4 Cara Unik Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia, Ada yang Berjalan Mundur

Firdha Rahma

Firdha Rahma

On Indonesia

Agustus menjadi bulan yang istimewa bagi Indonesia. Oleh karenanya, banyak masyarakat yang antusias untuk menyambut hari kemerdekaan tanah air kita.  Bukan hanya sekedar upacara atau mengikuti lomba, tapi juga melakukan hal nyeleneh. Seperti apa ya kira-kira? Simak ulasan tentang cara unik sambut kemerdekaan di bawah ini. 

Pendaki Cilik Jelajah Gunung Merbabu 

cara unik sambut kemerdekaan
Ilustrasi pendaki cilik via instagram/harrytanthe

Mendaki gunung untuk menyambut ulang tahun Indonesia, sepertinya sudah biasa. Tapi, bagaimana kalau yang mendaki adalah anak laki-laki berusia 11 tahun? Itu termasuk hal yang tak biasa dilakukan oleh anak seumurannya. Bocah bernama Fayyadh Qaisar Syafiq asal Tangerang akan mendaki Gunung Merbabu pada tanggal 15 sampai 17 Agustus 2019. 

Teman Traveler tak perlu khawatir akan keselamatannya, karena anak yang akrab disapa Fayyadh ini akan berpetualang dengan ayahnya. Bahkan, Fayyadh juga sudah berpengalaman mendaki gunung-gunung besar yang ada di Pulau Jawa. Seperti Gunung Gede, Cikurai, Puncak Kencana dan masih banyak lagi. 

Jalan Mundur dari Tulungagung ke Jakarta 

cara unik sambut kemerdekaan
Berjalan mundur via youtube/AGTV News

Cara tak biasa lainnya yang dilakukan untuk menyambut kemerdekaan pada tahun ini adalah  berjalan mundur dari Tulungagung menuju Jakarta. Hal ini dilakukan oleh Medi Bastoni yang mempunyai tujuan tertentu. Ia mengatakan bahwa berjalan mundur merupakan aksi mengajak masyarakat untuk menengok ke belakang sejenak. Dengan maksud mengenang jasa para pahlawan yang telah berusaha keras untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Nikah Massal di Wall Climbing 

Menikah di Wall Climbing via instagram/radarjogja

Universitas Muhammadiyah Magelang juga turut melaksanakan hal unik untuk penyambutan kemerdekaan. Yaitu menikahkan 17 pasang pengantin yang acaranya disebut dengan Nikah Bareng Agustusan. Uniknya, mahar pernikahannya berupa bendera merah putih dan pengucapan naskah proklamasi. Lalu untuk lokasinya, dibagi ke beberapa tempat, salah satunya adalah wall climbing

Mengibarkan Bendera di Akuarium Raksasa 

Mengibarkan bendera di akuarium raksasa via youtube/iNews Portal

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ancol juga tak mau ketinggalan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Kali ini, destinasi wisata tersebut akan kembali menggelar pengibaran bendera di akuarium raksasa. Bedanya dengan tahun lalu, Ancol akan mempersembahkan atraksi kolonel bersenjata dalam air. 

Pengibaran bendera dan atraksi kolonel bersenjata akan dilakukan di dalam akuarium dengan kedalaman enam meter di antara ribuan ekor ikan. Pengibaran bendera ini juga akan dilakukan penyanyi muda Aaliyah Massaid yang tentunya didampingi oleh para penyelam profesional.

Dari dulu masyarakat Indonesia selalu punya cara unik untuk sambut hari kemerdekaan. Itu dilakukan bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi juga bermaksud mengenang para pahlawan yang telah tiada. Jadi, mari kita beri tepuk tangan meriah untuk mereka yang rela lakukan hal tak biasa untuk menyambut kedatangan hari kemerdekaan.