Begini Lho Caranya Blogmu Bisa Menghasilkan Uang, Langsung dari Ahlinya!

Pada tanggal 3 Desember 2016 kemarin, #NgopiBarengTiket mampir di kota metropolitan paling besar di kawasan Indonesia Timur, yaitu Makassar. Acara #NgopiBarengTiket kali ini menjadi ajang berkumpulnya para blogger Makassar. Selain bisa dapat teman baru, tentunya bisa menimba ilmu bersama mengenai dunia blogging langsung dari ahlinya.

Blogger gathering #NgopiBarengTiket kemarin mengundang Mbak Mugniar, blogger senior yang sudah dikenal, tak hanya di Makassar, namun juga di Indonesia. Mbak Mugniar ini merupakan ibu dari 3 anak yang ternyata menemukan passionnya di bidang tulis menulis. Dengan dipandu Mbak Nuniek Tirta sebagai moderator, Mbak Mugniar bagi-bagi ilmu bagaimana mencari rejeki lewat blog. Sudah siap?

Mulai Menulis Karena Suka

Blogger Gathering #NgopiBarengTiket di Makassar
Blogger Gathering #NgopiBarengTiket di Makassar

Belakangan memang banyak yang membagi cerita jika lewat blog bisa mendapat uang. Akhirnya banyak yang memulai membuat blog dengan harapan bisa juga mengais dollar. Dalam blogger gathering #NgopiBarengTiket kemarin, mbak Mugniar menjelaskan bahwa ada proses panjang sebelum akhirnya tulisannya diakui dan bisa mendapat rejeki dari blog miliknya. Mbak Mugniar mulai menulis blog sejak tahun 2006. Seperti kita semua dan kebanyakan, blog hanya diisi sebatas curhatan. Dan mulai tahun 2011, mbak Mugniar menyadari bahwa menulis adalah passionnya. Kemudian mabk Mugniar juga ingin mewariskan tulisan-tulisannya untuk anak dan cucunya kelak. Karenanya, dimulailah menulis yang bermanfaat dan mengandung pesan. Baru di tahun 2012, ngeblog menjadi salah satu pintu rejeki bagi mbak Mugniar.

Temukan Konten yang Menarik dan Khas

NgopiBarengTiket di Makassar
NgopiBarengTiket di Makassar

Mbak Mugniar juga menjelaskan, power dari sebuah blog adalah kontennya. Coba temukan konten yang menarik dan pastinya kita pahami dengan benar. Konten tersebut harus dibungkus juga dengan tulisan yang menarik. Tak perlu menggunakan bahasa yang susah agar terlihat pintar. Bahasa yang mudah dipahami justru akan membuat tulisan kita menarik banyak pembaca. Percantik blog dengan ornamen-ornamen lucu dan menarik. Penting nih agar pembaca nggak bosan setiap kali mampir ke blog kita.

NO COPAS!

Mbak Nuniek Tirta dan Mbak Mugniar #NgopiBarengTiket (image source)
Mbak Nuniek Tirta dan Mbak Mugniar #NgopiBarengTiket (image source)

Nah, ini nih yang banyak dilakukan blogger nakal hanya agar blognya tidak sepi. Copas! Yap, menulis ulang tulisan orang lain di blog miliknya tanpa mencantumkan sumber atau kredit dari penulis aslinya biasanya dijadikan jalan pintas para blogger nakal. Mbak Mugniar menjelaskan bahwa sangat wajar bila tiba-tiba merasa stuck dan kehabisan ide. Blog tak harus diisi setiap waktu. Apalagi jika harus memaksakannya dengan cara mencuri tulisan orang lain. Dan seiring berjalannya waktu, kita akan terbiasa rajin menulis dan mengisi blog, kok. Jam terbang memang tak akan berbohong.

Rajin Membaca Untuk Dapatkan Ide

Peserta yang beruntung #NgopiBarengTiket Makassar (image source)
Peserta yang beruntung #NgopiBarengTiket Makassar (image source)

Mbak Mugniar juga menyampaikan bahwa ide bisa didapat dengan banyak membaca. Namun, jangan salah, tak hanya buku, kita juga mulai belajar agar juga pintar membaca sekitar. Rajin blog walking juga bisa menjadi suntikan ide. Bagi mbak Mugniar yang merupakan seorang ibu, anak-anaknya pun bisa menjadi sumber ide tulisannya. Kita juga harus rajin-rajin cek apa yang sedang menjadi trend di sosial media, atau berita hangat yang diulas di televisi. Bisa juga, lho menulis tentang pendapat kita terhadap apa yang sedang ramai diperbincangkan.

Jalur Rejeki di Mana-mana, Kok

Mbak Mugniar saat menjelaskan cara mendapat uang dari blog #NgopiBarengTiket (image source)
Mbak Mugniar saat menjelaskan cara mendapat uang dari blog #NgopiBarengTiket (image source)

Jika sudah jatuh cinta dengan dunia tulis menulis, malah kadang jadi tak sadar sudah membuka pintu rejeki. Mbak Mugniar pun menjelaskan bahwa dari menulis, beliau mendapat pundi-pundi uang. Beberapa di antaranya bisa datang dengan menuliskan review produk, atau yang lebih dikenal dengan istilah endorsment. Bisa juga mendapat tawaran untuk menjadi buzzer di media sosial. Karenanya, rajin mengupdate sosial media juga bisa menjadi salah satu cara membuka rejeki, kan? Tapi ingat, jangan sembarang update. Apapun yang kita update di sosial media, secara langsung bisa menjadi personal branding, lho. Yakin mau dinilai jelek karena update-update yang ngawur?

Tak Berhenti Belajar

Peserta Blogger Gathering #NgopiBarengTiket Makassar (image source)
Peserta Blogger Gathering #NgopiBarengTiket Makassar (image source)

Jangan berhenti belajar. Meski sudah lama nge-blog, bukan berarti tak ada lagi yang bisa dipelajari. Terus tingkatkan kualitas menulis, dengan begitu akan ada peningkatan pembaca yang mengunjungi tulisan kita. Konsisten dalam menulis juga perlu diperhatikan. Jangan biarkan blog hingga bersarang, karena lama tak diupdate. Semakin sering menulis, kita juga akan menemukan khas dan gaya tulisan kita. Oiya, bisa juga memanfaatkan sosial media untuk menarik visitor ke blog kita. Moderator cantik, Mbak Nuniek membocorkan rahasianya. Caranya adalah dengan menuliskan teaser mengenai tulisan terbaru di sosial media miliknya, lalu menyertakan link untuk membaca versi lengkapnya.

Wah, banyak ya ilmu yang didapat dengan menghadiri blogger gathering #NgopiBarengTiket di Makassar ini. Gathering gratis ini digelar di Melia Hotel Makassar yang menyediakan makan siang luar biasa mewah. Tak hanya itu, selain membawa pulang ilmu dan teman baru, para peserta yang datang juga mendapat goodiebag menarik dari Tiket.com. Hayooo, rugi kan yang nggak datang? Jangan lewatkan agenda berikutnya, ya!

Tags
#ngopibarengtiket Blogger Gathering #NgopiBarengTiket Makassar Makassar makassar blogger gathering mugniar nuniek tirta
Share