Coban Kodok Batu, Beneran Banyak Kodoknya Nih?

Hah, Coban Kodok? Apa banyak kodoknya? Mungkin itu yang pertama terbayang usai Teman Traveler mendengar nama destinasi ini ya. Tenang saja, saya sendiri sudah membuktikan bahwa wisata Batu ini tak seperti yang dibayangkan.

Sebaliknya, air terjun di kawasan Batu ini justru sangat indah. Asyiknya lagi, tanpa membayar tiket masuk, Teman Traveler bisa menikmati keindahan dua coban sekaligus. Tertarik? Yuk, simak ulasannya.

Air Terjun Indah di Daerah Batu

Coban Kodok dilihat dari atas (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Coban Kodok berada di Pujon, Batu. Lebih tepatnya di Dusun Gumul, Desa Sukomulyo. Jika Teman Traveler berangkat dari arah Cafe Sawah Pujon, bisa lurus langsung. Kalian akan menemukan jalanan menurun sebelum melewati jembatan sungai kecil.

Berikutnya, perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki karena lokasi Coban Kodoko berada tepat di sumber aliran sungai. Persiapkan alas kaki yang tepat agar perjalanan Teman Traveler tetap nyaman.

Arah menuju coban (c) Rudiyanto/Travelingyuk
Area perkebunan warga (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Dari jalan raya, destinasi satu ini cukup dekat. Teman Traveler hanya perlu berjalan kaki sekitar 30 menit, melewati perkebunan penduduk. Harap hati-hati ya, jangan menginjak tanaman. Jangan sampai acara liburan kalian merusak kelestarian alam dan mata pencaharian penduduk sekitar.

Mengagumi Indahnya Coban Kodok 1 

Coban Kodok 1 dari kejauhan (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kawasan ini memiliki dua air terjun. Penduduk sekitar menamainya Coban Kodok 1 dan 2. Coban pertama cukup mudah diakses. Dari kejauhan pun sudah kelihatan, lantaran aliran airnya menjulang hingga setinggi 70 meter.

Pemandangan di sekitarnya cukup indah (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Pesona keindahan di sini benar-benar menakjubkan Teman Traveler. Sayangnya, lingkungan sekitarnya sedikit kotor. Banyak botol berserakan. Bisa jadi aliran air di coba ini berasal dari salah satu sungai dekat pemukiman warga sekitar.

Penjelajahan Menuju Coban Kodok 2

Perjalanan menuju air terjun kedua (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Berikutnya Teman Traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Coban Kodok 2. Kalian bisa abil rute arah balik dari air terjun pertama, namun tidak sampai jalan raya.

Begitu memasuki area perkebunan, Teman Traveler akan melihat bangunan yang biasa digunakan para petani untuk beristirahat. Dari sini, kalian bisa langsung naik ke atas dan menyusuri jalan setapak untuk sampai ke tujuan.

Air terjun kedua (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Coban kedua ini tingginya hanya sekitar 30 meter, namun aliran airnya sudah terlihat dari kejauhan. Dibanding air terjun pertama, air terjun ini relatif bersih. Tidak terlihat ada sampah. Debit airnya memang tidak terlalu besar, namun hal tersebut tak mengurangi pesona keindahannya.

Berfoto sambil mengagumi keindahan sekitar (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Itulah pengalaman saya mengunjungi Coban Kodok. Bagi Teman Traveler yang ingin berkunjung ke sini, sebaiknya bawa perbekalan cukup. Pasalnya tidak ada tempat yang menjual makanan dan minuman di sekitar sini. Selamat berlibur, jangan lupa mampir jika sedang jelajah wisata Batu ya. Mau ajak siapa. nih?

Tags
Batu Coban kodok batu Indonesia kontributor Travelingyuk wisata batu
Share