Chinatown di Makassar, Wisata Instagenic yang Sarat Akan Sejarah

yaumil

yaumil

On Indonesia

Etnis Tionghoa diperkirakan sudah menapakkan kaki di Makassar sejak abad ke-14. Informasi ini tercatat pada nisan pekuburan Tionghoa di sekitar Pasar Sentral. Bahkan, ada satu kawasan yang didominasi oleh pemukiman masyarakat dan dikenal sebagai China Town. Seperti tempat wisata di Makassar lainnya, tempat ini juga ramai dikunjungi oleh traveler. Mau tahu seperti apa tempatnya? Yuk baca ulasannya di bawah ini.

Deretan Bangunan Masa Penjajahan yang Instagenic

China Town di Makassar [image source]
Umumnya etnis Tionghoa tinggal di sekitar Jalan Jampea, Sumba, dan Sulawesi. Kawasan ini kemudian dikenal dengan nama China Town. Bangunannya masih mempertahankan ciri khas zaman penjajahan Belanda di masa lampau. Beberapa di antaranya terlihat rusak dan usang akibat kerusuhan tahun 1998, namun tak jarang wisatawan menjadikannya latar swafoto mereka.

Bangunan Instagenic [image source]

Indahnya Klenteng Legendaris Xian Ma

Klenteng Xian Ma [image source]
Di sekitar kawasan ini terdapat banyak klenteng menawan. Salah satunya Xian Ma, yang juga dijuluki Istana Naga Sakti. Letaknya di Jalan Sulawesi No. 112. Tempat peribadatan ini sudah berdiri sejak tahun 1864 dan terkenal seantero negeri. Pengunjungnya pun tak hanya dari etnis Tionghoa saja, namun juga wisatawan yang ingin sekedar mengabadikan gambarnya.

Ibadah di klenteng [image source]

Asal Muasal Kuliner Mie Kering Tercipta

Mie Awa [image source]
Kuliner khas Makassar banyak berasal dari tangan kreatif masyarakat Tionghoa. Salah satunya adalah mie kering yang terkenal. Awalnya hidangan ini dibuat oleh Ang Kho Tjao dan diwariskan kepada tiga anaknya, yaitu Hengky, Awa’, dan Titi. Ketiga nama ini menjadi populer dengan warung makan mereka masing-masing di sekitar kawasan China Town.

Mie Titi [image source]

Serunya Perayaan Tahun Baru Imlek

Perayaan cap go meh di China Town di Makassar [image source]
Perayaan tahun baru Imlek selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kawasan ini disulap dengan dekorasi yang identik dengan budaya Cina. Tak hanya itu, aksi pertunjukan seperti barongsai juga menjadi suguhan utamanya. Ragam kuliner juga dijajakan di lokasi acaranya. Pagelaran ini diadakan setiap tahun di sepanjang Jalan Sulawesi.

Banyak dekorasi yang cantik di China Town Makassar [image source]
Kawasan Chinatown sarat akan sejarah dan menjadi tempat wisata di Makassar wajib kamu datangi. Tak perlu pikir panjang lagi, segera berangkat!