Nongkrong Asik Beralaskan Air di Tengah Hutan Belantara Malang

Advertisement

Weekend mau ke mana nih? Tentunya bermain ke alam akan menjadi pilihan yang sangat seru buat para petualang. Kalau Teman Traveler berada atau sedang megunjungi Kabupaten Malang, tidak ada salahnya mencari destinasi air terjun, karena Malang terkenal akan keindahan dan kealamiannya yang masih terjaga. Salah satunya Coban Tarzan, tapi kalau Teman Traveler ke sini juga akan mendapatkan spot lain yang tak kalah menarik. Spot itu namanya Corban Kali Jahe atau Coban Jahe 3. Tentu sangat menyenangkan bisa mendapat 2 air terjun di satu lokasi yang sama. Penasaran keindahannya? Simak ulasan berikut ini ya.

Lokasi Coban Jahe 3 Dan Coban Tarzan

Coban Jahe 3 Dan Coban Tarzan (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Coban Jahe 3 Dan Coban Tarzan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Wilayah Kabupaten Malang yang terkenal banyak menyimpan air terjun indah ada di wilayah pegunungan atau perbukitan. Sama halnya dengan Coban Tarzan dan Coban Jahe 3 ini yang terletak di wilayah tepian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tepatnya di Dusun Krajan, Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Perjalanan menuju lokasi ini dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit dari pusat Kota Malang. Rute yang dilalui adalah menuju Tumpang melalui Jl. LA. Sucipto. Kemudian Teman Traveler cukup mengikuti petunjuk yang ada. Begitu memasuki kawasan Tumpang Teman Traveler akan menjumpai banyak petunjuk lokasi yang terpasang di jalanan.

Pesona 2 Air Terjun Dalam Satu Lokasi

Pesona Air Terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Pesona Air Terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk ke area air terjun, Teman Traveler cukup membayar Rp10.000 saja dan sebenarnya ada 2 wisata lain juga, yaitu Coban Jahe 1 dan Jahe 2. Tapi yang terletak di satu lokasi yang sama adalah Coban Tarzan dan Coban Jahe 3. Kedua air terjun ini memang terletak di lokasi yang sama, hanya saja di persimpangan jalan, Teman Traveler akan menemui 2 jalan berbeda. Lurus ke atas untuk ke Coban Tarzan, dan belok kiri menyeberangi sungai untuk ke Coban Jahe 3. Tapi disarankan untuk ke Coban Tarzan terlebih dahulu karena lokasinya cukup menyita waktu untuk berjalan kaki yakni sekitar 15 menit.

Keeksotisan Air Terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Keeksotisan Air Terjun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasi air terjun Coban Tarzan memang sedikit jauh ke atas dari Coban Jahe 3. Jalanan yang menanjak dan terjal akan Teman Traveler lewati. Ketika musim hujan, Teman Traveler akan mendapatkan debit air yang lebih banyak tapi tetap jernih. Sayangnya Teman Traveler akan kurang leluasa untuk memotret seluruh sisi coban mengingat terbatasnya area pelataran air terjun, karena tertutup tanaman liar. Tapi justru kealamiannya ini yang akan membuat Teman Traveler takjub.

Air yang Jernih dan Menyegarkan (c) Welly Handoko/Travelingyuk
Air yang Jernih dan Menyegarkan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah puas berlama-lama di Coban Tarzan, Teman Traveler bisa turun menuju Coban Jahe 3. Rute yang akan Teman Traveler tempuh ke lokasi ini lumayan mudah. Hal tersulitnya hanya ketika menyeberang sungai di depan air terjunnya saja. Batuan yang licin dan kadang bergerak saat Teman Traveler injak menjadi tantangan utama.

Air terjun Coban Jahe 3 ini adalah aliran dari Coban Tarzan yang ada di atasnya. Walaupun lebih pendek dari Coban Tarzan, tapi Teman Traveler lebih leluasa mendapatkan spot foto di tempat ini. Hal yang tidak boleh Teman Traveler lakukan di Coban Jahe 3 ini adalah mandi di area bawah air terjun.

Advertisement
Tags
Coban Jahe 3 Coban Tarzan Wisata Air Tejun di Malang
Share