5 Candi Tertua di Indonesia, Keindahan Sejarah yang Tak Luntur Dimakan Waktu

Advertisement

Jangan tanya tentang sejarah yang ada di Indonesia, karena nusantara mempunyai banyak sekali benda peninggalannya. Seperti candi yang tersebar di sejumlah daerah dan beberapa di antaranya masih sangat terjaga kelestariannya. Nah, kali ini Travelingyuk akan membahas tentang candi tertua yang ada di Indonesia. Bagi yang ingin tahu, yuk deh kita jelajah sejarah bersama-sama. 

1. Candi Arjuna, Jawa Tengah 

candi tertua di indonesia
Candi Arjuna via instagram/hingkua_kingdom

Candi yang paling tertua pertama adalah Arjuna. Didirikan sekitar 7 Masehi, pembangunannya dilaksanakan pada pemerintahan dinasti Sanjaya dari kerajaan Mataram Kuno. Meski usianya sudah tua, tapi candi ini sampai sekarang masih digunakan sebagai tempat peribadatan bagi masyarakat Dieng.

Bahkan di kompleks candi dieng juga diadakan upacara potong rambut anak-anak gimbal yang dipercaya sebagai anak-anak spesial di dataran tinggi dieng. Kalau kalian ingin melihat kemegahannya, bisa langsung datang ke Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

2. Candi Mendut, Jawa Tengah 

candi tertua di indonesia
Candi Mendut via instagram/laksmilaraswati

Masih di area Jawa Tengah, ada Candi Mendut yang menjadi situs bersejarah tertua selanjutnya. Berlokasi di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, candi ini didirikan pada  masa kerajaan dinasti Syailendra di tahun 824 Masehi. Hal ini berdasarkan isi dari Prasasti Karangtengah per tahun 824 Masehi. 

Di candi ini kalian akan menemukan banyak hal, berupa arca dan juga relief yang memiliki arti masing-masing. Ada sekitar 2 relief yang masing-masing bernama Kuwera & Hariti, Bodhisattva Ayalokitesvara, Bodhisatwa, Dewi Tara dan Sarwaniwaranawiskhambi. Sedangkan untuk arcanya bernama Dyani Budha Cakyamuni, Budha Avalokitesvara dan Bodhisatva Vajrapani.  

Advertisement
Tags
Banjarnegara candi tertua di indonesia Indonesia Jawa Tengah Magelang semarang Sleman Wisata Yogyakarta
Share