Candi Purbakala di Bali, Ada yang Berasal dari 8 Masehi tapi Masih Kokoh Berdiri

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Bali, masih menjadi pemimpin terdepan bagi pariwisata Indonesia untuk menarik banyak wisatawan, baik dari dalam atau luar negeri. Jenis destinasi yang dipilih para turis saat berkunjung ke Pulau Dewata, sejauh ini masih didominasi oleh pantai-pantainya yang jelita. Tapi, tahukah Teman Traveler bahwa selain pantai, kota ini punya destinasi lain yang tidak kalah menakjubkan. Seperti candi purbakala di Bali berikut ini! Salah satunya, datang dari abad 8 Masehi, lho. Penasaran?

1. Candi Tebing Tegallinggah

Candi Tegallinggah, Bisa Jadi Destinasi Lain Wisata Bali
Candi Tegallinggah, Bisa Jadi Destinasi Lain Wisata Bali via Instagram/surya_jayas9

Candi purbakala di Bali ini ditemukan oleh seorang arkeolog asal Belanda. Menurut Krijsman, candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 12. Lokasi penemuannya berada di area tebing Sungai Pakerisan, Gianyar, Bali. Untuk sampai ke candi kuno ini, Teman Traveler harus menaiki dan menuruni tangga. Sesampainya di lokasi, akan ada candi yang seperti terpahat di dua sisi tebing yang berseberangan, tampak seperti sebuah gapura. Lingkungan di skeitar candi kuno ini masih sangat asri. Terdapat sawah yang berundan dan menyegarkan mata.

2. Candi Uluwatu

Candi Uluwatu Bisa Jadi Spot Foto yang Artsy
Candi Uluwatu Bisa Jadi Spot Foto yang Artsy via Instagram/car.carrr

Candi Uluwatu, terletak di Desa Pecatu, Kuta. Berjarak ke arah selatan sekitar 30 Km dari Denpasar. Candi ini merupakan salah satu dari Pura Sad Kahyangan yang biasa disebut dengan nama Pura Luwur. Sejarah tentang berdirinya candi ini terbagi dalam dua cerita. Dalam cerita pertama disebutkan bahwa ia dibangun oleh Empu Kuturan di abad 9. Cerita yang lain menyebutkan bahwa pembangunan candi ini berkaitan dengan kedatangan Dang Hyang Nirartha pada 1546 M yang berasal dari Kerajaan Daha. Apa pun, yang pasti, lanskap Candi Uluwatu ini indah sebab langsung berhadapan dengan laut.

3. Candi Gunung Kawi

Candi Batu Kawi yang HIts
Candi Batu Kawi yang HIts via Instagram/deeahrahayu

Candi purbakala di Bali selanjutnya, sudah cukup hits di kalangan wisatawan. Terlihat dari banyaknya postingan di media sosial. Ia terletak di Sungai Pakerisan, Gianyar, Bali. Candi kuno ini cukup unik, sebab ia berupa pahatan di dinding tebing batu padas di tepi sungai. Jarak lokasi ini dari Denpasar, agak lumayan, Teman Traveler harus menempuh 40 Km atau sekitar satu jam menggunakan kendaraan. Menurut perkiraan, candi ini dibangun pada abad 11 Masehi, saat masa pemerintahan Raja Udayana. Namun versi lain menyebutkan, ia dibuat oleh seorang yang sakti bernama Kebo Iwa.

4. Candi Budha Kalibukbuk

Salah Satu Bukti Masuknya Budha ke Bali via Instagram/
Salah Satu Bukti Masuknya Budha ke Bali via Instagram/mas.indr4

Secara administratif, Candi Budha Kalibukbuk berada di Desa kalibukbuk, Buleleng. Berdasarkan data arkeologis, Buleleng merupakan pintu masuknya pengaruh budaya dari luar, termasuk ajaran agama Budha dan Hindu. Peristiwa ini berkembang di abad 8 Masehi. Berdasarkan hal tersebut, usia dari candi ini pun diperkirakan datang pada masa-masa itu. Setelah ditemukan pertama kali pada 1994, salah satu candi purbakala di Bali ini selesai dipugar oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Bali pada 2009 lalu.

Menarik ya? Berkunjung ke Bali, bukan hanya menyambangi deretan pantainya yang memang sudah cantik secara alami. Melainkan juga jelajah ke candi purbakalanya yang punya nilai sejarah. Agenda liburan ke Bali selanjutnya, boleh dong main-main ke kawasan ini?! Yuk ah!