Coban Parang Tejo, Air Terjun Indah di Kaki Gunung Buthak

Sudah bukan hal yang asing lagi, kalau Kabupaten Malang adalah surganya air terjun. Bahkan, sampai di kaki gunung pun kita bisa menemukan surga tersembunyi tersebut. Seperti Coban Parang Tejo yang berlokasi di kaki Gunung Buthak. Apabila Teman Traveler ingin menyaksikan keindahannya, simak uraian di bawah ini, yuk.

Lokasi Coban Parang Tejo

coban parang tejo
Gerbang masuk air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bagi yang ingin berkunjung ke sini, Teman Traveler bisa datang ke daerah Princi Gading Kulon, Dusun Godean, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Untuk menuju tempat ini, dari arah Kota Malang ataupun Kota Batu kalian bisa mengambil rute ke arah destinasi wisata Predator Fun Park.

Selanjutnya cukup mengikuti rute yang sudah tertera jelas di jalanan sampai ke lokasi tujuan. Dibutuhkan waktu 45-50 menit perjalanan dari Kota Malang. |Sedangkan dari Kota Batu perjalanan hanya sekitar 30 menit untuk sampai ke tempat tujuan.

Spot Menarik di Jalur Tracking

coban parang tejo
Dua patung kayu di jalur tracking (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah masuk ke dalam area wisata Coban Parang Tejo, kalian akan langsung disuguhi spot menarik. Spot pertama berupa sebuah gapura berbentuk seperti manusia yang terbuat dari kayu. Dilengkapi juga dengan atap berupa tanaman menjalar yang rimbun.

coban parang tejo
Jembatan kayu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk lebih dalam, Teman Traveler akan mendapati sebuah area berfoto. Berupa jalan atau jembatan kayu yang berada di sela-sela hutan pinus. Dijamin deh kalau berfoto di sini hasilnya akan sangat bagus.

Ada Camping Ground dan Tempat Menarik Lain

List tempat menarik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Saat perjalanan, kalian akan mendapati beberapa tulisan yang merupakan tempat menarik di sekitar kaki Gunung Buthak. Ada camping ground, Taman Peterpan, Rumah Kulu-kulu, outbound anak dan tentunya air terjun. Tulisan-tulisan tersebut berada di dalam tanda anak panah yang sekaligus berfungsi untuk mengarahkan pengunjung.

Gerbang Peacock Pine Forest (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Nah, beberapa di antara pilihan lokasi tadi, tempat yang masih digunakan dengan baik adalah camping ground. Tempat ini masih sering digunakan berbagai komunitas untuk melakukan camping. Salah satunya adalah anggota TNI yang sering menjadikannya tempat camping saat mendaki bersama ke Gunung Buthak.

Lokasi Air Terjun yang Sangat Teduh

Jalan menuju Coban Parang Tejo (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Daya tarik dari Coban Parang Tejo ini adalah lokasinya yang sangat teduh. Bukan air terjunnya saja, tapi jalur menuju air terjun pun juga dipenuhi pepohonan yang rimbun. Hal inilah yang membuat banyak orang senang mengunjunginya, karena tak perlu takut kepanasan meskipun cuaca sedang panas-panasnya.

Air Terjun yang Sudah Terlihat dari Kejauhan

Air terjun dari kejauhan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau kalian sudah mendekat ke air terjun, Teman Traveler akan mendapati pemandangan yang sangat indah. Adalah Coban Parang Tejo yang terlihat dari kejauhan. Air mengalir indah di dinding tebing dan dihiasi pohon rindang di sekitarnya. Panorama ini akan membuat para wisatawan semakin semangat mendekati air terjun.

Airnya Sangat Jernih

Air terjun dari dekat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ketika sudah sampai di air terjun, kalian akan melihat gagahnya Coban Parang Tejo. Memang aliran airnya tidak begitu deras saat musim kemarau. Tapi, itu semua tidak melumpuhkan keindahan dari air terjun satu ini.

Kolam di bawah air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di bagian bawah, kalian bisa menemukan kolam-kolam air di antara bebatuan. Airnya sangat jernih dan suhunya pun begitu dingin. Sehingga kalian bisa mandi di dalamnya yang dapat menjadi obat lelah karena sudah berjalan lama menuju air terjun.

Keindahan air terjun ini bisa kalian nikmati hanya dengan Rp15 ribu. Walaupun murah, namun Teman Traveler tidak akan rugi datang ke sana. Jadi, kapan kalian berlibur ke sini?

Tags
Coban Parang Tejo Indonesia Jawa Timur Kabupaten Malang kontributor Wisata
Share