Coban Danyang, Air Terjun Indah Tersembunyi di Kabupaten Pasuruan

Advertisement
Advertisement

Kabupaten Pasuruan ternyata punya banyak permata indah di dalamnya. Salah satunya adalah Coban Danyang. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun mempunyai pesona yang pasti memanjakan mata. Kalau kalian penasaran dengan keistimewaan coban ini, bisa simak ulasan berikut.

Air Terjun di Tengah Pedesaan

coban danyang
Penampakan Coban Danyang (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Air terjun ini terletak di Desa Tuwoyono, Kecamatan Pesrapen, Kabupaten Pasuruan. Air terjun ini sebenarnya berasal dari sungai yang airnya mengalir ke bebatuan besar. Namun, karena bebatuan tersebut sangat indah, maka air yang jatuh melewatinya juga nampak memesona.

Rute menuju Coban Danyang

coban danyang
Art Balance di air terjun (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Untuk menuju ke air terjun ini, dari arah Malang kalian bisa mulai dari pertigaan Purwosari ke jalur Pasuruan. Kemudian dilanjutkan ke arah Wisata Bakti Alam, dari sana kaliand bisa langsung menuju arah Desa Tuwoyono. Apabila kalian masih bingung, bisa tanya warga setempat.

Asal Mula Nama Coban

dsc_0185_wzn.JPG
Pohon besar di depan coban (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Air terjun ini dinamakan Coban Danyang, karena ada alasan tertentu. Yaitu sebelum masuk ke area coban, ada sebuah pohon besar yang dipercaya penduduk sebagai tempat penunggu dari perintis desa tersebut. Atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan Danyang. Menurut warga sekitar, nama penunggu pohon besar tersebut adalah Mbah Dewi.

coban danyang
Pintu masuk coban (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Itulah beberapa ulasan mengenai Coban Danyang. Keindahannya, dijamin membuat kalian betah berada di sana. Ayo, tunggu apalagi, segera agendakan berkunjung ke wisata Pasuruan gratis satu ini.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor pasuruan. coban danyang Wisata
Share