Chinatown Bandung, Secuil Tiongkok di Kota Kembang

Ingin jalan-jalan dan merasakan serunya wisata Bandung dengan suasana tak biasa? Teman Traveler bisa mampir ke Chinatown Bandung di Jalan Klenteng no 41. Tempat menarik ini buka dari pukul 10.00 hingga 21.00, bebas kalian kunjungi seharian.

Museum Chinatown

Sudut khusus tentang sejarah barongsai (c) Helga Christina/Travelingyuk

Masuk ke kawasan ini juga tak butuh biaya banyak lho Teman Traveler. Pengunjung dewasa cukup merogoh Rp30.000 untuk tiket. Sekilas dari depan, Chinatown Bandung mungkin terlihat mungil. Namun begitu masuk, kalian akan menyadari bahwa destinasi unik ini ternyata cukup luas.

Wahana pertama yang bakal Teman Traveler temukan di sini adalah Chinatown Museum. Kalian akan diajak melihat sejarah bangsa Tiongkok di Indonesia. Terdapat beberapa koleksi barang-barang lawas yang dulunya digunakan para perantauan Tionghoa di Nusantara, mulai dari sepeda tua, panci, mesin jahit, serta aneka peralatan makan.

Temaram Lampion Bikin Suasana Hidup

Spot foto selfie (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler sebaiknya mengunjungi Chinatown Bandung malam hari, ketika deretan lampion dihidupkan. Temaram cahayanya akan membuat pemandangan sekitar semakin cantik, membuat kalian seolah-olah benar berada di China.

Chinatown Bandung memiliki beberapa area kecil, masing-masing mengusung tema berbeda. Teman Traveler bisa menemukan replika ruang tamu jaman dulu, yang ditata rapi lengkap dengan perabotan seperti meja, kursi, TV, dan lainnya. Tak hanya itu, semua arsitektur bangunan di sini juga dibuat sedemikian rupa hingga mirip seperti di Tiongkok.

Penyewaan Kostum

Penyewaan kostum (c) Helga Christina/Travelingyuk

Oh ya, Chinatown Bandung juga menyediakan jasa penyewaan kostum lho. Pas banget buat Teman Traveler yang ingin berfoto-foto dengan suasana otentik. Pilihannya beragam, mulai dari kostum anak hingga dewasa. Bisa kalian sewa dengan modal mulai Rp200.000.

Bagi yang ingin dijepret oleh fotografer profesional dengan kamera mumpuni, bisa memanfaatkan jasa foto. Murah kok, Teman Traveler cukup bayar Rp4.000 per soft copy foto.

Jembatan melengkung khas Tiongkok (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sesuai dengan tema, seluruh kawasan Chinatown Bandung didominasi warna merah. Kawasan ini juga dilengkapi taman dan jembatan melengkung khas Tiongkok, cocok banget dijadikan tempat berfoto.

Lapar? Jangan khawatir, Teman Traveler bisa mencicipi beberapa makanan bercita rasa Asia di sini. Kalian juga bisa berbelanja aneka suvenir di toko khusus. Mereka menjajakan aneka barang-barang lucu bernuansa klasik, mulai dari peralatan makan, mainan jadul, hingga snack lawas.

Spot Selfie Khusus

Salah satu sudut foto selfie (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler juga akan menemukan beberapa spot foto Instagenic dengan tema ala film-film mandarin. Selain itu masih ada barongsai, yang kian menambah kental suasana oriental di Chinatown Bandung.

Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan habiskan waktu jalan-jalan di Chinatown Bandung? Adakah di antara kalian yang tertarik datang ke sini dalam waktu dekat?

Tags
Bandung kontributor Travelingyuk wisata bandung
Share