Coban Jidor, Keindahan Eksotis di Kawasan Jabung

Sudah bukan rahasia, wisata alam Malang memang sungguh memesona. Apalagi jika bicara air terjun, jumlahnya cukup banyak. Nah, salah satu yang cukup recommended untuk dikunjungi adalah Coban Jidor.

Air terjun di Dusun Bendolawang Ngadirejo, Jabung, ini berdekatan dengan Coban Jodo, yang berada persis di atasnya. Jika berangkat dari Malang, Teman Traveler cukup arahkan kendaraan ke arah Pakis dan Tumpang, melewati Jl. LA. Sucipto. Setelah sampai di gapura selamat datang, ambil kiri dari arah pertigaan dan ikuti petunjuk arah menuju coban.

Gapura selamat datang (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Teman Traveler cukup membayar biaya parkir Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Jika menumpang kendaraan roda empat, kalian bisa parkir di jalanan depan rumah warga.

Jalur Tracking Naik Turun yang Indah

Trekking menuju air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Coban Jidor adalah air terjun yang berada di kawasan jurang dan perbukitan. Jalur trekkingnya bisa dibilang cukup mudah, karena mulus dan terawat. Di sisi kanan dan kiri, terdapat tanaman bunga yang menyejukkan suasana.

Jalan Eksotis di Bawah Tebing

Jalur di bawah tebing (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada satu hal menarik ketika menyusuri jalur menuju Air Terjun Jidor. Teman Traveler bakal mendapati sebuah jalan di bawah tebing indah berwarna kecoklatan. Sekujur permukaannya ditumbuhi tanaman merambat dan akar pohon. Terlihat sangat eksotis. Berjalan di sini dijamin takkan bosan.

Tebing batu eksotis (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak jauh dari sini, Teman Traveler akan mendapati spot foto berupa papan kayu menggantung di pinggir tebing. Sayangnya, tangga menuju sana sudah rusak. Tapi tak perlu khawatir, kalian masih bisa mengabadikan keindahan sekitar sini sambil berdiri di atas bebatuan besar.

Spot Tetesan Air dari Dinding Tebing

Tetesan air dari tebing (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak berhenti di situ, Teman Traveler juga bisa melihat indahnya Parang Tetes. Dinamakan demikian karena saat berjalan di bawahnya, Teman Traveler akan merasakan tetesan air dari dinding tebing. Memasuki musim hujan, tetesannya akan makin deras.

Mandi di Segarnya Aliran Sungai

Aliran sungai dekat air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Begitu sampai di dasar jurang, yang pertama Teman Traveler lihat adalah sungai dengan aliran air deras nan jernih. Begitu menyentuh kulit, rasanya bakal segar dan dingin. Tak heran jika sungai ini sering digunakan anak-anak kampung setempat untuk mandi serta bermain, terutama di sore hari.

Spot Foto Jembatan Bambu

Jembatan bambu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di atas aliran sungai ini, ada sebuah jembatan bambu yang akan mengarahkan Teman Traveler ke Coban Jidor. Jangan sampai dilewatkan begitu saja ya. Banyak foto-foto bagus bisa kalian ambil di sekitar sini lho.

Merasakan Kesegaran Coban Jidor

Berfoto di depan coban (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Begitu sampai di air terjun, jangan kaget kalo aliran air di sini tidak terlalu tinggi. Tapi jangan salah Teman Traveler, arusnya cukup deras lho. Kolamnya juga sangat jernih, wajib mandi jika kalian sedang berkunjung ke sini.

Berpose ala yoga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan Coban Jidor. Salah satunya adalah dengan beryoga. Teman Traveler bisa berpose tepat di depan gemuruh air terjun. Pasti bakal sangat mengesankan, apalagi ditemani suasana alami plus cuitan burung yang menenangkan.

Jika ingin menjelajah lebih jauh, di ujung bebatuan yang menghadap air terjun terdapat sebuah goa. Bisa Teman Traveler manfaatkan sebagai spot berfoto.

Tersedia Akomodasi Baik dan Terawat

Lahan parkir di sekitar air terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lingkungan di sekitar Coban Jidor sangat terawat. Dari area depan kalian akan melihat sebuah lahan parkir motor tertata rapi dan bersih. Dilengkapi atap, Teman Traveler tak perlu khawatir kendaraan bakal terkena panas dan hujan. Di sekitar sini juga terdapat banyak bunga indah yang makin mempercantik suasana.

Area toilet (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tak hanya area depan, fasilitas umum di sekitar coban juga cukup terawat. Di tengah-tengah perjalanan, Teman Traveler akan mendapati bangunan toilet dari kayu. Meski sederhana, kondisinya sangat bersih dan indah, dengan tanaman bunga di sekitarnya.

Gubuk kecil (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika ingin melepas lelah sejenak, Teman Traveler bisa beristirahat di gubuk-gubuk kecil yang tersedia. Kalian tak perlu khawatir kesulitan mencari tempat untuk mengisi tenaga di tengah perjalanan pulang atau pergi dari air terjun.

Taman Bunga Indah

Taman bunga indah (c) Travelingyuk

Kawasan di sekitar Coban Jidor memang dirancang seindah dan semenarik mungkin agar wisatawan betah berlama-lama. Tepat di sisi sungai dekat air terjun, terdapat sebuah taman bunga yang tertata apik dan indah. Di sini Teman Traveler bisa berfoto atau sekedar duduk-duduk, istirahat mengisi tenaga sebelum pulang.

Lantaran lingkungan sekitar Coban Jidor sudah sangat indah dan rapi, sebagai pengunjung Teman Traveler tentu harus ikut membantu menjaganya. Jangan buah sampah sembarangan dan merusak apa yang sudah ada. Bagaimana, siap mampir ke sini ketika liburan di Malang?

Tags
Coban Jidor kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share