Eloknya Candi Singosari, Mengulik Sejarah di Malang

Traveling di Malang, akan terasa semakin lengkap bila berkunjung ke wisata budaya dan sejarahnya. Candi Singosari di Kabupaten Malang adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Candi Hindu-Buddha ini mempunyai daya tarik yang bikin Teman Traveler ingin datang lagi. Sebelum berkunjung ke sini ini, simak artikel berikut ini, ya.

whatsapp_image_2019_11_08_at_15_Yg6.jpeg
Candi Singosari (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Peninggalan Kerajaan Singosari

Candi Singosari Malang
Gerbang Candi Singosari (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Menurut para ahli purbakala, candi Singosari dibangun sekitar tahun 1300 M, sebagai persembahan untuk menghormati Raja Singhasari terakhir, Kertanegara, yang meninggal pada tahun 1292 akibat kerajannya diserang tentara Gelang-gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang.

Di Jawa Timur terdapat dua candi yang sengaja dibangun untuk menghormati Raja Kertanegara, yaitu Candi Jawi dan Candi Singhasari, keduanya merupakan candi Syiwa. Hal ini terlihat dari adanya beberapa arca Syiwa di halaman candi.

Arsitekstur Candi Singosari

whatsapp_image_2019_11_08_at_15_tgI.jpeg
Sudut Candi (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Candi Singosari biasa disebut candi Cungkup dan Candi Menara, ini merupakan candi tertinggi pada masa kerajaan Singosari. Letaknya di tengah halaman kawasan candi, di halaman terdapat beberapa arca yang sudah rusak atau belum selesai dibangun, diantaranya arca Syiwa, Durga, dan Lembu Nandini.

Bangunan candi ini sangat sederhana dengan tinggi sekitar 1.5 meter, tanpa hiasan atau relief di kaki candi dan pintu masuknya. Di kiri dan kanan pintu terdapat relung tempat arca, tanpa bingkai dan hiasan kepala Kala.

Relung yang sama juga terdapat di ketiga sisi candi, yang mana ukuran relung lebih besar dan juga dilengkapi ruangan utama yang dihiasi kepala Kala. Di tengah ruangan terdapat yoni yang sudah rusak pada bagian atasnya.

Selain itu, bangunan candi ini bersusun dua, di bagian bawah atapnya berbentuk persegi dengan relung di masing- masing sisi. Di atas setiap ambang pintu terdapat hiasan kepala Kala. Puncak atapnya berbentuk meru bersusun, semakin ke atas semakin mengecil.

Meskipun banyak yang menduga jika candi Singosari belum selesai dibangun. Meskipun begitu, tidak menghilangkan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi candi ini.

Lokasi Candi Singosari

Candi Singosari Malang
Berfoto di Candi (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Candi Singosari berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi ini buka dari jam 07.30 – 16.00 WIB. Tidak dikenakan tarif masuk ke candi, namun pengunjung biasanya memberikan uang secara sukarela kepada penjaga candi lalu diwajibkan mengisi buku tamu.

Rute Menuju Candi Singhasari

Candi Singosari Malang
Candi Singosari (c) Nurull Huda/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin berkunjung ke candi Singosari sangatlah mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Dengan angkutan umum, dari Surabaya bisa menggunakan bus jurusan Malang dan sebaliknya, kemudian berhenti di pasar Singosari.

Dengan kereta api, dari Surabaya Gubeng pilih kereta api Panataran jurusan Blitar, sebaliknya dari stasiun Malang pilih Panataran jurusan Surabaya. Berhenti di Stasiun Singosari dilanjutkan berjalan kaki sekitar 700 meter ke pasar Singosari. Setelah itu dilanjutkan dengan naik delman atau ojek menuju candi Singosari.

Keindahan Candi Singosari harus disaksikan secara langsung. Bila Teman Traveler berwisata di Malang, singgah ke sini, ya.

Tags
Candi Singosari Malang Indonesia Jawa Timur kontributor Malang Travelingyuk Wisata wisata malang
Share