Tiga Coban Cantik Batu, Bisa Dikunjungi Sekali Perjalanan

Siapa tidak kenal Batu, kota dingin penuh sejuta keindahan mulai dari wisata gunung, paralayang, deretan coban cantik Batu dan lain-lain. Tak ayal, Kota Apel sering menjadi jujukan wisatawan, domestik maupun mancanegara. Hanya sekedar hunting foto, maupun menginap untuk liburan bersama keluarga.

Teman Traveler penasaran ingin tahu seperti apa serunya menjelajah tiga coban cantik Batu dalam sekali perjalanan? Mari kita simak penuturan kontributor Travelingyuk, Rudiyanto.

Kali ini aku bersama sohib kentalku, mencoba menelusuri daerah Madirejo di Pujon, Batu. Kata orang-orang sekitar, ada tiga coban yang bisa dikunjungi dalam satu perjalanan

1. Coban Supit Urang

Kondisi Jalan
Perjalanan menuju Coban Supit Urang (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Dari arah Kota Batu menuju ke arah Pujon desa Madiredo, setelah masuk daerah Madirejo bisa tanya ke warga sekitar arah menuju Coban Supit Urang karena tidak banyak petunjuk arah menuju coban tersebut.

Setelah jalan beraspal, jalur berikutnya hanya bisa dilewati sepeda motor karena jalan sudah rusak dan banyak batu- batuan. Sebaiknya urungkan niat berkunjung ke sini jika musim hujan karena kemungkinan jalan sulit dilewati.

Setelah sekitar 30 menit menunggang sepeda motor dan melewati jalan berbatu, kami sampai di pos loket dan tempat parkir. Sayangnya pos tersebut sudah sepi dan tidak ada orang sama sekali, mungkin karena sepinya wisatawan yang berkunjung kesini. Motor bisa diparkir di belakang pos dan kunci setir demi keamanan. Jangan lupa berdoa agar perjalanan terus lancar.

Toilet di dekat Coban Supit Urang sudah terbengkalai (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Perjalanan dari pos loket menuju Coban Supit Urang memakan waktu sekitar 45 menit. Harus ekstra hati-hati sebab jalan setapak sudah tertutup rerumputan dan bisa menyebabkan jatuh terperosok. Terlihat beberapa bekas warung dan toilet mangkrak alias terbengkalai. 

Coban Supit Urang (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Coban Supit Urang sangat indah karena airnya jernih dan segar. Apalagi dikelilingi bukit-bukit tinggi sehingga menambah keeksotisan air terjun yang masih sangat alami ini.

2. Coban Undakan

Tangga kayu menuju Coban Undakan (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Satu-satunya jalan dari Coban Supit Urang menuju Coban Undakan adalah melalui tangga kayu. Selain itu ada juga tali tambang yang bisa digunakan untuk berpegangan.

Jalan menuju Coban Undakan (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Agak merinding juga ketika menaiki tangga bambu tersebut karena cukup tinggi dan khawatir sewaktu-waktu patah mendadak. Tapi syukurlah aku bersama temanku berhasil naik keatas tanpa kendala apapun. Perjalanan pun di lanjut dan harus ekstra hati hati karena jalan setapak tidak terlihat jelas, tertutup rerumputan. 

Coban Undakan (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Sama seperti Coban Supit Urang, Coban Undakan pun airnya sangat jernih dan segar. Alirannya melewati susunan batu hitam, seolah membentuk struktur berundak mirip tangga.

Panorama di sekitar Coban Undakan (c) Rudiyanto/Travelingyuk

3. Coban Watu Talang

Jalan menuju Coban Watu Talang (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Jarak Coban Undakan ke Coban Watu Talang sebenarnya cukup dekat. Hanya dengan mendaki batu-batu di sekitar sudah bisa sampai. Tapi karena permukaannya licin, sebaiknya mencari jalan alternatif.

Jalur tersebut bisa ditemukan di sebelah kanan Coban Undakan. Teman Traveler harus sedikit mendaki dan perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Jalan menuju Coban Watu Talang (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Coban Watu Talang sebenarnya hanya berupa lekukan batu besar yang di aliri air. Debit air dari bukit di atasnya cukup kecil, jadi tidak begitu terlihat seperti air terjun. Watu Talang hanya mengandalkan curahan air hujan sehingga airnya baru terlihat mengalir deras ketika musim hujan.

Pemandangan dari atas Coban Watu Talang (c) Rudiyanto/Travelingyuk

Dari atas Coban Watu Talang pemandangan cukup indah. Nampak hamparan pemandangan Kota Batu dikelilingi bukit-bukit yang indah. Suasananya juga nyaman untuk sekedar berbaring dan istirahat.

Bagi Teman Traveler yang berniat menjelajah indahnya wisata Batu, tiga coban cantik Batu di atas bisa di jadikan destinasi. Kalian bakal bisa sedikit menikmati serunya berpetualang di tengah hutan dan menikmati panorama cantik nan alami.

Tags
Batu coban di batu Jawa Timur Travelingyuk Wisata
Share