Catet Nih, 5 Candi Indah Indonesia yang Tidak Banyak Orang Tahu

Hampir semua orang tentu sudah pernah mendengar nama Candi Prambanan atau Borobudur. Namun selain dua lokasi tersebut, masih ada banyak candi indah Indonesia yang juga tak kalah mempesona. Entah mengapa media dan wisatawan jarang memberikan ekspos.

Padahal candi-candi tersebut juga punya struktur bangunan yang megah dan tak kalah kompleks dibandingkan Prambanan maupun Borobudur. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan daftar lengkap sejumlah candi indah Indonesia yang selama ini tak diketahui kebanyakan orang.

1. Candi Plaosan

Candi Plaosan
Candi Plaosan via Instagram r_yjac

Meski pada dasarnya merupakan candi beraliran Hindu-Buddha, Candi Plaosan sering dibangga-banggakan oleh warga muslim sekitar sebagai destinasi wisata andalan.

Candi Plaosan menawarkan nuansa sejarah kuno yang begitu kental. Di bagian dindingnya, para pengunjung akan dimanjakan dengan relief-relief unik. Salah satunya berbentuk dwarapala atau penjaga candi.

Banyak laman traveling luar negeri mengakui bahwa Candi Plaosan merupakan salah satu struktur bangunan kuno paling impresif di Tanah Jawa. Pastinya tidak akan rugi jika kamu memutuskan mengunjungi kompleks candi yang punya dua vihara kembar ini.

2. Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko via Instagram awan_scoot

Ratu Boko terletak di Jawa Tengah. Meski bentuknya sudah tidak utuh lagi, reruntuhan yang ada di sini tetap sanggup menyajikan pemandangan yang begitu mempesona.

Bagi kamu yang tertarik berkunjung, jangan lupa siapkan air minum dan juga baju yang nyaman. Pasalnya, kamu bakal harus berjalan cukup jauh dan menaiki anak tangga dengan jumlah lumayan.

Menurut pendapat para ahli, Ratu Boko dulunya merupakan sebuah kompleks tempat tinggal untuk keluarga kerajaan Sailendra atau Mataram. Hal ini nampak dari reruntuhan yang mengindikasikan adanya paviliun dan juga sistem pengairan.

Bagian paviliun menjadi primadona utama Ratu Boko. Dari sini kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam plus view Gunung Merapi dan Candi Prambanan.

3. Candi Sewu

Candi Sewu
Candi Sewu via Instagram atika_muth

Kompleks Candi Sewu memiliki susunan yang menarik. Di luar candi utama, terdapat empat area lingkaran yang masing-masing didedikasikan untuk dewa-dewa yang berbeda.

Terletak tidak jauh dari Candi Prambanan, Candi Sewu diklaim banyak literatur sebagai Candi Buddha terbesar kedua yang ada di Pulau Jawa. Usianya juga sudah sangat tua, karena berdiri sejak 792 sebelum masehi.

Konon Candi Sewu juga merupakan candi yang paling aktif digunakan untuk beribadat, sejak abad ke-8.

4. Pura Ulun Danau Beratan

Pura Ulun Danau Bratan
Pura Ulun Danau Bratan via Instagram barcakozarkova

Bali memang umumnya berhawa panas, namun tidak jika kamu mengunjungi Pura Ulun Danau Beratan. Para pengunjung justru akan merasakan atmosfer magis dengan udara dingin yang menusuk, plus kabut tipis.

Menurut catatan sejarah, Pura Ulun sudah menjadi tempat peribadatan bagi umat Hindhu setempat sejak 1633 silam. Pura ini dibangun khusus untuk memuja dan memberikan persembahan pada Dewi Danu – Dewi air, sungai, dan danau.

Masyarakat sekitar percaya bahwa tanpa Dewi Danu dan air dari Danau Bratan, lahan pertanian yang mereka buat di daerah sekitar situ akan mengalami kekeringan.

5. Goa Gajah

Goa Gajah di Bali
Goa Gajah di Bali via Instagram aims.lim

Goa Gajah terletak di daerah selatan Ubud, Bali. Candi satu ini lumayan unik, karena strukturnya terdiri dari sebuah goa yang dipahat dan diukir sedemikian rupa hingga memiliki ornamen khas Bali. Bagi kamu yang ingin berkunjung, perlu diperhatikan bahwa area Goa Gajah termasuk suci. Mereka yang datang ke sini wajib mengenakan sarung khas Bali.

Sepanjang jalan masuk bakal ada banyak pedagang lokal yang menawarkan sarung. Namun kamu bisa membawa sarung sendiri atau menggunakan sarung gratis yang ditawarkan di pintu masuk Goa Gajah. Tidak ada yang tahu pasti kapan Goa Gajah dibangun, namun jejak paling awal ditemukan dalam sebuah puisi kuno Bali yang dibuat tahun 1365.

Itulah daftar lengkap lima candi indah Indonesia yang selama ini kurang begitu populer di kalangan turis. Bagaimana menurut kalian, ada yang sudah tertarik mengunjungi salah satunya?

Tags
Bali semarang Wisata
Share