Candi Kimpulan, Sempat Terpendam Sebelum Jadi Destinasi Bersejarah di Sleman

Selain bangunan tua khas kolonial, Jogja juga memiliki beberapa candi yang berdiri kokoh memanjakan mata. Sebut saja Candi Ijo yang menarik dengan pemandangan perkotaan dari ketinggian. Selain itu, ada Candi Kimpulan yang memiliki sejarah unik dan berada di tempat yang tak terduga. Penasaran, kan? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah.

Ditemukan Tahun 2009

Candi Kimpulan (c) MS Fitriansyah
Candi Kimpulan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Kabupaten Sleman dikenal dengan adanya beberapa candi yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Pada 11 Desember 2009 silam telah ditemukan sebuah struktur bangunan candi. Candi tersebut kemudian diberi nama Kimpulan sesuai letaknya yang berada di Dusun Kimpulan, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Arsitektur candi ini berbeda dari candi di sekitarnya. Tubuh dan atapnya tidak ditemukan. Ukurannya juga kecil dengan ukiran sederhana. Seperti yang terlihat digambar, tempat bersejarah ini hanya terdiri dari beberapa bujur sangkar, landasan candi berpagar, tangga serta celah masuk berhias antefiks berukir Kala.

Tertimbun Akibat Akitivitas Gunung Merapi

Candi Kimpulan (c) MS Fitriansyah
Candi Kimpulan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Saat dilakukan ekskavasi oleh Balai Panca Peninggalan Purbakala Yogyakarta (BP3 Yogyakarta), candi ini tertimbun pada kedalaman sekitar 2,1 meter di bawah permukaan tanah. Tertimbunnya candi disebabkan oleh aktivitas Gunung Merapi karena lokasinya yang tak begitu jauh dari puncak. Hasil ekskavasi turut ditemukannya lempengan emas dan perak, fragmen gerabah, hingga benda-benda logam. Penemuan tersebut kini disimpan dalam museum Candi Kimpulan. Teman Traveler pastinya dapat melihat artefak yang berhasil ditemukan tersebut.

Terletak di Area Kampus

Area perpustakaan UII (c) MS Fitriansyah
Area perpustakaan UII (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Keunikan yang membuat Candi Kimpulan ini menarik adalah letak ditemukannya. Bagaimana tidak, candi ini ditemukan ketika tengah diadakan penggalian untuk pondasi proyek pembangunan perpustakaan UII. Untuk sampai di lokasi, Teman Traveler bisa masuk lewat gerbang Universitas Islam Indonesia (UII). Tepat di sebelah selatan terdapat sebuah gedung yang berdiri gagah. Gedung tersebut tak lain perpustakaan milik UII. Selain bentuknya yang unik, di tengah-tengah perpustakaan terdapat lahan yang cukup luas. Di sinilah bisa kita lihat Candi Kimpulan yang dikelilingi tembok megah.

UII menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki candi. Keberadaan candi tersebut menjadi daya tarik bukan hanya bagi mahasiswa UII, tetapi juga menarik perhatian masyarakat umum. Meski namanya tak setenar lainnya, Candi Kimpulan tetap bisa menjadi daya tawar bagi Teman Traveler yang senang mengeksplor destinasi-destinasi tersembunyi. Setuju kan?

Tags
Indonesia Jogja Sleman Travelingyuk wisata jogja Yogyakarta
Share