Coban Pelangi, Corak Keindahan Abadi di Malang

Coban Pelangi adalah salah satu dari tiga air terjun di Desa Gubug Klakah . Lokasinya searah dengan jalur menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, bisa ditempuh dengan waktu perjalanan kurang lebih satu jam dari Malang.

img_7462_compress97_JYF.jpg
Loket masuk Coban Pelangi (c) Adam Fahreza/Travelingyuk

Sesuai namanya, Coban Pelangi tawarkan pesona keindahan unik berupa spektrum warna indah yang muncul di sekitar alirannya. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya selama menjelajah di sana Teman Traveler.

Murah Meriah

img_7427_compress80_BQ4.jpg
Jalan menuju coban (c) Adam Fahreza/Travelingyuk

Coban ini mulai dibuka pada 2000 oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Malang dan langsung jadi salah satu destinasi wisata populer. Selain relatif mudah dijangkau, tiket masuknya juga cukup murah. Per orang hanya perlu membayar Rp10.000an, plus biaya parkir Rp5.000an. Tempatnya sendiri buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

Berjalan Menuju Air Terjun

img_7422_compress41_ml8.jpg
Denah lokasi coban (c) Adam Fahreza/Travelingyuk

Dari loket masuk, Teman Traveler masih harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 800 meter sebelum sampai tujuan utama. Selama perjalanan kalian bakal disuguhi pemandangan tebing menjulang tinggi di sisi kiri. Jika tak ingin repot, kalian bisa memanfaatkan jasa ojek motor maupun kuda.

Teman Traveler juga bakal melewati Rainbow Hill, komplek wisata lain yang berada di sekitar coban. Untuk masuk dan menikmati keindahan di sini, kalian harus membayar tiket ekstra seharga Rp10.000an.

Sebelum mulai berjalan kaki, Teman Traveler sebaiknya melihat denah lokasi yang sudah disediakan pengelola. Kalian akan mendapati bahwa di sini hanya ada satu jalur untuk menuju coban. Medannya sedikit terjal, namun masih cukup mudah diakses.

Teman Traveler dijamin takkan merasa lelah karena selama perjalanan kalian bakal dikelilingi pemandangan alam menakjubkan. Kalian juga takkan merasa sendirian lantaran tiap hari selalu saja ada pengunjung datang ke sini.

Fasilitas Warung dan Mushola

img_7428_compress25_Qs3.jpg
Mushola (c) Adam Fahreza/Travelingyuk

Ditengah-tengah perjalanan Teman Traveler akan temukan warung dan mushola. Jadi kalian tak perlu khawatir harus meninggalkan ibadah jika waktunya sudah tiba. Sementara jika perut sudah keroncongan, tinggal mampir ke warung untuk hilangkan lapar. Kalian juga bisa membeli bekal minuman agar tak dehidrasi selama perjalanan.

Lewati Jembatan Bambu

img_7431_compress74_i5U.jpg
Jembatan menuju coban (c) Adam Fahreza/Travelingyuk

Jika sudah sampai di Jembatan Bambu, itu artinya Teman Traveler sudah hampir sampai di Coban Pelangi. Struktur ini sangat kokoh kok, jadi kalian tak perlu khawatir jika hendak melintas. Di sini kalian bakal melihat aliran sungai jernih, dengan suara khas yang bikin suasana terasa syahdu.

Teman Traveler juga bisa berhenti sejenak untuk merasakan kesegaran airnya. Boleh juga sekadar cuci muka maupun tangan. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan ya. Pengelola sudah sediakan sejumlah tempat sampah di beberapa titik kok.

Menikmati Keindahan Coban

coban pelangi
Keindahan Coban Pelangi (c) Adam Fahreza/Travelingyuk

Begitu sampai di tujuan utama, Teman Traveler akan lihat aliran air dari ketinggian bakal menciptakan butiran-butiran air yang membiaskan cahaya matahari. Hal ini menyebabkan munculnya fenomena spektrum warna mirip pelangi.

Semua lelah yang Teman Traveler rasakan bakal seolah terbayar lunas usai melihat fenomena indah tersebut. Apalagi jika sudah merasakan segarnya cipratan air di sekitar sini, bakal ada sensasi tersendiri yang bikin kalian merasa gembira. Semua pemandangan yang tercipta benar-benar sangat memanjakan mata.

coban pelangi
Salah satu spot foto di coban (c) Adam Fahreza/Travelingyuk

Coban di Malang ini juga memiliki banyak spot foto menarik. Teman Traveler bisa turun mendekati aliran air untuk mendapatkan angle terbaik. Namun ingat, tetap hati-hati karena kita tidak pernah tahu seperti apa kondisi alam.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah Coban Pelangi. Jika Teman Traveler sedang berada menjelajah wisata Malang dan mendambakan pesona alam menarik, jangan lupa mampir ke sini ya. Selamat jalan-jalan!

Tags
Coban Pelangi Indonesia kontributor Malang Travelingyuk Wisata wisata malang
Share