terjun disulap menjadi perkampungan suku kerdil ala film Lord of The Ring.

Rumah Hoobit Coban Rais (c) Willy/travelingyuk
Berpose dengan latar rumah hobbit (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Teman Traveler berfoto di halaman penuh bunga sambil menikmati pemandangan bukit-bukit di kejauhan. Untuk masuk sini dan mengambil foto sepuasnya, kalian juga diwajibkan merogoh kocek ekstra sebesar Rp25.000.

Kulineran Sambil Santai

Tempat Nongkrong di Coban Rais (c) Willy/travelingyuk
Tempat istirahat di sekitar coban (c) Willy/Travelingyuk

Alam di sekitar Coban Rais memang masih begitu rindang, cocok untuk bersantai bersama teman maupun keluarga. Teman Traveler pilih ingin leyeh-leyeh di kafe atau gazebo. Salah satu warung bahkan sajikan fasilitas rumah pohon dan ayunan. Jika lapar, tinggal pesan makanan atau beli roti goreng.

Sekedar tips, jangan lupa bawa lotion anti nyamuk agar bebas gigitan serangga. Soalnya cukup mengganggu Teman Traveler, apalagi jika kalian menggunakan celana pendek.

Kuliner Coban Rais (c) Willy/travelingyuk
Penjual roti goreng (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Sebagai informasi tambahan, Teman Traveler bisa menyewa ojek dari parkiran menuju wahana dan Taman Coban Rais. Tarifnya Rp10.000 untuk sekali perjalanan. Bisa dicoba jika sudah tak kuat lagi mengayun langkah.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di sekitaran Coban Rais. Bagaimana Teman Traveler, tertarik menghabiskan pekan di kawasan air terjun cantik ini?

Tags
Batu kontributor Travelingyuk wisata batu
Share